15 Manfaat Daun Jelatang dan Kandungan Daun Jelatang

Posted on

Daun Jelatang – Anda mungkin sering mendengar beberapa manfaat tanaman obat dan herbal yang bisa digunakan. Tidak seperti jenis tanaman lain, daun nettle atau daun jelatang, sering disebut sebagai jelatang, adalah tanaman yang ingin dihilangkan karena mereka dapat membuat kulit yang merah ketika terkena daunnya. Selain itu, daun jelatang juga memiliki manfaat luar biasa untuk kulit dan rambut Anda.

Ternyata banyak kandungan yang memiliki daun jelatang. Yaitu senyawa antiinflamasi, vitamin B dan sumber protein. Selain itu, daun jenis ini memiliki sifat astringen yang dapat mengobati berbagai masalah kulit seperti jerawat, cacar air, eksim dan gigitan serangga.

Daun-Jelantang
Daun Jelantang

Kandungan Daun Jelatang

Bagaimana daun jelatang memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan kita? Daun ini melakukannya dengan bantuan nutrisi yang mengisinya!

  1. Daun jelatang kaya akan vitamin A, C, D dan K.
  2. Daun ini juga kaya akan vitamin B.
  3. Sumber zat besi, kalium, mangan, kalsium, magnesium, fosfor, silika, yodium, silikon, natrium, dan sulfur yang baik.
  4. Memiliki jumlah protein dan asam amino yang tinggi.
  5. Memiliki jumlah kalori dan lemak yang rendah.
  6. Sumber klorofil dan tanin yang baik.

Manfaat Daun Jelatang

Mengatasi Jerawat

Daun jelatang kering digunakan secara eksternal untuk merawat jerawat dan noda pada wajah. Ekstrak daun jelatang kering juga digunakan sebagai penyegar wajah untuk kulit berminyak dan rawan jerawat, karena tidak hanya membantu mengurangi jerawat, tetapi juga daun tanpa bekas luka atau noda.

Khasiat Astringen

Daun jelatang memiliki sifat astringen yang membantu mengobati penyakit kulit seperti eksim, gigitan serangga, dan cacar air. Ekstrak minyak atau olahan daun jelatang dapat digunakan untuk mengobati eksim.

Anti-inflamasi

Daun jelatang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat digunakan untuk mengobati luka bakar dan mengurangi bekas luka bakar.

Mengobati Eksim

Penggunaan teh daun jelatang secara teratur membantu menyembuhkan banyak penyakit kulit membandel termasuk eksim. Minum 2-3 cangkir teh jelatang sehari membebaskan tubuh Anda dari racun dan meningkatkan kecantikan Anda. Anda juga dapat menerapkan tincture (ekstrak herbal terkonsentrasi dari alkohol dan potongan tanaman herbal) ke kulit untuk menyembuhkan ruam kulit karena eksim dengan cepat.

Mengobati Kerontokan Rambut

Penggunaan daun jelatang adalah salah satu perawatan tertua untuk kerontokan rambut. Daun dalam bentuk kapsul dan teh dapat dikonsumsi dari dalam untuk mengobati kerontokan rambut, sementara pijat kepala dengan minyak jelatang dapat secara efektif memerangi kerontokan rambut.

Menumbuhkan Kembali Rambut

daun jelantang Ini tidak hanya membantu dalam mengatasi kerontokan rambut daun jelatang juga membantu pertumbuhan kembali rambut. Daun jelatang kaya akan silika dan belerang, membuat rambut bercahaya dan lebih sehat. Membilas rambut dengan air dan ekstrak jelatang menghasilkan pertumbuhan kembali rambut yang hilang dan juga membantu mengembalikan warna asli rambut.

Mengatasi Ketombe

Pijat kulit kepala Anda dengan minyak kelapa atau minyak mustard yang telah Anda rendam semalaman dengan daun jelatang kering. Ini adalah perawatan yang sangat efektif untuk ketombe. Buah yang diekstrak diperoleh dengan menghancurkan daun jelatang segar juga dipijat pada kulit kepala untuk mengobati ketombe.

Mengbati Nyeri Radang Sendi

Daun jelantang memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi, menjadikannya obat yang baik untuk nyeri radang sendi. Ini juga mengobati penyakit terkait lainnya seperti rematik, asam urat, radang kandung lendir (radang bursa) dan tendinitis (tendinitis). Ekstrak jelatang atau minyak jelatang digosok di atas sendi dan dipijat untuk menghilangkan rasa sakit. Akar jelantang dan teh jelatang juga mengurangi rasa sakit.

Pengobatan Pembesaran Prostat

Daun jelantang digunakan dalam dunia herbal untuk pengobatan BPH (Benign Prostatic Hyperplasia / Benign Prostate Enlargement) dan penyakit terkait prostat lainnya. Meskipun penelitian telah menemukan bahwa jelatang tidak secara efektif mengurangi ukuran prostat yang membesar, daun jelantang masih efektif dalam mengurangi dan mengobati penyakit pada tahap awal ketika gejala terjadi. Ramuan ini membantu menghentikan pertumbuhan dan pembelahan sel di wilayah tersebut dan meningkatkan kesehatan prostat.

Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Daun jelantang memiliki sifat diuretik dan membantu buang air kecil. hal Ini digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih dan masalah saluran kemih lainnya yang disebabkan oleh batu ginjal dan kandung kemih dengan memecah batu menjadi ukuran yang sangat kecil dan menghilangkannya dengan air seni. Ini juga membantu dalam pengobatan diare dan disentri.

Osteoartritis

Sebuah studi dalam Journal of Rheumatology menunjukkan bahwa ekstrak daun jelatang dapat membantu mengobati radang sendi. Ini karena jelatang bertindak sebagai anti-inflamasi dalam tubuh. Daun Jelatang yang telah direndam dan dimasak juga bisa dioleskan langsung ke sendi yang sakit. Terutama di lutut, di belakang, di pinggul dan di tangan.

Anti Alergi

Tanaman ini mungkin memang gatal. Namun, ketika dibuat menjadi teh atau untuk memasak, tanaman jelatang sebenarnya dapat membantu melawan reaksi alergi. Jelatang menyengat bertindak sebagai antihistamin yang efektif dalam tubuh untuk berhenti gatal, bersin, pilek dan iritasi mata.

Menghentikan Pendarahan

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa daun jelatang dapat digunakan sebagai hemostasis, terutama setelah operasi. Penelitian dalam Jurnal Praktek Gigi Kontemporer juga menyebutkan khasiat daun serbaguna ini untuk menghentikan pendarahan setelah operasi pencabutan gigi.

Menjaga Kesehatan Tulang

Pada dasarnya, pemeliharaan kepadatan tulang memainkan peran hormonal. Peran daun jelatang dalam menjaga keseimbangan hormon mencegah tubuh dari merasakan efek kekurangan dan kelebihan estrogen.

Dan tentu saja tubuh akan mengalami masalah jika Anda tidak mendapatkan estrogen. Peran jelatang dalam perlindungan hormon memiliki efek langsung pada kesehatan tulang dan pada saat yang sama mencegah osteoporosis.

Tidak hanya itu, juga ditemukan komponen boron. Senyawa ini memang asing, tetapi sebenarnya membantu menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.

Mendorong Produksi ASI

Sebuah penelitian di Kanada yang diterbitkan dalam Penelitian dan Praktik House of Midwifery House Kanada menunjukkan bahwa ibu menyusui dapat meningkatkan produksi ASI dengan tanaman jelatang. Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki efek samping jangka panjang untuk ibu dan anak.

Demikianlah pembahasan tentang daun jelatang semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya