Daun Dadap Serep : Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengolahnya

Posted on

Daun Dadap Serep – Daun dadap serep mulai dicari oleh banyak orang, mungkin memiliki manfaat kesehatan di seluruh dunia. Berbagai nutrisi dalam daun Dadap membuat tanaman ini efektif dalam mengobati sejumlah penyakit, seperti rematik, disentri, cacingan dan banyak lagi.

Namun, sebelum Anda menggunakannya sebagai obat rumah, Anda perlu mengetahui karakteristik tanaman ini. Karena Dadap serep bukan bunga dadap hias yang berwarna merah cerah dengan batang pohon pendek.

Daun-dadap-Serep
Daun Dadap Serep

Orang Sunda menyebutnya cangkring, sedangkan orang Jawa menyebutnya Godong towo. Dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut indian coral tree. Ketinggian pohon Dadap lebih dari dua puluh meter, ada yang berduri dan sebagian lainnya licin.

Daunnya lebih besar di bagian atas daripada di pangkalan, dengan ujung runcing. Bunga dadap biasanya berbunga mulai Oktober hingga Desember dan dimulai ketika daun mulai rontok.

Kandungan Daun Dadap Serep

Sebelum menjelaskan manfaat daun dadap serep bagi tubuh, tidak kalah penting untuk mengetahui kandungan zat dalam daun dadap serep (Erythrina orientalis). Berikut beberapa kandungan dadap serep, seperti:

  1. Alkaloid.
  2. Flavonoid.
  3. Erythrina.
  4. Arithramina.
  5. Aritradin.
  6. Erisofina.
  7. Hypaphorina.
  8. Agen anti-inflamasi.
  9. Anti-Piretik.
  10. Fhaseollin.
  11. 8-Prenyldaizein.
  12. Shinpterocarpin.
  13. Alpinumisoflavon.
  14. 4′-O-Methyl licoflavanone.

Manfaat Daun Dadap Serep

Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat daun dadap serep yang pertama bermanfaat bagi Anda yang ingin menghindari diabetes. Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes mellitus. Karena diabetes adalah salah satu penyakit paling berbahaya, mengkonsumsi daun dadap serep adalah tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan.

Mengurangi Risiko Keguguran

Manfaat dari daun dadap berikutnya berguna untuk wanita hamil. daun dadap berguna untuk memperkuat rahim, yang pada akhirnya mencegah keguguran pada wanita hamil muda. Minum segelas rebusan daun dadap per hari selama 3 hari berturut-turut.

Memperlancar Produksi ASI

Tidak hanya bermanfaat untuk wanita hamil tetapi juga manfaat daun dadap untuk ibu menyusui. Minumlah setidaknya satu gelas air rebusan daun dadap setiap hari.

Menurunkan Demam

Satu studi menemukan bahwa daun Dadap anti piretik dapat menurunkan suhu panas yang dialami seseorang. Namun, manfaat daun dadap dimaksimalkan dengan mengonsumsi air rebusan biasa. Jika panasnya tidak hilang selama lebih dari 3 hari, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Relaksasi Otot

Sebuah studi tentang manfaat penggantian daun Dadap menunjukkan bahwa ekstrak daun Dadap dapat menyebabkan penekanan sistem saraf pusat, seperti relaksasi otot simpatolitik dan simpatomimetik

Ingat bahwa sistem saraf simpatik juga disebut sebagai sistem adrenergik, karena dulu sering dianggap bahwa adrenalin adalah neurotransmitter yang memasok otot polos. Sekarang neurotransmitter dikenal sebagai noradrenalin.

Obat-obatan yang meniru efek noradrenalin disebut sebagai obat adrenergik atau simpatomimetik.

Melancarkan Menstruasi

Jika Anda merasakan sakit saat menstruasi, terutama jika Anda merasa sakit yang membuat kesakitan, Anda harus memanfaatkan daun dadap.

Ingatlah bahwa salah satu penyebab utama nyeri adalah siklus haid yang tidak lancar dan tidak teratur. Untuk mengatasi masalah ini, konsumsi air rebusan dari daun dadap sampai akhir menstruasi.

Mengatasi Malaria

Sebuah studi fitokimia daun dadap oleh beberapa ahli telah menunjukkan bahwa tanaman ini dapat menghasilkan senyawa flavonoid, alkaloid, arilbenzofuran, stilbena dan pterocarpans, yang merupakan senyawa aktif. Dipercayai bahwa kombinasi daun dan kulit daun dadap adalah obat tradisional untuk malaria.

Mencegah Kanker

Satu studi menemukan bahwa senyawa 8-prenyl daizein, alpinum isoflavone, shinpterocarpine dan phaseollin yang ditemukan dalam daun Dadap sering berguna sebagai senyawa antikanker.

Mengatasi Disentri dan Cacingan

Diyakini bahwa konsumsi ekstrak daun Dadap bersamaan dengan penggunaan madu mengobati cacingan. Sementara daun dadap dapat dicampur dengan minyak jarak (Kasteroli) untuk menyembuhkan disentri.

Memperkuat Imunitas

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa senyawa flavonoid yang ditemukan pada daun dadap sering memiliki aktivitas antibiotik terhadap beberapa strain bakteri Staphylococcus dan Streptococcus.

Mengobati Sakit Gigi

Khasiat lainnya dari daun dadap adalah dapat mengobati sakit gigi dan pilek. Senyawa faseollin dan senyawa 8-prenyldaizein dalam daun dadap cukup aktif sebagai antioksidan, bahkan lebih aktif daripada vitamin C.

Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah suatu kondisi di mana anda mengalami gangguan tidur.
Jika Anda menderita masalah ini, Anda dapat mengkonsumsi daun Dadap muda dan segar, maka Anda dapat mengkonsumsinya sebagai sayuran atau lalapan.

Meringankan Gejala Rematik

Tentu saja, jika Anda memiliki gejala rematik atau asam urat hal tersebut dapat memengaruhi aktivitas Anda.
Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan khasiat daun dadap dengan memanaskan daun dadap dengan panas rendah dan kemudian mengoleskannya ke sendi yang sakit.

Mengobati Pembengkakan Luka

Pembengkakan dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, seperti benturan atau cedera yang menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh.
Untuk mengobatinya, Anda bisa menumbuk daun dadap dan kemudian menempelkannya pada bagian tubuh yang bengkak. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala atau pusing adalah gangguan kesehatan yang dapat memengaruhi aktivitas Anda.
Daripada minum obat kimia untuk menghilangkan rasa pusing, Anda bisa mencoba mengonsumsi daun dadap.Di mana daun Dadap bisa menjadi obat herbal tanpa efek samping yang merugikan.

Cara Mengolah Daun Dadap Serep

  • Ambil sekitar 5 lembar daun dadap dan rebus dengan dua gelas air. Masukkan dua sendok madu ke dalam air mendidih. Anda bisa meminumnya di pagi atau sore hari.
  • Selain memasak, Anda juga bisa mengunyah daun Dadap secara langsung. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan metode ini, rebuslah daun dadap terlebih dahulu.
  • Cara lain untuk mengonsumsi daun Dadap adalah melumatkannya. Ambil beberapa daun muda, remas atau hancurkan, lalu Anda bisa menempel di dahi Anda. cara ini bisa dilakukan jika Anda demam.
  • Jika Anda merasa gatal, koreng, atau luka ringan lainnya, Anda juga bisa langsung menempelkannya pada permukaan. Selain itu, manfaat Daun dadap juga berguna untuk mengompres perut saat persalinan, kram menstruasi atau mulas

Cara Lainnya

  • Siapkan beberapa lembar daun dadap muda dan segar dan cuci sampai bersih.
  • Siapkan 2 hingga 3 gelas air, lalu tempatkan dalam panci,
  • Masukkan daun dadap yang sudah dibersihkan ke dalam panci
  • Kemudian panaskan sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas air,
  • Tuang dalam gelas.
  • Anda bisa mencampurnya dengan gula batu atau madu yang cukup,
  • Obat herbal dadap sudah siap untuk diminum.

Demikianlah pembahasan tentang daun dadap serep semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: