12 Khasiat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Posted on

Khasiat Daun Kumis Kucing – Tanaman kumis kucing memiliki banyak manfaat untuk meringankan beberapa penyakit. Kumis kucing juga biasa digunakan sebagai obat saluran kemih untuk meredakan batuk.

Tanaman kumis kucing yang memiliki nama Latin (Orthosiphon aristatus) terkandung dalam tanaman keluarga Lamiaceae. Di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai obat alami dan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat-Kumis-Kucing
Manfaat Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing mengandung proporsi kalium, glikosida, dan ortosiponon yang tinggi, yang berkontribusi menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dalam tubuh.

Manfaat Daun Kumis Kucing

Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Kumis kucing bermanfaat untuk membersihkan area kulit. Karena itu, manfaat daun kumis kucing sangat efektif dalam memerangi infeksi. Seseorang yang menderita ISK atau infeksi saluran kemih biasanya disarankan untuk mengonsumsi air rebusan dari daun kumis kucing.

Mengobati Penyakit Ginjal

Kumis kucing populer disebut sebagai tanaman ginjal. Di Jawa, manfaat kumis kucing telah dikenal luas, salah satunya adalah pengobatan penyakit ginjal. Kumis kucing dilaporkan menghilangkan batu ginjal hingga ukuran 5 cm.

Mengatasi Rematik

Rematik adalah penyakit yang menyebabkan rasa sakit ketika otot atau persendian menjadi meradang atau bengkak. Cara mengolah daun kumis kucing sebagai obat cukup sederhana.

Pada langkah pertama, siapkan 5 lembar daun kumis kucing dan rebus dalam 3 gelas air. Tunggu sampai dingin dan siap untuk diminum.

Dosis yang disarankan adalah 3 kali sehari hingga setengah gelas per minuman.

Meredakan Batuk

Ternyata khasiat kumis kucing sangat beragam. Salah satunya adalah meredakan batuk. Cara mengolah daun kumis kucing untuk meredakan batuk membutuhkan 15-20 gram plus 1 gelas air. Rebus dan minum air tiga kali sehari. Dosisnya satu gelas.

Mengobati Gusi Bengkak

Jika seseorang menderita gusi berdarah, itu dapat diobati dengan berkumur. Jika Anda ingin mengurangi gusi yang bengkak, akan lebih mudah untuk mengatasi gusi yang bengkak.

Kontrol Kadar Gula Darah

Seseorang yang menderita diabetes bisa mendapatkan khasiat kumis kucing. Kandungan kumis kucing bisa bermanfaat dan terbukti bisa mengontrol gula darah dalam tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kumis kucing dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Antioksidan dan zat antiinflamasi yang ditemukan pada kumis kucing dilaporkan sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Zat kimia yang disebut methylripariochromes dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada tikus. Ini kemungkinan besar akan mempengaruhi tekanan darah manusia juga.

Mengurangi Gatal Karena Alergi

Ketika tubuh gatal karena alergi, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi kumis kucing. Cara mengolah kumis kucing dengan memasak setengah genggam kumis bersama Meniran dan sambiloto. Ditambah dengan 4 gelas air dan 2 jari jahe dan didihkan.

Saring ampas dan obat herbal bisa diminum dua kali sehari untuk meredakan gatal yang disebabkan alergi.

Detoksifikasi Tubuh

Manfaat berikutnya dari kumis kucing adalah mendukung proses detoksifikasi tubuh. Kumis kucing dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh. Minuman herbal ini juga bisa dikombinasikan dengan bahan bumbu lain seperti jahe.

Anti Jamur

Kandungan kumis kucing tidak hanya antioksidan, tetapi juga antijamur yang dapat mencegah parasit dan zat asin lainnya dalam tubuh. Manfaat kumis kucing ini juga dapat digunakan oleh penderita infeksi jamur yang meradang.

Menyembuhkan Masalah Pernapasan

Manfaat kumis kucing dimaksudkan untuk pasien dengan masalah pernapasan seperti asma. Obat pernapasan sering dicampur dengan tumbuh-tumbuhan seperti kumis kucing, yang telah terbukti efektif dalam penyakit pernapasan.

Mengatasi Diabetes

Diabetes ditandai oleh peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Ini bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis sehingga hormon insulin tidak mampu menetralkan kelebihan gula yang masuk ke dalam tubuh. Selain resistensi insulin dalam tubuh, seseorang juga bisa menderita diabetes.

Demikianlah pembahasan tentang Khasiat daun kumis kucing semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: