12 Manfaat Daun Enceng Gondok untuk Kesehatan

Posted on

Daun Enceng Gondok – Eceng gondok sering dianggap sebagai tanaman liar yang dapat mengganggu ekosistem bawah air. Selain itu, tanaman ini tumbuh lebat dan tidak terkendali, sehingga sering menyumbat saluran air dan menyebabkan banjir.

Namun, siapa sangka penampilan tanaman yang tidak cantik sama sekali memiliki beberapa kelebihan yang cukup bermanfaat bagi kehidupan manusia. Bagi Anda yang tidak tahu manfaat eceng gondok, kami akan membahas manfaat tanaman ini secara lengkap.

Daun-Enceng-Gondok
Daun Enceng Gondok

Mungkin Anda bahkan tidak tahu bahwa tanaman eceng gondok juga bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Manfaat Daun Enceng Gondok

Mengobati Maag

Tidak banyak yang tahu bahwa tanaman eceng gondok sebenarnya bisa digunakan sebagai obat maag. Penyakit maag disebabkan oleh tingkat keasaman lambung yang sangat tinggi.

Air rebusan eceng gondok ternyata menetralkan asam lambung. Ada senyawa alami dalam eceng gondok yang dapat mengurangi tingkat keasaman tinggi di lambung. Minum air rebusan daun eceng gondok akan meringankan gejala mulas seperti mual, nyeri dan muntah.

Mengobati Sakit Gigi

Khasiat daun eceng gondok efektif dalam mengatasi sakit gigi. Daun ini bisa menghilangkan rasa nyeri dan juga rasa sakit yang menyerang gigi Anda. Selain itu, daun ini juga membantu menyehatkan gigi.

Meredakan Gatal Pada Kulit

Manfaat selanjutnya dari eceng gondok tidak kalah mengejutkannya. Jika saat ini Anda memiliki rasa gatal pada kulit yang disebabkan oleh ulat bulu atau kondisi kulit lainnya, cobalah untuk meredakan rasa gatal dengan eceng gondok.

Eceng gondok air dapat bertindak sebagai agen anti-gatal yang efektif dan mengurangi rasa gatal kulit yang berlebihan. Ambil beberapa helai daun eceng gondok dan hancurkan sampai benar-benar halus. Kemudian oleskan daun eceng gondok yang dihancurkan ke kulit yang gatal. Biarkan selama beberapa jam sampai rasa gatal yang Anda rasakan benar-benar hilang.

Mengatasi Panas Dalam

Tenggorokan panas bisa menjadi gejala panas dalam. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan khasiat daun eceng gondok. Daun ini sangat cocok sebagai pereda panas di tenggorokan.

Nyeri perut bisa diobati dengan khasiat daun eceng gondok. Lembar yang satu ini akan mengembalikan kondisi sakit perut, mual, sakit dan juga kenyang.

Meredakan Asma

Asma dapat sering kambuh jika tidak diobati dengan benar. Anda harus mencoba manfaat daun eceng gondok untuk penyakit ini. Karena daun ini bisa meredakan asma ketika penyakitnya kambuh.

Obat Bisul

Khasiat daun eceng gondok untuk kulit Anda dapat membuat obat oles untuk bisul. Caranya dengan menghaluskan daun dan kemudian mengambil saripatinya. Oleskan ke kulit yang terkena bisul.

Biduran

Biduran adalah sejenis penyakit kulit yang membuat kulit Anda tampak merah dan bintik-bintik gatal. Obat alami untuk penyakit ini bisa dicoba dengan daun eceng gondok. Daun unik ini secara alami akan mengatasi dengan Biduran.

Melancarkan Kencing

Kencing yang lancar berarti Anda memiliki saluran pembuangan yang sehat. Namun, penyakit kencing yang tidak lancar dan merupakan gejala dari urin yang terkontaminasi. Jadikan saluran kencing Anda dengan eceng gondok agar daun lebih sehat.

Menyehatkan Organ Hati

Organ hati juga jangan sampai terlewatkan. Hati adalah organ yang paling sering menderita penyakit, karena banyak racun dan bakteri mengendap didalamnya. Atasi ini dengan mencoba manfaat tanaman dari daun eceng gondok.

Obat Sakit Perut

Sakit perut bisa diobati dengan khasiat daun eceng gondok. Daun yang satu ini akan mengembalikan kondisi sakit perut, mual, sakit dan juga kembung.

Memperlancar ASI

Di Kenya, eceng gondok dikatakan dapat memperlancar Air susu ibu (ASI) dengan mengonsumsi eceng gondok. Selain itu, diyakini bahwa bunga eceng gondok memperlancar siklus menstruasi yang tidak teratur.

Menyediakan Zat Dan Vitamin

Sekilas tanaman ini tidak bisa dimakan. 70 persen eceng gondok dapat dan aman untuk dikonsumsi. Tumbuhan liar ini juga menyediakan berbagai zat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Setiap ons eceng gondok mengandung 18 kilokalori, 3,8 gram karbohidrat, 1 gram protein, 45 mg fosfor, 80 mg kalsium, dan 4 mg zat besi. Tidak hanya itu, tanaman liar, yang dianggap mengganggu pandangan ini, juga mengandung vitamin A, B1 dan C. Apakah Anda tertarik mengonsumsi eceng gondok?

Demikianlah pembahasan tentang daun enceng gondok semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: