15 Manfaat Daun Delima dan Kandungan Daun Delima

Posted on

Daun Delima – Daun delima sekarang umum digunakan sebagai obat herbal yang efektif dalam pengobatan berbagai penyakit. Memang tidak setenar buahnya dalam hal pengobatan, tetapi kandungannya tidak lebih buruk dari buah atau batangnya.

Pohon delima sebenarnya bukan hanya daun atau buah yang digunakan, tetapi batangnya juga bisa digunakan sebagai obat herbal.

Daun-Delima
Daun Delima

Tanaman yang memiliki nama latin Punica granatum sangat mudah ditemukan jadi kita tidak kesulitan menemukannya dan mengambil daunnya sebagai obat.

Dan Anda juga bisa memadukannya dari batang, buah, hingga daun menjadi obat herbal. Dan berikut ini adalah kandungan dalam daun delima.

Kandungan Daun Delima

  1. Lemak
  2. Tannin
  3. Peroksidase
  4. Nutrisi
  5. Alkaloid
  6. Sulfur
  7. Dan senyawa lainnya

Manfaat Daun Delima

Memperkuat Imunitas

Mengkonsumsi air rebusan daun delima secara teratur memperkuat sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Jadi Anda tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Mengobati Batuk

Berbagai jenis batuk hanya bisa disembuhkan dengan minum air rebusan atau dengan air seduhan daun delima. Baik batuk berdahak maupun batuk tidak berdahak. Dan daun ini selalu digunakan untuk mengobati batuk.

Mengobati Penyakit Kuning

Penyakit ini biasanya ditandai dengan warna kekuningan pada kulit penderita. Timbulnya penyakit ini disebabkan oleh akumulasi bilirubin pada sel darah merah. Dengan meminum air dari ekstrak daun delima baik di pagi hari dan di malam hari, penyakit ini disembuhkan. Minumlah setidaknya sekali atau dua kali sehari.

Mengobati Masalah Pencernaan

Salah satu masalah pencernaan adalah sakit perut, yang bisa disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak sehat atau adanya bakteri dalam perut. Kandungan daun delima bisa membunuh semua bakteri di perut. Jadi buat teh dari daun delima dan minum setiap hari untuk menyembuhkan sakit perut.

Mengobati Disentri

Disentri dapat disebabkan oleh infeksi atau bakteri di usus, dan tidak jarang penderitanya BAB berdarah. Dan hanya minum air rebusan atau air seduhan daun delima akan mengobati infeksi yang terjadi di usus besar dan di beberapa daerah pencernaan lainnya.

Mengobati Insomnia

Insomnia biasanya disebabkan oleh terlalu banyak pemikiran dan juga stres atau depresi. Kandungan dalam daun delima memiliki aroma yang menenangkan. Jadi jika Anda mengkonsumsi air rebusan atau air teh dari daun delima di malam hari,hal itu akan memiliki efek menenangkan dan membuatnya lebih mudah untuk tidur.

Mengobati Eksim

Penyakit kulit ini biasanya dikaitkan dengan penampilan kulit seperti melepuh. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, bisa berupa alergi atau pertumbuhan kulit yang tidak normal atau bisa juga karena bakteri. Gunakan daun delima yang telah dibuat menjadi minyak alami dan oleskan pada lepuh pada kulit Anda.

Atau bisa juga dengan menumbuk daunnya sampai lunak, dan kemudian rekatkan langsung ke luka. Gunakan obat dari daun delima setidaknya dua kali sehari untuk mengeringkan luka.

Mengobati Rektum Prolap

Untuk mengobati penyakit yang satu ini, Anda bisa merendam daerah yang terkena dengan air hangat yang telah Anda campur dengan daun delima. Atau bisa juga dengan mencuci air rebusan pada bagian yang bermasalah.

Mengobati Sariawan

Penyakit yang dapat disebabkan oleh panas dalam dapat dengan mudah disembuhkan oleh anda. Anda bisa minum air rebusan dari daun delima atau hanya berkumur. Berkumur di pagi atau sore hari sebelum tidur.

Mengobati Penyakit Mata

Dengan menumbuk daun delima untuk mengobati sakit mata seperti katarak, hiperopia, mata bengkak dan mata bintitan. Yang harus Anda lakukan adalah menerapkan efek daun ke bagian mata yang terkena.

Mengobati Sakit Telinga

Daun delima juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit telinga seperti radang, gatal dan lainnya. Dan cara membuat obatnya cukup dengan menghancurkan daun sampai halus, lalu sangray untuk mengeluarkan minyaknya. Kemudian anda cukup menjatuhkannya di telinga, lalu secara bertahap menyembuhkan peradangan atau rasa sakit di telinga.

Melancarkan Menstruasi

Jika menstruasi anda tidak lancar dan siklusnya sering berubah, Anda dapat mencoba mengobatinya dengan air rebusan daun delima. Atau buat teh dan minum secara teratur sebelum dan selama menstruasi. Efektivitas daun ini melancarkan menstruasi dan mengurangi rasa sakit selama menstruasi.

Menurunkan Berat Badan

Daun delima juga efektif menurunkan lemak di tubuh. Menjaga keseimbangan Anda, berolahraga secara teratur, dan meminum air rebusan buah delima akan membuat berat badan Anda turun lebih cepat.

Mencegah Kerutan pada Kulit

Dengan mengkonsumsinya sebagai minuman sehari-hari, kerutan pada kulit Anda dapat dicegah. Yang biasanya pada wajah dan juga pada bagian-bagian tertentu. Hal ini karena kandungan yang terkandung di dalamnya dapat mencegah radikal bebas sebagai salah satu penyebab rangsangan diri pada kulit.

Menurunkan Obesitas

Menurut Li Jun Du dari Universitas Tsinghua di Jepang, mengatakan bahwa mengekstrak manfaat daun delima mungkin efektif untuk mengurangi nafsu makan. Hal ini dapat digunakan sebagai bahan alternatif dalam program diet.

Demikianlah pembahasan tentang daun delima semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: