11 Manfaat Daun Genjer dan Kandungan Daun Genjer

Posted on

Daun Genjer – Di Kalangan penduduk kota, sayuran genjer mungkin masih terdengar aneh di telinga mereka. Biasanya tumbuh di tepi sawah, daun Genjer biasanya digunakan sebagai tumisan dengan campuran oncom dan urap.

Meski agak pahit, banyak orang menyukai daun genjer karena rasanya enak dan kenyal ketika dimasak dengan bumbu. Daun genjer saat ini (terutama di daerah perkotaan) sulit ditemukan dan daun genjer menawarkan setiap penggemar rasa khas yang tak terlupakan.

Daun-Genjer
Daun Genjer

Kandungan Daun Genjer

  1. Energi 33 kkal
  2. Protein 1,7 gram
  3. Lemak 0,2 gram
  4. Karbohidrat 7,7 gram
  5. Kalsium 62 mg
  6. Fosfor 33 mg
  7. Zat besi 2 mg
  8. Vitamin B1 0,07 g

Manfaat Daun Genjer

Penambah Nafsu Makan

Diyakini bahwa daun genjer dapat meningkatkan nafsu makan. Anda dapat menggunakannya untuk obat-obatan yang membangkitkan selera makan dengan mengukus 15 gram genjer yang baru dicuci. Daun genjer kemudian digunakan sebagai lalapn.

Peremajaan Sel-sel Tubuh

Daun genjer memiliki protein yang berguna untuk meremajakan sel-sel dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun genjer, jutaan sel yang tidak lagi berfungsi dalam tubuh Anda dapat digantikan oleh yang baru. Selain itu, kandungan protein dengan kandungan zat besi dalam genjer juga berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka dalam tubuh.

Cadangan Energi

Meskipun daun genjer hanya memiliki kandungan lemak rendah, yang dapat bertindak sebagai cadangan energi untuk tubuh anda. Konsumsi genjer dapat membantu tubuh mempertahankan cadangan energi yang dibutuhkan tubuh setiap saat.

Memperkuat Tulang

Daun genjer memiliki kandungan kalsium dan fosfor, yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan tulang pada anak-anak. Kandungan tersebut juga dapat mendukung pertumbuhan gigi pada anak-anak. Pada orang dewasa, kalsium dan fosfor berperan dalam memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Mencegah Kanker Usus Besar dan Sembelit

Asupan daun genjer diyakini dapat membantu mencegah kanker usus karena kandungan seratnya. Selain itu, serat dalam genjer membantu Anda untuk mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Kanker

Diyakini bahwa daun genjer mengandung polifenol yang dapat bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Mengatasi Anemia

Menggunakan daun genjer dapat membantu anda mengatasi kurang darah (anemia). Hal ini karena genjer tersebut mengandung zat besi yang dapat membantu tubuh dalam pembentukan dan memperbaiki sel darah merah dalam darah.

Anti Kuman

Daun genjer juga dapat bermanfaat sebagai obat anti-kuman alami saat anda meminumnya. Hal ini karena kandungan Flovanoid dalam daun genjer dapat digunakan sebagai agen antibakteri (antibiotik).

Baik untuk Wanita Hamil

Bagi wanita hamil, daun genjer juga berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Kandungan protein dari genjer berguna untuk meningkatkan kebutuhan energi wanita hamil dan membantu dalam pembentukan sel otot pada janin.

Mengatasi Keracunan Jengkol

Jika Anda menderita keracunan Jengkol daun genjer mungkin menjadi solusi obat untuk Anda. Caranya mudah, apabila Anda keracunan jengkol buat lalap dari 5-10 lembar daun genjer mentah.

Melancarkan Saluran Pencernaan

Mengkonsumsi daun genjer juga dapat membantu mencegah sembelit, meningkatkan metabolisme dan menstabilkan kadar gula. Semua khasiat ini adalah kandungan genjer yang memiliki serat cukup tinggi dan dapat menutupi asupan nutrisi harian tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang daun genjer semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: