Lada : Kandungan Gizi Lada dan 15 Manfaat Lada untuk Kesehatan

Posted on

Lada – Lada, atau yang sering kita sebut Merica, adalah jenis rempah-rempah yang merupakan komoditas perdagangan dunia. Ini berasal dari lada hitam, yang berasal dari sejenis tanaman kayu anggur yang dapat tumbuh pada ketinggian 10 meter di iklim tropis yang panas dan lembab. Tanaman ini menunjukkan bunga berkerumun putih kecil dari usia 3 hingga 4 tahun.

Lada sangat populer sebagai raja rempah-rempah. Tanaman ini sudah dikenal sejak zaman kuno. Lada berasal dari hutan hujan tropis di India selatan, Kerala, dan sekarang telah menyebar ke seluruh dunia. Lada memiliki rasa pedas yang kuat, yang berasal dari kandungan piperin.

Tanaman-Lada
Tanaman Lada

Kandungan Gizi Lada

Lada mengandung senyawa kimia yang dapat mencegah berbagai jenis penyakit dan menjaga kesehatan. Rempah-rempah ini telah digunakan selama berabad-abad sebagai agen antiinflamasi, karminatif, dan penghambat perut kembung.

  1. Lada mengandung berbagai minyak esensial seperti piperine, alkaloid aminal yang memberikan rasa pedas yang kuat. Lada juga mengandung banyak monoterpen hidrokarbon seperti sabinene, pinene, terpinene, limonene, myrcene, dll, yang memberikan sifat aromatik.
  2. Zat piperin dalam lada meningkatkan penyerapan selenium, vitamin B kompleks, beta-karoten dan nutrisi lain dari makanan.
  3. Lada mengandung mineral seperti kalium, kalsium, zinc, mangan, besi, dan magnesium. Kalium adalah komponen penting yang mendukung kontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan superoksida dismutase. Zat besi sangat penting untuk respirasi sel dan produksi sel darah.
  4. Lada adalah sumber kompleks vitamin B-komplek penting seperti piridoksin, riboflavin, tiamin, dan niasin.
  5. Lada adalah sumber vitamin antioksidan seperti Vitamin C dan Vitamin A. rempah-rempah ini juga kaya akan antioksidan flavonoid polifenol seperti karoten, cryptoxanthin, zea-xanthine dan lycopene. Senyawa ini membantu tubuh melawan radikal bebas berbahaya dan melindunginya dari kanker dan penyakit lainnya.

Kandungan nutrisi yang tinggi membuat manfaat lada untuk kesehatan dan berbagai masalah tubuh sangat tinggi. Selain itu, lada juga digunakan di berbagai industri seperti fashion.

Manfaat Lada

Menurunkan Risiko Kanker

Walaupun bentuknya kecil, ternyata lada dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, termasuk pengobatan kanker. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan Cancer Center menunjukkan bahwa senyawa lada, yang dikenal sebagai pipering, dapat membantu mencegah risiko kanker atau kanker payudara. Ini sangat efektif bila dikombinasikan dengan kunyit, baik dalam bentuk makanan maupun dalam bentuk obat-obatan herbal.

Membantu Menjaga Warna Pakaian

Jika Anda mengetahui bahwa warna pakaian Anda perlahan memudar, terutama jika itu adalah pakaian favorit Anda, secara alami Anda akan merasa kesal. Lada dapat membantu mengatasi hal ini.

Menurut penulis The Naturally Clean Home, Karyn Siegel-Maier, lada adalah bumbu yang dapat membantu menjaga warna cerah dan tidak luntur. Caranya adalah dengan menaburkan +/- 1 lada sendok teh dengan mesin cuci bersama dengan deterjen di awal proses pencucian. Bubuk lada kemudian terbuang dengan air cuci, jadi tidak diperlukan pembersihan tambahan.

Menjaga Kesehatan Kulit

Lada dapat membantu proses penyembuhan gangguan vitiligo, yaitu penyakit kulit di mana kulit kehilangan pigmentasi normal. Menurut para peneliti di London, kandungan piperin dalam lada dapat merangsang produksi pigmen di kulit.

Pengobatan vitiligo dicapai dengan menggabungkan konten piperin dengan terapi sinar UV. Ini jauh lebih baik daripada perawatan dengan bahan kimia lain. Kandungan piperin dalam lada juga dapat mengurangi risiko kanker kulit akibat radiasi ultraviolet yang berlebihan.

Scrub Untuk Kulit

Untuk mendapatkan kulit yang halus dan bercahaya, Anda tidak harus susah dan menghabiskan banyak uang untuk perawatan di salon. Anda cukup menggunakan lada sebagai scrub pada kulit wajah Anda.

Menurut Wendy Allred, salah satu manajer Education At bliss spa, kandungan nutrisi dalam lada merangsang sirkulasi darah dan menyediakan lebih banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kulit Anda. Selain itu, juga dapat membantu sel-sel kulit mati di jaringan tubuh terutama kulit.

Cara Penggunaan:

Caranya adalah dengan menaruh sejumput lada dalam mangkuk dengan secangkir minyak urut yang telah diberikan aroma, dan 6 tetes minyak esensial jeruk. Setelah beberapa saat diaduk, oleskan campuran tersebut sebagai scrub dengan menggosokkannya pada kulit lembab saat mandi.

Membantu Saluran Pernapasan.

Untuk beberapa perawatan tradisional, lada dapat digunakan sebagai tonik tambahan untuk mengobati pilek dan batuk. Lada meredakan sinusitis dan hidung tersumbat. Ini karena lada mengandung ekspektoran yang membantu memecah lendir dan dahak di saluran tenggorokan, sehingga melonggarkan pernapasan.

Menurut seorang profesor di Mt. New York Sinai School of Medicine dan penulis Good Doctor’s Guide to Cold and Flu, Neil Schachter, menyatakan bahwa lada adalah dekongestan alami yang mengandung bahan kimia yang mengiritasi selaput lendir dan dapat menipis, sehingga lendir menjadi lebih encer.

Hal Ini akan membantu membersihkan hidung Anda. Caranya adalah dengan menambahkan sejumput bubuk merica ke semangkuk sup. Ini membuatnya lebih mudah bagi orang dengan pilek atau flu untuk bernapas.

Memperbaiki Sistem Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Usus

Lada dapat merangsang nafsu makan sehingga meningkatkan sekresi asam hidroklorat di lambung. Ini berarti lada dapat meningkatkan sistem pencernaan. Asam klorida dibutuhkan untuk mencerna protein dan komponen makanan lainnya di lambung. Jika produksi asam klorida dalam tubuh tidak memadai dan makanan tidak dapat dicerna dengan baik, maka dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas, perut kembung, gas (kentut), iritasi usus, diare dan sembelit.

Selain itu, lada juga dikenal sebagai karminatif, suatu zat yang dapat berkontribusi pada pencegahan pembentukan gas di usus. Ini juga memiliki efek menguntungkan pada pembentukan asam klorida. Selain itu, lada juga memiliki khasiat untuk mengeluarkan keringat dan sebagai diuretik untuk memperlancar proses buang air kecil.

Lada juga bertindak sebagai antioksidan yang mengesankan dan memiliki efek antibakteri pada tubuh. Jika sistem pencernaan Anda lancar, tubuh dapat menerima berbagai jenis manfaat atau nutrisi yang terkandung dalam makanan yang Anda konsumsi. Ini dapat merangsang pemecahan sel-sel lemak, membuat tubuh ramping dan memicu sistem pembakaran energi dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi makanan pedas adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan secara alami. Lapisan lada luar dapat membantu dalam pemecahan sel-sel lemak. Ketika sel-sel lemak membusuk, mereka mudah diproses oleh tubuh dan kemudian didistribusikan ke bagian lain dari tubuh. Ini akan membuat reaksi enzimatik tubuh lebih sehat.

Sebagai Agen Antibakteri

Sifat antibakteri lada dapat membantu memerangi infeksi dan gigitan serangga. Menambahkan bubuk lada ke makanan menjaga arteri tetap bersih dengan menghilangkan kelebihan kolesterol dari tubuh, yang mengurangi arteriosclerosis, suatu kondisi yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Mencegah Kerusakan Gigi

Lada juga telah digunakan dalam kedokteran gigi sebagai antiseptik untuk perawatan gigi busuk dan gusi yang bengkak.

Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan dalam lada dapat menetralkan senyawa berbahaya dalam tubuh dan melindungi sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit, bahkan sebelum timbulnya penuaan, yang ditandai dengan kerutan, flek hitam penuaan, degenerasi makula, dan kehilangan memori.

Menurunkan kognitif dan Neurologis Kesehatan

Senyawa piperin dalam lada adalah salah satu komponen untuk mengurangi gangguan memori dan kerusakan kognitif. Yakni, dengan menstimulasi jalur kimia di otak. Beberapa studi telah menunjukkan potensi manfaat piperin untuk penyakit Alzheimer dan mereka yang menderita demensia dan kerusakan akibat radikal.

Mengurangi Risiko Sakit Maag

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sifat antioksidan dan antiinflamasi lada juga bermanfaat bagi pasien dengan gangguan mukosa lambung dan tukak lambung.

Mengurangi Depresi

Juga diyakini bahwa kandungan minyak atsiri dalam Lada menangkal kecemasan dan kekhawatiran berlebihan. Ini karena kandungan piperin, yang merupakan bahan kimia utama dalam lada, bertindak sebagai antidepresan yang kuat dalam pengobatan depresi dan diketahui meningkatkan kemampuan kognitif.

Meredakan Rematik

Rematik dapat disebabkan oleh akumulasi zat beracun, cadangan air berlebih, garam dan asam urat yang menyebabkan peradangan, kemerahan, nyeri, rasa sakit, dan iritasi pada persendian. Tingkat minyak esensial dalam lada memiliki kekuatan untuk melepaskan cadangan air berlebih,sisa racun, asam urat dan kelebihan kalsium lainnya melalui urin. Metode perawatannya cukup sederhana: Campurkan 2 tetes minyak lada dengan 2 tetes minyak kemenyan dan 2 ml minyak kelapa. Gunakan bahan-bahan ini dalam terapi pijat untuk bagian yang sakit untuk mengurangi pembengkakan, peradangan, kemerahan, rasa sakit dan iritasi.

Cara Penggunaan:

Pilihan lain adalah menambahkan 2 tetes minyak lada dengan 2 tetes minyak lemon ke dalam air mandi hangat. Anda bisa berendam di air dengan menggabungkannya dengan pijatan lembut. Ini bisa melancarkan buang air kecil, menghilangkan racun berbahaya dan cairan berlebih lainnya.

Menurunkan Demam

Kandungan minyak atsiri dalam lada adalah antiseptik dan diuretik yang dapat digunakan sebagai obat antipiretik untuk menurunkan demam dan menjaga suhu tubuh normal.

Caranya adalah memijat telapak kaki dengan 2 tetes minyak lada dicampur dengan 1 tetes minyak kapulaga dan 2 ml minyak zaitun. Ini juga dapat membantu mempercepat urin dan berkeringat, membuang racun dari tubuh dan mengendalikan pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan demam.

Cara lain adalah dengan meletakkan 1 tetes minyak lada di kain lembab dan oleskan sebagai kompres. Ini membuka pori-pori keringat dan menurunkan suhu tubuh secara perlahan.

Baik Untuk Diet

Ternyata makanan pedas dapat menjadi diet alami. Lapisan lada luar dapat membantu dalam pemecahan sel-sel lemak. Ketika sel-sel lemak membusuk, mereka mudah diproses oleh tubuh dan kemudian didistribusikan ke bagian lain dari tubuh. Ini akan membuat reaksi enzimatik tubuh lebih sehat.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat lada semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya