11 Manfaat Daun Iler untuk Kesehatan

Posted on

Daun Iler – Manfaat daun iler sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Daun iler memiliki nama Latin Coleus atropurpureus Bentham. Nama lain untuk daun iler adalah daun miana atau daun kotok. Daun iler memiliki bentuk seperti hati berwarna merah kehitaman dan memiliki bagian seperti bergerigi di sepanjang daun.

Daun iler memiliki sifat antibiotik, yang dihasilkan dari kandungan minyak atsiri yaitu carvacrol, dan dapat menghilangkan rasa sakit yang berasal dari eugenol dan etil salisilat dan dapat menghambat iritasi. Daun Iler mengandung bahan kimia dalam batang dan daun, yaitu tanin, lemak, phyosterol, kalsium oksalat dan zat pektik.

Daun-Iler
Daun Iler

Manfaat Daun Iler

Mengobati Luka

Tidak jarang, kita juga menderita cedera kulit akibat kecerobohan, yang bisa menjadi bencana yang tidak bisa dihindari. Nah, secara umum, orang menggunakan obat merah atau betadine untuk menyembuhkan luka. Tapi tahukah Anda bahwa daun iler juga bisa digunakan untuk perawatan luka? Cara menggunakannya, Anda hanya perlu menumbuk daun dengan air dan kemudian menempelkannya ke kulit yang terluka. Zat dalam daun iler bisa mempercepat pengeringan luka.

Mengatasi Demam

Demam dapat menyerang kita kapan saja, terutama jika tubuh dalam keadaan lemah dan sistem kekebalan tubuh menurun. Meski bukan penyakit serius, tetapi kondisi demam membuat mereka yang terkena tidak nyaman. Sakit kepala, tubuh gemetar, nafsu makan berkurang. Untuk mengatasi demam ini, Anda bisa menggunakan daun iler.

Tanaman dengan daun berwarna-warni ini mungkin akan meredakan demam dengan cepat. Untuk komposisinya, Anda harus terlebih dahulu memasak beberapa daun iler. Kemudian saring dan minum jus secara teratur sampai suhu tubuh turun.

Mengatasi Batuk

Siapa yang tidak pernah merasakan batuk? Batuk adalah penyakit yang mudah ditularkan. Penyebabnya banyak. Mungkin disebabkan oleh infeksi pada saluran pernapasan dan mungkin juga mengindikasikan penyakit tertentu (seperti TBC, bronkitis, dll.).

Jika Anda tidak ingin minum obat apa pun, Anda dapat menggunakan daun iler untuk mengobati masalah batuk. Jenis penyajiannya sama dengan yang diatas, yaitu minum air rebusan dari daun iler. Jika Anda mengkonsumsinya secara teratur, batuk perlahan-lahan berhenti.

Mengatasi Wasir

Seseorang yang sering duduk di depan laptop dan jarang berolahraga biasanya lebih rentan terhadap wasir. Penyakit ini biasanya ditandai oleh adanya benjolan didubur dan keluar darah saat buang air besar. Jika wasir tidak segera diobati, benjolan akan membesar dan penderitanya harus menjalani operasi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba daun iler. Untuk sistem perawatan, yaitu dengan meminum air rebusan daun iler dicampur dengan sedikit kunyit. Konsumsi rutin sampai penyakit wasir sembuh.

Mengatasi Konstipasi

Diyakini bahwa mengkonsumsi air rebusa daun iler tidak hanya membantu dalam mengatasi wasir, tetapi juga pada sembelit. Gangguan sembelit ini cukup berbahaya! Karena kotoran jadi susah dihilangkan. Hal ini bisa memicu penyakit di usus besar. Oleh karena itu, sambil diobati dengan cara tradisional menggunakan daun iler, dan Anda juga harus mencoba makan makanan berserat secara teratur, sehingga BAB menjadi lancar kembali.

Mengatasi Diabetes

Di era saat ini, tampaknya diabetes harus kita waspadai. Penyakit yang dulunya rentan terhadap serangan orang tua, sekarang tidak lagi pandang bulu. Banyak anak muda yang menderita diabetes karena gaya hidup yang buruk. Tetapi jika penyakit ini sudah “menyerang” tubuh, kita harus bergegas menghadapinya. Satu hal yang bisa dilakukan adalah melakukan perawatan dengan daun iler. Mengkonsumsi air rebusan daun iler dapat menurunkan kadar gula darah.

Mengatasi Tipus

Pernahkah Anda menderita tipus? Demam umumnya dikenal sebagai “demam tifoid” dan biasanya diserang oleh orang-orang yang secara tidak sengaja makan makanan kotor yang mengandung bakteri salmonella. Cobalah obat tradisional dengan daun iler untuk menyembuhkan tifus. Dengan memakan rebusan daunnya, bakteri jahat di usus dibuang, sehingga tubuh kembali sehat.

Mengatasi Sakit Perut

Ada banyak faktor yang menyebabkan sakit perut. Secara umum, sakit perut dipicu oleh mikroba atau bakteri yang masuk ke usus manusia. Dalam hal ini, orang yang mengalami sakit perut yang berkepanjangan dan tubuh biasanya terasa lemah. Nah, daun iler ini bisa digunakan sebagai obat alami untuk sakit perut. Cara mengonsumsinya adalah dengan meminum air rebusan daun iler. Jika Anda meminumnya secara teratur (sekali sehari), sakit perut akan hilang.

Mengatasi Bisul

Penyakit bisul tidak hanya memalukan mereka yang terkena, tetapi efeknya juga mengganggu. Biasanya bisul menyebabkan gatal-gatal, kadang-kadang disertai dengan rasa sakit. Nah, Anda bisa menghilangkan bisul ini dengan mencoba daun iler. Cara menggunakannya cukup sederhana, cukup menumbuk daun iler dan dioleskan pada bisul. Oleskan secara teratur agar bisul cepat kering dan rata.

Melancarkan Menstruasi

Kadang-kadang menstruasi dapat terjadi tepat waktu, kadang-kadang bahkan sudah terlambat selama berminggu-minggu. Ketika ini terjadi, tubuh biasanya cenderung merasakan sakit, kelelahan, dan sakit kepala karena darah kotor yang tidak bisa lepas. Alternatif yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi air rebusan dari daun iler. Masyarakat meyakini bahwa daun iler ini mengandung zat yang bisa melancarkan menstruasi. Cukup diminum sekali sehari perlahan siklus pasti menjadi normal kembali.

Obat Mata

Iritasi yang terjadi pada mata dapat diatasi dengan daun iler. Hal ini dapat dilakukan dengan mengompresi mata dengan daun iler, cuci bersih daun iler dan potong-potong jangan sampai hancur dan kompreskan ke mata biarkan sekitar 10 menit.

Demikianlah pembahasan tentang daun iler semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: