12 Khasiat Daun Saga bagi Kesehatan dan Kandungan Daun Saga

Posted on

Khasiat Daun Saga – Daun saga adalah daun tanaman merambat Saga / Saga Telik (Abrus precatorius). Tidak sulit menemukan tanaman ini. Daun saga biasanya tumbuh liar di halaman, kebun, tetapi juga di pinggir jalan.

Beberapa orang menganggap Saga Rambat sebagai tanaman gulma (penganggu) karena sifatnya yang merambat dan menempel pada batang inang. Jadi tidak jarang orang memilih untuk memotong atau membakarnya sampai habis. Meskipun demikian, banyak orang tidak tahu bahwa daun saga sebenarnya memiliki khasiat kesehatan, bahkan untuk merawat kecantikan.

Manfaat-Daun-Saga
Manfaat Daun Saga

Daun saga memiliki khasiat yang hampir mirip dengan daun pohon asam, hanya bentuk daun saga yang cenderung bulat telur. Bunganya berwarna ungu muda dan berbentuk kupu-kupu, sedangkan bijinya kecil dan berwarna merah cerah. Hati-hati dengan biji karena diketahui mengandung racun berbahaya ketika tertelan.

Kandungan Daun Saga

Daun Saga diketahui mengandung banyak vitamin, mineral dan kandungan kimia lain yang baik untuk tubuh seperti: protein, vitamin A, B1, B6, C, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid, pentosan, saponin dan flavonoid.

Khasiat Daun Saga

Mengobati Sariawan

Sariawan tidak diklasifikasikan sebagai penyakit berbahaya, tetapi sariawan jelas merupakan penyakit yang cukup menyebalkan. Sariawan, atau apa yang disebut stomatitis dalam pengobatan, adalah peradangan pada mukosa mulut internal yang menyebabkan luka putih dan cekung yang terasa sangat sensitif. Rasa sakit ini menjengkelkan karena sulit bagi mereka yang terkena dampak untuk berbicara atau mengunyah makanan.

Daun saga terkenal untuk mengurangi sariawan jika dikonsumsi dengan benar dan teratur. Caranya, ambil beberapa daun saga lalu keringkan di bawah sinar matahari sampai layu. Kunyah daun saga langsung tanpa ditelan. Jangan khawatir, daun Saga aman untuk dikonsumsi dan rasanya manis. Selain itu, ada cara kedua untuk membuat obat kumur alami dengan air rebusan dari daun saga. Rebus 10 gram daun saga dengan 1/2 liter air hingga mendidih. Saring dan gunakan dengan air rebusan 2-3 kali sehari.

Meredakan Radang Amandel

Peradangan amandel adalah pembengkakan amandel / amandel di kerongkongan karena kuman atau virus. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak, tetapi juga bisa dialami oleh orang dewasa. Gejalanya dimulai dengan demam, panas tinggi, batuk dan flu, sakit tenggorokan dan radang amandel.

Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan akar daun saga. Caranya, ambil dan cuci akar saga secukupnya. Kemudian rebus dalam 5 gelas air dengan sepotong kayu manis dan gula sampai mendidih. Ketika air berkurang setengahnya, minum air rebusan itu dua kali sehari di pagi dan sore hari.

Mengatasi Peradangan Mata

Peradangan mata biasanya ditandai dengan rasa gatal, nyeri dan pedih di sekitar mata, diikuti oleh pembengkakan. Diketahui juga bahwa daun saga efektif dalam pengobatan peradangan mata. Caranya sangat sederhana: Ambil beberapa daun saga secukupnya dan digiling hingga halus. Rebus 2 gelas air untuk memasak dan mengukus. Kumpulkan uapnya dan gunakan sebagai tetes mata.

Meredakan Panas Dalam

Salah satu tanda panas dalam adalah sariawan, tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah. Karena telah dijelaskan bahwa daun Saga dianggap efektif dalam menghilangkan sariawan, sekarang kita akan mempraktikkan cara meredakan panas dalam dengan rebusan daun saga.

Ambil sekitar 10-15 daun saga, lalu cuci sampai bersih. Rebus 2 gelas air untuk memasak dan hanya setengah dari air yang tersisa. Tunggu sampai dingin dan kemudian saring dan minum secara teratur 1 kali sehari untuk menghilangkan panas dalam.

Mengobati Batuk Kering

Batuk kering atau batuk dengan lendir juga merupakan penyakit yang bisa sangat mengganggu. Ada banyak obat batuk khusus untuk batuk kering, tetapi kebanyakan dari mereka dapat menyebabkan kantuk dan tentunya akan menghambat rutinitas Anda.

