10 Manfaat Daun Petai Cina dan Kandungan Petai Cina

Posted on

Daun Petai Cina – Pohon petai cina di daerah jawa biasa disebut dengan Lamtoro. Pohon petai cina juga dikenal memiliki banyak manfaat yang menakjubkan. Tanaman hijau ini berasal dari pulau-pulau Asia Selatan, Australia, Filipina, Indonesia dan Pasifik.Dianggap sebagai pohon obat, berbagai bagian dari pohon ini digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan.

Sayuran memiliki banyak varietas yang dapat dipilih untuk disajikan sebagai menu makanan. Hal Ini tidak terkecuali, petai Cina.

Petai-Cina
Petai Cina

Anda mungkin sudah terbiasa dengan pisang besar, tetapi pisang Cina yang lebih kecil tidak kalah sehat dalam hal gizi.

Bahkan di beberapa negara, pohon petai Cina digunakan sebagai tanaman obat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Kandungan Petai Cina

Kandungan zat dalam tanaman Petai Cina meliputi protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, energi.

Manfaat Daun Petai Cina

Toner Kulit

Daun pohon Lamtoro mengandung enzim alami yang sangat baik untuk kulit kita. Enzim ini dapat memicu pembentukan kolagen atau sel-sel kulit. Kolagen adalah komponen alami kulit.

Kolagen yang berkurang menyebabkan kulit kusam, kering, keriput, dan gelap. Pohon ini menawarkan salah satu cara teraman untuk memicu pembentukan kolagen di kulit.

Dapat mengalahkan setiap tanda polusi dan penuaan. Daun pohon ini bertindak sebagai toner, menyehatkan kulit dan melembabkan, meningkatkan kilau dan cahaya kulit.

Obat Derma Kuat

Psoriasis adalah kondisi kulit yang sangat serius yang dikenal untuk mengeringkan kulit yang bisa disembuhkan. ciri lain dari penyakit ini adalah bahwa kulit mengembangkan bintik-bintik merah yang menyakitkan di mana-mana.

Hal Ini adalah kondisi kulit langka yang hanya bisa dikontrol. Itu tidak bisa sepenuhnya disembuhkan. Dermatitis psoriatik dapat disembuhkan dengan biji pohon petai Cina. Diketahui bahwa biji pohon ini meredakan peradangan dan nyeri kulit.

Menghilangkan Rambut di Kulit

Karet yang di lepas dari batang pohon petai Cina, rambut di kulit tubuh dapat dihilangkan. Itu tidak menyebabkan efek samping pada kulit. Efek setelahnya adalah kulit halus, tidak ada kemerahan atau gatal.

Mengatasi Ketombe

Pohon petai cina tidak hanya dikenal karena dapat bermanfaat untuk rambut. Namun, minyak yang diekstrak dari biji pohon petai Cina dikenal karena sifat antijamur dan antibakterinya. Ini dapat ditambahkan sebagai minyak dasar pilihan Anda dan dioleskan ke kulit kepala untuk mengatasi masalah rambut seperti ketombe. Namun, lebih baik berkonsultasi dengan spesialis rambut sebelum menggunakannya.

Analgesik

Daun Lamtoro adalah analgesik yang digunakan oleh penduduk asli Meksiko dan Belize untuk meredakan nyeri otot. Diyakini bahwa kulit Lamtoro secara alami dapat menghambat rasa sakit pada manusia. Juga dikenal untuk meringankan berbagai masalah umum yang berhubungan dengan menstruasi, seperti. mengurangi nyeri haid.

Kontrasepsi

Sejauh ini tidak ada fakta dan temuan ilmiah, tetapi akar pohon petai Cina telah digunakan sebagai kontrasepsi yang efektif untuk zaman sekarang. Namun jangan mengandalkan hal itu untuk menghindari kehamilan.

Pembunuh Cacing

Biji pohon petai Cina memiliki nilai obat tinggi. Pengobatan tradisional Tiongkok menggunakan rebusan biji pohon muda sebagai pembunuh cacing dalam tubuh. Cacing gelang dapat dengan mudah keluar dari tubuh dengan meminum biji pohon petai Cina yang dimasak dengan hati-hati.

Anti Kanker

Kopi yang dibuat dari biji petai Cina bekerja melawan kanker. petai cina melawan radikal bebas dalam tubuh manusia. Radikal bebas ini dikenal sebagai penyebab utama kelainan sel dan kanker.

Mengobati Herpes

Herpes, salah satu penyakit kulit yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi mereka yang terkena, dapat dihilangkan secara alami dengan petai Cina. Campur 30 gram Petai Cina dengan 1 siung bawang putih dan sebarkan di area kulit yang terkena. Biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat.

Mengobati Disentri

Untuk mengobati disentri secara alami, Anda dapat membuat ramuan tradisional dari petai Cina. Rebus 15 gram biji Petai Cina bersama dengan 30 gram Purslane dan 400 ml air hingga tersisa setengahnya atau 200 ml. Minumlah air mendidih ini di pagi dan sore hari sampai disentri dapat disembuhkan.

Demikianlah pembahasan tentang daun petai cina semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya