15 Manfaat Daun Fatimah untuk Kesehatan

Posted on

Daun Fatimah – Daun fatimah atau Lubisa pumila adalah salah satu jenis rumput yang biasa ditemukan di arab dan malaysia. Di Arab dan Malaysia, daun fatimah telah lama dikenal sebagai jenis daun yang digunakan sebagai obat herbal untuk pengobatan berbagai jenis penyakit, terutama penyakit yang terjadi pada wanita.

Meski tidak terlalu dikenal di Indonesia, daun fatimah juga sudah mulai beredar di Indonesia. Daun fatimah mengandung beberapa senyawa yang menjadikan daun fatimah dipercaya sebagai tanaman obat herbal untuk pengobatan berbagai jenis penyakit.

Daun-Fatimah
Daun Fatimah

Manfaat Daun Fatimah

Mengatasi Diare

Tidak hanya mengatasi diare dengan daun jambu biji muda. Beberapa jenis daun lain seperti daun fatimah juga memiliki kandungan yang bisa mengatasi diare.

Mengurangi Lemak di Perut

Lemak di perut dapat memengaruhi penampilan dan juga memengaruhi sistem pencernaan karena timbunan lemak. Menghilangkan lemak pada perut yang buncit bisa dibantu oleh daun fatimah sehingga perut yang buncit bisa hilang.

Mencegah kanker Serviks

Kandungan daun fatimah dapat membantu mencegah kanker rahim. Kandungan daun Fatimah dapat mencegah masuknya sel kanker ke dalam rahim.

Membersihkan Darah Kotor

Daun fatimah dapat mendukung fungsi kerja ginjal. Kandungan daun fatimah menghilangkan kotoran dalam darah dan keluar dari tubuh, sehingga darah yang mengalir adalah darah bersih.

Menguatkan Tulang

Meskipun hanya mengandung sejumlah kecil kalsium didalam daun fatimah, kandungan Kaisum dalam daun fatimah dapat membantu Menguatkan tulang.

Menjaga Kesehatan Wanita

Selain manfaat daun Fatimah untuk kesehatan umum, diketahui bahwa daun Fatimah dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan khusus untuk wanita, termasuk reproduksi dan kecantikan wanita:

Mempertahankan keseimbangan Hormon Estrogen

Tubuh wanita melewati banyak tahap yang benar-benar perlu dijaga keseimbangan hormonnya. Seperti ketika anda hamil, hormon estrogen kurang seimbang pada wanita. Keseimbangan hormon estrogen dalam sistem reproduksi wanita dapat didukung dengan daun fatimah. Daun fatimah dipercaya dapat mendukung produksi hormon estrogen.

Membersihkan Organ Kewanitaan

Kandungan senyawa alami dalam daun fatimah dapat membantu menyeimbangkan pH di daerah kewanitaan. PH daerah kewanitaan yang normal dapat membantu mencegah pembentukan bakteri di area wanita dan membersihkan organ-organ kewanitaan.

Menjaga Mood saat Haid

Selama menstruasi, wanita menjadi murung dan menderita PMS atau pre mentruasi sindrome. PMS kadang-kadang dapat menyebabkan lemah, demam, pusing dan stres emosional. Mengatasi PMS dapat dicapai dengan meminum air rendama daun fatimah. Dengan cara ini, suasana hati dan kesehatan selama menstruasi dapat dipertahankan.

Menstabilkan Siklus Menstruasi

Menstruasi pada Wanita Terkadang siklusnya kurang stabil karena banyak faktor. Untuk menstabilkan siklus menstruasi, daun fatimah dapat dimanfaatkan.

Mengurangi Nyeri Menstruasi

Kandungan daun fatimah dapat membantu meringankan rasa sakit saat menstruasi. Sirkulasi darah yang buruk dapat menyebabkan rasa sakit di perut bagian bawah dan pinggang, dan tubuh tidak berdaya. Senyawa dalam daun fatimah dapat membantu menormalkan perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi. Sehingga sirkulasi darah berjalan dengan lancar dan keluhan menstruasi dihindari.

Mempercepat Proses Persalinan

Melahirkan secara normal membutuhkan persiapan dan tubuh yang sehat dari calon ibu. Minum air rebusan daun fatimah sebelum melahirkan dapat membantu mempercepat kontraksi, mempercepat proses persalinan.

Mempercepat Pemulihan Setelah Melahirkan

Tidak hanya berguna untuk mempercepat proses persalinan. Minum air rebusan dari daun fatimah dapat membantu memulihkan kondisi tubuh setelah proses melahirkan.

Mengatasi Keputihan

Jumlah bakteri yang berkembang di organ wanita dapat menyebabkan keputihan. Keputihan menyebabkan gatal dan sistem reproduksi juga menjadi tidak sehat. Selain penggunaan obat untuk keputihan, keputihan juga bisa diatasi dengan daun fatimah.

Mengatasi Bau

Bakteri dapat dengan mudah berkembang di organ wanita. Selain menjaga kebersihan, penggunaan daun fatimah juga dapat menghilangkan bau tidak sedap pada organ kewanitaan yang disebabkan oleh perkembangan bakteri.

Demikianlah pembahasan tentang daun fatimah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: