12 Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Posted on

Daun Sambiloto – Sambiloto adalah tanaman yang memiliki beberapa keunggulan. Beberapa dari Anda mungkin baru saja mendengar tentang tanaman ini. Namun, jangan salah, meski kedengarannya aneh di telinga Anda, sebenarnya ada banyak obat herbal tradisional yang dibuat dari tanaman ini. Apa manfaat kesehatan dari Sambiloto?

Sebelum Anda mengetahui manfaatnya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu sambiloto. Sambiloto atau Andrographis paniculata adalah tanaman yang memiliki rasa yang sangat pahit. Tanaman ini asli dari Asia dan India. Tanaman ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional yang dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit.

Manfaat-Daun-Sambiloto
Manfaat Daun Sambiloto

Selama ini Anda mungkin sering mendengar jamu pahitan. Ya, salah satu bahan untuk ramuan jamu pahit adalah daun sambiloto. Rasa obat herbal yang sangat pahit ini, yang disebut pahitan, diekstrak dari daun sambiloto. Meski sangat pahit, tetapi sangat bermanfaat.

Manfaat Daun Sambiloto

Mengatasi Penyakit Sistem Pencernaan

Manfaat daun sambiloto pertama adalah menjaga kerja sistem pencernaan. Daun sambiloto dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan mulai dari diare, sembelit hingga sakit perut. Tanaman herbal ini juga bisa mengatasi berbagai gejala yang biasa terjadi saat gangguan pencernaan, yaitu sakit perut dan perut kembung.

Mengatasi Influenza

Manfaat Daun Pahit untuk menyembuhkan penyakit kedua adalah dapat mengatasi flu. Influenza adalah jenis infeksi virus yang ditandai dengan gejala seperti demam, sakit kepala, pegal, bersin, batuk dan pilek. Flu lebih berbahaya daripada pilek. Dipercaya bahwa mengonsumsi Sambiloto mengurangi semua gejala ini.

Menjaga Fungsi Hati

Menjaga fungsi dan kerja hati juga merupakan salah satu manfaat daun sambiloto. Infeksi hati dapat terjadi dalam berbagai bentuk, dan penyakit apa pun yang menyerang fungsi hati berisiko mengganggu fungsi organ lain. Daun sambiloto dapat mengatasi berbagai penyakit hati seperti penyakit kuning, pembesaran hati dan juga kerusakan hati yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu.

Mengobati Penyakit Pernapasan

Manfaat selanjutnya dari daun sambiloto adalah pengobatan berbagai penyakit pernapasan. Sistem pernapasan terdiri dari banyak organ. Jika salah satunya mengganggu, itu pasti akan mengganggu keseluruhan sistem. Penyebab penyakit pernapasan juga beragam, mulai dari virus dan bakteri hingga infeksi lainnya. Beberapa jenis penyakit pernapasan yang diyakini diobati dengan daun sambiloto seperti bronkitis, radang paru-paru dan TBC.

Mencegah Diabetes

Manfaat paling umum dari daun sambiloto adalah dapat mencegah diabetes. Diabetes adalah suatu kondisi di mana kadar gula darah naik karena insulin tidak diproduksi atau tidak berfungsi dengan baik. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa daun pahit dapat memiliki efek hipoglikemik atau menurunkan kadar gula darah.

Menurunkan Kolesterol

Selain bisa menurunkan gula darah, penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa daun pahit lainnya bisa menurunkan kolesterol darah. Mempertahankan kadar kolesterol dalam darah sangat penting karena penumpukan kolesterol dalam darah dapat memicu penumpukan plak di pembuluh darah dan menghalangi pembuluh darah.

Mencegah Penyakit Jantung

Daun sambiloto tidak hanya dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penyumbatan pembuluh darah, tetapi juga mencegah pembekuan darah atau bahkan melarutkan pembekuan darah. Karena itu, daun sambiloto juga memiliki manfaat untuk sirkulasi darah sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit jantung.

Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat selanjutnya dari daun ambiloto adalah mengatasi berbagai jenis infeksi kulit. Efek antibakteri dan anti-inflamasi pada daun sambiloto membantu dengan berbagai penyakit kulit seperti iritasi, gatal, bisul, gigitan ular, dan gigitan serangga.

Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Salah satu pemicunya adalah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Daun sambiloto juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, sehingga bisa menjadi salah satu obat anti kanker.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daun sambiloto adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa antioksidan juga sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. daun sambiloto, yang mengandung antioksidan, dapat mencegah perkembangan berbagai virus, bakteri, dan mikroorganisme yang dapat menginfeksi tubuh. Asupan daun saambiloto secara teratur tidak hanya dapat mengobati tetapi juga mencegah berbagai penyakit.

Mengobati Penyakit Tipus

Dipercayai bahwa daun sambiloto juga digunakan sebagai obat tifus dengan mengambil 10-15 daun sambiloto yang direbus sampai matang, dan minum air rebusannya.

Menurunkan Panas Dalam

Daun sambiloto memiliki sifat anti-estetika yang sangat efektif dalam mengurangi panas dalam.

Demikianlah pembahasan tentang daun sambiloto semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: