15 Manfaat Daun Jinten untuk Kesehatan

Posted on

Daun Jinten – Tanaman jintan telah dianggap selama ratusan tahun sebagai salah satu obat herbal dengan banyak khasiat bermanfaat bagi kehidupan manusia, terutama di sektor kesehatan.

Perlu diketahui bahwa daun jintan atau daun jinten awalnya berasal dari Afrika Selatan. Tanaman ini memiliki nama berbeda di berbagai daerah.

Daun-Jinten
Daun Jinten

Di wilayah Sunda, disebut Aceran, disebut di Iwak di Bali, dan di beberapa daerah lain disebut daun kucing, daun kambing, Majha Nereng dan sebagainya.

Di luar negeri, tanaman ini disebut indian mint, soup mint, kuban oregano dan french thyme.

Manfaat Daun Jinten

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Beberapa bahan dalam daun jinten memiliki efek antiseptik, antimikroba, anthelmintik, karminatif dan pengencangan. Jadi, zat-zat ini dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sakit perut, kembung, mual, diare, dll.

Mengatasi Demam

Khasiat daun jintan lainnya adalah bahwa dapat melawan demam. Senyawa dalam daun ini mengandung zat yang bisa menurunkan suhu tubuh yang berlebihan dan menyebabkan demam. kandungan senyawa ini disebut antipiretik.

Melawan Kanker

Daun jinten dikenal sebagai obat alami yang mengandung banyak asam lemak. Untuk alasan ini, jintan dikatakan dapat membunuh sel kanker berbahaya di dalam tubuh.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa manfaat jinten memiliki kemampuan untuk menstimulasi produktivitas dan kekebalan sel sumsum tulang, menghasilkan interferon, melawan sel tumor / kanker dan melindungi sel normal sehingga tubuh selalu sehat.

Melancarkan Buang Air Kecil

Sifat diuretik dari senyawa kimia dalam daun jinten memiliki efek menguntungkan pada peluruh urin. Bagi mereka yang memiliki masalah kencing, daun jintan dapat digunakan sebagai obat.

Melancarkan ASI

Jika Anda menyusui hanya dengan sedikit ASI yang keluar, Anda dapat dengan mudah menambah jumlah ASI dengan mengonsumsi daun jintan. Mengingat bahwa ada kandungan tertentu dalam jintan, seperti misalnya, struktur hormon lipid dan arginin, maka tidak heran bahwa manfaat jintan dapat membantu wanita meningkatkan jumlah ASI setelah melahirkan.

Mencegah Peradangan

Khasiat daun jinten sebagai agen antiinflamasi dimaksudkan untuk mencegah peradangan. Selain itu, daun yang satu ini juga menghentikan peradangan yang telah terjadi di tubuh Anda sehingga bisa diobati dengan mudah.

Mengatasi Gangguan Pernafasan

Daun jinten juga memiliki beberapa sifat, seperti antitussif, ekspektoran dan bronkodilator, yang berarti daun jintan dapat digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi pernapasan seperti pilek / batuk, batuk lendir, influenza, dan untuk membersihkan paru-paru dan tenggorokan.

Mengobati Jerawat

Jika Anda memiliki masalah dengan peradangan karena jerawat, pastikan untuk menggunakan daun jintan. Dipercaya bahwa manfaat jinten menyembuhkan peradangan di kulit akibat jerawat, karena jintan mengandung nutrisi dan vitamin.

Sangat mudah untuk menyiapkan satu sendok teh minyak jinten dan satu sendok teh minyak zaitun. Campurkan kedua minyak dan oleskan ke kulit yang meradang. Tunggu sekitar satu jam dan kemudian bilas wajah Anda dengan air bersih. Dengan cara ini, Anda bisa bebas dan pulih dari masalah jerawat.

Mengobati Batuk

Khasiat selanjutnya dari daun jinten adalah sifat anti-tusif, sifat penyembuhan untuk menghilangkan batuk. Kandungan senyawa dalam daun ini juga membantu melelehkan lendir yang menyebabkan batuk dan mengeluarkan lendir dari tenggorokan Anda.

Mengobati Sakit Kepala

Daun jintan juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala. Caranya adalah mencampurkan 2 lembar daun jinten, 2 lembar daun Lagundi, 1 rimpang temulawak dan 1 rimpang bangle. Hancurkan sampai menjadi pasta, lalu tempelkan di dahi dan di belakang telinga.

Mencegah Resiko Jantung

Semua orang tahu bahwa penyakit jantung saat ini adalah penyakit paling berbahaya dan mematikan. Diyakini juga bahwa manfaat jinten berdasarkan kandungan nutrisi dari minyak jinten menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi minyak jintan secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Menyembuhkan Borok

Manfaat daun jinten untuk luka luar digunakan dalam penyembuhan borok. Luka borok bisa menjadi kronis jika tidak diobati dengan benar. Cobalah pengobatan herbal untuk borok dengan daun jinten ini.

Menyembuhkan Luka

Sifat antibakteri dan antiseptik daun jinten memiliki keunggulan untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun jinten juga bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan pada luka. Caranya adalah dengan menghancurkan hingga halus beberapa daun jintan , yang dicuci bersih dan kemudian ditempatkan pada bagian tubuh yang sakit.

Mengobati Asma dan Bronkitis

Daun Jinten mengandung kafein (afrodisiak) dan banyak minyak atsiri aromatik (disinfektan). Kombinasi ini adalah antikongensif, ideal untuk orang dengan penyakit pernapasan seperti asma dan bronkitis.

Mencegah Sariawan

Manfaat daun jintan juga dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah infeksi mulut seperti sariawan, sakit tenggorokan, dan bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, daun jinten ini menyehatkan rongga mulut Anda di bagian tertentu, termasuk gigi dan gusi.

Demikianlah pembahasan tentang daun jinten semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya