12 Khasiat Daun Sambung Nyawa Bagi Kesehatan

Posted on

Khasiat Daun Sambung Nyawa – Daun sambung nyawa dipercaya sebagai salah satu obat herbal yang dapat mengatasi berbagai penyakit. Daun sambung nyawa yang menyandang nama ilmiah Gynura procumbens, mengandung senyawa yang kaya akan sifat untuk pengobatan berbagai penyakit, sehingga tanaman ini disebut sebagai tanaman yang menopang kehidupan.

Tanaman herbal ini sendiri memiliki bentuk tanaman hias biasa dengan warna daun hijau. Seiring bertambahnya usia, daun tanaman ini berubah warna menjadi ungu hingga ke bagian batangnya. Meskipun tanaman ini terlihat biasa dan sederhana, telah ditemukan sejumlah khasiat bagi kesehatan.

Khasiat-Daun-Sambung-Nyawa
Khasiat Daun Sambung Nyawa

Tanaman sambung nyawa dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita, karena jenis tanaman ini dapat hidup bebas di alam. Meski demikian, tanaman ini juga bisa dikembangbiakkan dengan stek. Tentu saja, daun tanaman ini mengandung beberapa zat dan senyawa yang dapat membantu dalam mengatasi berbagai penyakit seperti flavonoid, quercetin, steroid, minyak atsiri, asam fenolik, glukosida dan triterpenoid.

Kehadiran beberapa senyawa ini menyebabkan tanaman sambung nyawa memiliki sifat antipiretik, hipoglikemik dan diuretik untuk mencegah dan menghancurkan batu ginjal, menurunkan kolesterol darah, memiliki efek antibakteri dan mencegah kerusakan sel, terutama di bagian jaringan ginjal.

Khasiat Daun Sambung Nyawa

Mengobati Hipertensi

Salah satu keuntungan dari daun sambung nyawa yang umum digunakan adalah pengobatan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, Anda dapat mengobatinya segera dengan memakan daun sambung nyawa ini. Obat sambung nyawa ini sangat cocok untuk pengobatan tekanan darah tinggi.

Mengobati Diabetes Mellitus

Ternyata daun sambung nyawa bisa digunakan tidak hanya untuk pengobatan tekanan darah tinggi, tetapi juga untuk pengobatan diabetes mellitus. Bahkan, ada begitu banyak manfaat yang Anda dapatkan ketika Anda menggunakan atau mengkonsumsi daun sambung nyawa ini. untuk ini, gunakan daun sambung nyawa sebagai obat herbal.

Obat Tumor

Tumor adalah penyakit yang perlu segera diperhatikan agar tidak menyebar ke lokasi lain. Jika Anda memiliki tumor, Anda bisa langsung mengatasi penyakit dengan mengkonsumsi daun sambung nyawa ini.

Mengobati Penyakit Liver

Manfaat daun sambung nyawa tidak diragukan karena diyakini bahwa daun sambung nyawa sejak zaman dahulu dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Dipercayai bahwa daunnya mampu menyembuhkan berbagai penyakit internal dan eksternal. Salah satu penyakit internal yang dapat disembuhkan dengan daun sambung nyawa adalah penyakit liver

Obat Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan bukan penyakit berbahaya, tetapi memiliki seseorang yang menderita infeksi tenggorokan tentu akan memengaruhi aktivitas mereka sehari-hari, terutama jika mereka seorang pembicara atau seseorang yang aktif berbicara. Ketika Anda mengalami ini, Anda bisa langsung mengatasinya dengan daun sambung nyawa.

Mengatasi Wasir

Tidak hanya untuk penyakit di atas, tetapi juga untuk daun sambung nyawa dapat mengatasi penyakit wasir. Jika Anda mengalami wasir, segera singkirkan wasir yang Anda derita dengan menggunakan daun sambung nyawa ini.

Obat Sinusitis

Tahukah Anda ternyata daun itu juga bermanfaat untuk mengobati sinusitis? Ini karena berbagai jenis bahan yang terkandung dalam daun sambung nyawa sangat baik digunakan untuk obat-obatan kolesterol tinggi

Mengontrol Kolesterol

Daun sambung nyawa juga merupakan salah satu daun yang bermanfaat untuk penanganan kolesterol tinggi. Daun kehidupan ini meningkatkan kolesterol baik. Jadi Anda tidak akan mendapatkan penyakit kolesterol tinggi karena kolesterol jahat.

Obat Maag

Penyakit maag adalah penyakit yang umumnya dialami oleh berbagai kelompok orang tua dan muda serta anak-anak. Ada begitu banyak penyebab yang menyebabkan maag. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata daun sambung nyawa sangat berguna untuk mengatasi maag yang Anda derita? Bagi penderita maag, sangat baik untuk mengonsumsi daun sambung nyawa Karena tidak hanya bisa menghangatkan perut, tetapi juga meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh maag.

Obat Eksim

Daun sambung nyawa tidak hanya digunakan untuk konsumsi saja tetapi juga dapat digunakan untuk obat-obatan hewan seperti obat eksim dengan cara ditumbuk dan ditempelkan pada penyakit eksim.

Obat Bisul

Daun sambung nyawa ini dapat digunakan tidak hanya untuk pengobatan eksim, tetapi juga untuk pengobatan berbagai penyakit kulit lainnya, salah satunya adalah penyakit bisul. Dengan menggunakan daun sambung nyawa, Anda dapat mengurangi bisul dan menyembuhkan bisul yang Anda derita

Mencegah Terjadinya Tetanus

Selain dapat digunakan untuk mengobati bisul. Ternyata daun sambung nyawa juga bisa digunakan untuk mencegah tetanus. Untuk menghindari tetanus, Anda bisa menggunakan daun sambung nyawa ini sebagai salah satu solusi paling sederhana.

Demikianlah pembahasan tentang khasiat daun sambung nyawa semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: