16 Manfaat Daun Jambu Air Bagi Kesehatan

Posted on

Daun Jambu Air – Jambu air adalah jenis buah-buahan yang ada disekitar kita. Selain rasanya yang lezat, buah ini juga kaya akan manfaat kesehatan. Namun ternyata, tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat tetapi juga daun jambu air dapat digunakan sebagai obat herbal alami yang bermanfaat bagi kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Daun jambu air dikenali dari warnanya yang hijau hingga hijau tua.

Bentuknya juga lebih panjang dan lebih lebar dari daun jambu lainnya dengan ujung yang runcing dan permukaan daun yang halus. Saat didekati, Anda akan mendapatkan aroma unik daun jambu air.

Jika selama ini daun jambu air dibuang begitu saja setiap saat dan menjadi kotoran di halaman, ada baiknya untuk mulai mengkonsumsinya sekarang, terutama jika Anda memiliki penyakit tertentu, karena daun ini sangat kaya akan manfaat kesehatan, Manfaat dari daun ini berasal dari kandungan bahan aktif seperti senyawa fenolik, saponin, steroid dan berbagai senyawa lainnya.

Daun-Jambu-Air
Daun Jambu Air

Manfaat Daun Jambu Air

Mengatasi Diare

Secara umum, kita tahu daun jambu air sebagai obat alami untuk diare. Pasien diare dapat langsung mengunyah daun jambu air yang telah dicuci untuk mengentalkan feses. Karena, seperti diketahui, feses sangat encer pada pasien diare. Tetapi obat-obatan lain perlu digunakan untuk tindakan selanjutnya, karena fungsi daun jambu air hanya sebatas untuk mengentalkan feses bukan untuk mengobati diare.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Meskipun tubuh membutuhkan kolesterol, kadarnya yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan masalah kesehatan. Jika kolesterol dalam tubuh sudah menumpuk, kita bisa menggunakan daun jambu air untuk menormalkannya.

Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Ekstrak daun jambu air adalah salah satu bahan yang direkomendasikan dalam komposisi obat diabetes. Ini karena kemampuannya untuk menurunkan kadar gula darah dan mengatasi resistensi insulin dalam tubuh penderita diabetes. Kita juga bisa mengolah manfaat daun jambu air sebagai obat herbal. Caranya dengan merebus 7 lembar daun jambu air, yang masih segar dan tidak terlalu tua, dalam 3 gelas air. Masak sampai hanya 1 gelas. Diminum 2 kali sehari di pagi dan sore hari. Dengan penggunaan rutin, kadar gula darah turun setiap hari. Dan ketika kadar gula darah mulai menurun, pemakaiannya dikurangi menjadi 4 hari sekali.

Mengatasi Komplikasi Diabetes

Penyakit diabetes jika telah menyerang maka akan membawa penyakit lain. Ada penyakit lain yang ditimbulkannya yaitu stroke, penyakit jantung, masalah pada kaki, kerusakan ginjal, kerusakan retina, impotensi dan sebagainya. Dengan mengonsumsi daun jambu air, kita juga bisa mencegah dan mengatasi berbagai penyakit akibat komplikasi diabetes.

Menyehatkan Jantung

Sebagai salah satu organ vital, kesehatan jantung perlu dijaga dengan baik. Salah satunya dengan mengonsumsi air daun jambu air, yang terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Mengatasi Maag

Pasien yang sakit maag harus mencari atau menanam pohon jambu air di lingkungan mereka, karena daun jambu air sangat cocok untuk menetralkan asam lambung dan untuk kenyamanan lambung, serta untuk mencegah rasa sakit dan perih.

Melancarkan Pencernaan

Keuntungan lain yang bisa dirasakan saat mengkonsumsi daun jambu air adalah melancarkan pencernaan. Dengan pencernaan yang lancar, nutrisi dalam makanan dapat diserap secara maksimal dan sisanya dari pengolahan dibuang dengan benar.

Mengatasi Sakit Gigi

Bagi Anda yang sakit gigi dan khawatir suatu hari akan kembali, lebih baik menyediakan daun jambu air di rumah. Karena daun jambu air merupakan daun herbal juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Mengatasi Demam Berdarah

Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti sangat berbahaya, karena jika tidak diobati dengan cepat dan benar, dapat mengakibatkan kematian. Jika Anda memiliki gejala penyakit ini, Anda harus segera pergi ke dokter dan minum obat. Salah satu jenis obat herbal yang bisa jadi pilihan adalah ramuan daun jambu air.

Mengatasi Demam

Daun jambu air dapat digunakan untuk menurunkan suhu tubuh melebihi batas normal. Caranya dengan melumatkan beberapa helai daun jambu air yang sudah dicuci bersih. Kemudian daunnya dicelupkan ke dalam air hangat. Air rendaman ini dapat digunakan sebagai kompres pada pasien dengan demam untuk menurunkan suhu tubuh.

Mengatasi Rasa Nyeri

Jika bagian dari tubuh kita mengalami keseleo atau lebih buruk yaitu patah tulang pasti sangat nyeri dan menyakitkan. Untuk mengatasinya, kita juga bisa menggunakan daun jambu air. Metode ini cukup sederhana: daun jambu air yang masih segar dilumatkan dan dicincang sampai lunak. Kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit sambil dipijat dan diterapkan secara teratur untuk memaksimalkan manfaatnya.

Mengatasu Gatal pada Penderita Cacar

Gatal pada pasien cacar benar-benar sangat menyiksa. Untuk menghilangkan rasa gatal ini, kita bisa menggunakan campuran daun dan bunga jambu biji.

Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit berbahaya yang sulit disembuhkan. Bahkan jika dirawat dan disembuhkan, sel-sel kanker dapat menjadi ganas lagi. Untuk itu ada baiknya mencegah salah satunya dengan mengonsumsi daun jambu air dan makanan lain seperti manfaat manggis.

Mengatasi Alergi

Alergi dapat terjadi pada siapa saja. Gejala umum termasuk gatal, batuk, bengkak di tubuh dan sebagainya. Manfaat daun jambu air bisa dijadikan bahan herbal dalam alergi. Selain itu, kita dapat mengatasi alergi dengan makanan manfaat kesehatan kulit manggis.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jika, selama ini, manfaat madu diketaui untuk memperkuat kekebalan tubuh, ada bahan lain yang juga bermanfaat, yaitu daun jambu air. Dengan secara teratur minum ramuan daun jambu air dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Sebagai Obat Wasir

Wasir atau ambeien adalah jenis penyakit yang sangat mengganggu dan memalukan karena menyerang organ terdalam seseorang. Namun jangan khawatir, penyakit ini bisa diatasi dengan daun jambu air.

Demikianlah pembahasan tentang daun jambu air semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya