12 Manfaat Lada Hitam dan Kandungan Lada Hitam

Posted on

Lada Hitam – Apa pendapat Anda tentang lada hitam? Tentunya banyak dari Anda akan memikirkan rempah-rempah yang memiliki rasa agak pedas. Namun rasa pedas membuktikan bahwa lada hitam memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Apa manfaat sebenarnya dari lada hitam ini? Diketahui juga bahwa butiran hitam-abu-abu ini bagus dan kaya akan khasiat. Harganya bisa bersaing dengan harga logam mulia dan, lebih lagi, kandungan nutrisi tampaknya terbilang kaya.

Lada-Hitam
Lada Hitam

Kandungan Lada Hitam

Beberapa Kandungan vitamin termasuk: Vitamin A, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin C dan Vitamin B6. Sedangkan kandungan mineralnya seperti riboflavin, tiamin, niasin, natrium, kalium, asam folat, kolin dan betaine. 100 gram lada hitam mengandung 10,95 mg protein.

Manfaat Lada Hitam

Memperlancar Sistem pencernaan

Manfaat pertama lada hitam adalah melancarkan sistem pencernaan. Ini bisa terjadi karena zat yang disebut piperin meningkatkan produksi asam klorida di saluran pencernaan.

Faktanya, asam klorida ini dapat membantu memecah saluran pencernaan sekaligus menyerap nutrisi dari makanan dengan lebih baik. Akibatnya, obstruksi atau kembung yang disebabkan oleh produksi gas berlebih di lambung tidak mudah terjadi.

Jika sistem pencernaan terpelihara dengan baik, ini sangat membantu bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, mencegah ketidaknyamanan pencernaan yang serius dan meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Mencegah Kanker

Manfaat lada hitam selanjutnya adalah kemampuannya untuk mencegah kanker. Kandungan flavonoid dan karoten lada hitam justru dapat memerangi pertumbuhan sel karsinogenik. Selain itu, kandungan piperin dan polifenol dalam lada hitam dapat secara efektif mencegah pertumbuhan sel kanker.

Berbagai antioksidan dalam lada hitam juga dapat mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas dalam tubuh. Konsumsi rutin membantu Anda menghindari kanker payudara, kanker kulit, dan kanker usus besar.

Membuat Kulit Sehat

Kandungan polifenol lada hitam dapat mencegah efek berbahaya dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti perubahan warna kulit yang semakin gelap. Kandungan vitamin C dari rempah ini juga dapat membantu menghilangkan sel kulit mati sekaligus mencegah jerawat.

Melawan bakteri

Sifat antibakteri dan anti-inflamasi lada hitam dapat membantu mengatasi ketombe. Untuk memanfaatkan lada hitam, cukup campur lada hitam dengan lemon dan oleskan langsung ke rambut.

Selain itu, manfaat lada hitam selanjutnya adalah kemampuannya mengatasi rambut beruban. Caranya adalah mencampur seperempat sendok teh lada hitam dengan setengah cangkir yogurt. Oleskan kedua campuran langsung ke kulit kepala dan biarkan selama setengah jam. Lalu bilas sampai bersih. Penggunaan rutin ramuan ini memiliki efek signifikan.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat lada hitam yang satu ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena dapat mengurangi gangguan daya ingat dan kerusakan kognitif. Ini disebabkan oleh zat piperin, yang melacak jalur kimia di otak. Bagi penderita penyakit Alzheimer, demensia atau kelainan radikal bebas, disarankan untuk mengonsumsi lada hitam.

Melancarkan Saluran Pernafasan

Karena lada hitam memiliki sifat ekspektoran, manfaat lada hitam adalah mencegah hidung tersumbat dan mengatasi sinusitis. Jika Anda mengkonsumsinya, bersin dan batuk akan anda alami. Diyakini bahwa makan sup atau makanan yang mengandung lada hitam mengatasi pilek dan batuk.

Meredakan Sakit Gigi

Manfaat lain yang menakjubkan dari lada hitam adalah mengurangi sakit gigi dan penyakit gusi. Ini karena lada hitam memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang mencegah penyebaran bakteri di mulut. Cara menggunakannya, Anda bisa lada hitam dengan sedikit garam di daerah yang terkena.

Mengatasi Tukak Lambung

Penyakit tukak Lambung(peptic ulcer, ulkus peptikum) adalah luka yang terjadi pada dinding lambung akibat erosi mukosa lambung. Masalah kesehatan ini bisa diatasi dengan mengonsumsi lada hitam. Manfaat lada hitam berikut dapat dicapai karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya

Selain itu, lada hitam memperkuat pertahanan mukosa dan memerangi masalah yang disebabkan oleh etanol.

Menyembuhkan Vitiligo

Manfaat lain dari lada hitam termasuk penyembuhan vitiligo, penyakit kulit di mana beberapa area kulit kehilangan pigmentasi normal dan memutih. Menurut peneliti dari Oregon Health & Science University, kandungan piperin lada hitam dapat merangsang kulit untuk menghasilkan pigmen melanosit.

Menyembuhkan Luka

Sifat antibakteri lada hitam juga dapat membantu memerangi infeksi dan gigitan serangga. Studi oleh S. Venkat Reddy et al., Diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine, menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat dalam lada hitam aktif melawan Bacillus subtilis, Bacillus sphaericus dan Staphylococcus aureus.

Menjaga Gula Darah

Banyak orang tidak percaya bahwa manfaat lada hitam baik untuk pencegahan dan pengobatan diabetes dan tekanan darah tinggi. Satu studi menemukan bahwa lada hitam mencegah enzim yang secara alami mengubah pati menjadi glukosa. Kemampuan ini penting bagi penderita diabetes tipe 2 dan hipertensi karena dapat membantu mengatur kadar gula darah dan menunda pengambilan glukosa.

Mengatasi Kesulitan Menelan

Masalah yang sering dialami lansia adalah kesulitan menelan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aroma minyak lada hitam dapat merangsang refleks tubuh untuk menelan makanan. Untuk pasien setelah stroke ini sangat membantu.

Demikianlah pembahasan tentang Lada Hitam Semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel lainnya