Tidak ada yang salah dengan mencoba resep alami untuk obat batuk kering dengan tiga bahan: daun saga, daun asam dan kayu manis. Caranya, ambil beberapa daun saga dan daun asam lalu cuci sampai bersih. Rebus kedua bahan dengan sepotong kayu manis sampai mendidih. Untuk ketiga bahan ini, minum air rebusan dua kali sehari dengan dosis 1/2 gelas sekali minum untuk mengobati batuk kering.

Mengobati Hipertensi

Diketahui pula bahwa daun Saga sangat efektif dalam menurunkan hipertensi. Siapkan ramuannya, yaitu: 10 daun Saga, daun Selamagi, daun Kejibeling, daun pegagan dan buah Waluh putih. Potong buah waluh putih menjadi ukuran yang lebih kecil, tambahkan empat gelas air dan rebus semua bahan yang disiapkan sampai hanya 2 gelas air yang tersisa. Minum dan ulangi sesuai kebutuhan sampai tekanan darah benar-benar turun.

Menjaga Kesehatan Jantung

Apakah Anda sering mengalami jantung berdebar disertai keringat dingin yang mengucur deras? Anda mungkin ingin mencoba terapi kesehatan jantung dengan daun saga. Gejala masalah jantung berangsur-angsur hilang. Resepnya adalah 8 gram daun saga, 10 gram daun Sembung dan 5 gram kencur. Rebus ketiga bahan dengan 400 ml air di atas api sedang sampai mendidih. Dinginkan air dan saring. Kemudian minum secara teratur untuk mencapai jantung yang lebih sehat.

Pengobatan Bronkitis

Bronkitis biasanya disebabkan oleh asap, debu, dan asap rokok. Mereka yang terkena sering menderita batuk, disertai dahak berwarna kemerahan dan sesak napas, terutama setelah aktivitas berat. Ramuan daun saga segar adalah obat alami untuk menyembuhkan bronkitis. Caranya adalah merebus 15 lembar saga segar yang baru dipetik dari pohon dengan 500 ml air. Rebus hingga airnya hanya sekitar 250 ml. Cukup minum air rebusan ini 1 kali sehari.

Menutrisi Rambut

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut sehat? Rambut yang sehat dan subur sangat cocok untuk penampilan cantik Anda. Salah satu ciri daun saga adalah menyuburkan rambut dan mencegah kebotakan dini. Caranya adalah dengan membuat pasta rambut untuk dioleskan secara rutin pada rambut dan kulit kepala. Pertama, siapkan daun saga dan biji saga secukupnya dan tumbuk hingga halus. Jangan menelan bijinya, karena bijinya mengandung racun. tuangkan air panas hingga mengental dan berubah menjadi bubur. Oleskan ke semua rambut, biarkan sekitar 10-15 menit dan bilas sampai bersih. Dengan penggunaan rutin, rambut Anda juga halus dan berkilau.

Pengobatan Penyakit Kuning

Penyakit ini memiliki karakteristik fisik yang paling jelas bahwa tubuh orang yang terkena (terutama kulit dan mata) menguning. Ini disebabkan adanya gangguan fungsi hati dalam pemrosesan sel darah merah. Hasilnya adalah penumpukan bilirubin dalam darah, zat tersebut memiliki warna kekuningan. Inilah yang menyebabkan penderita penyakit kuning mengalami perubahan warna kulit kuning. Ada obat alami yang kuat untuk meringankan penyakit kuning ini, yaitu daun saga yang sudah direbus. Siapkan beberapa daun saga dan rebus dalam 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas. Kemudian saring air rebusan tersebut dan minum di pagi dan sore hari. Kandungan glukosa dalam daun Saga memberikan nutrisi tambahan untuk menormalkan fungsi hati.

Meningkatkan Nafsu Makan

Apakah Anda memiliki masalah dengan selera makan? Atau apakah Anda sedang dalam perjalanan menuju berat badan ideal? Daun saga mengandung vitamin B, yang berguna untuk meningkatkan nafsu makan Anda. Cobalah memasak nasi dengan menambahkan beberapa daun saga saat nasi sudah matang. Biarkan nasi dan daun saga sekitar 10 menit, kemudian gunakan daun saga sebagai lauk.

Menjaga kelembaban kulit

Daun saga mengandung senyawa glisirizin (gliserin) alami. Senyawa ini terkandung dalam sabun kulit yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Jenis senyawa gliserol adalah untuk menyerap level air untuk menjaga kelembaban kulit kita. Karena kandungannya, daun saga dapat digunakan untuk menjaga hidrasi kulit dengan obat luar (masker) dan obat dalam (dengan rebusan daun saga).

Demikianlah pembahasan tentang khasiat daun saga semoga dapat bermanfaaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: