Daun Karet Kebo : Manfaat dan Efek Samping Daun Karet Kebo

Posted on

Daun Karet Kebo – Sepertinya kita semua sudah mengenal dengan tanaman ini. Yap, daun karet kobo. Meski berasal dari India, pohon yang mempunyai nama ilmiah Ficus elastica ini juga tersebar luas di Indonesia.

Umumnya, daun karet kebo ditanam di halaman yang luas. Namun tidak jarang juga digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan.

Ternyata daun tanaman ini di belakang bentuk daunnya yang unik (mirip Kebo) juga memiliki beragam manfaat! Karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang menggunakannya sebagai obat tradisional.

Daun-Karet-Kebo
Daun Karet Kebo

Manfaat Daun Karet Kebo

Mengobati Stroke

Stroke adalah penyakit yang menyebabkan kematian. Stroke umumnya dimulai dengan gaya hidup yang buruk, seperti makan makanan berlemak, sehingga kolesterol menumpuk dan menghambat sirkulasi di otak. Tentu saja, jika penyakit ini menyerang kita, kondisinya harus segera diatasi, karena stroke dapat melumpuhkan seseorang.

Daun karet kebo memiliki manfaat yang sangat ajaib dalam menangani stroke. Kandungan zat alami dapat membantu memperlancar sirkulasi darah. Untuk proses pembuatan ramuan dengan cara dimasak. Kemudian konsumsilah air matang 1 hingga 2 kali sehari. Oiya, saat memasak daun karet kebo kamu harus membuang bagian yang bergetah. Misalnya di bagian tepi dan di pangkal daun.

Melancarkan Peredaran Darah

Seperti dijelaskan di bagian pertama, daun Kebo Karet mengandung bahan aktif yang meningkatkan sirkulasi darah. Jadi, jika Anda memiliki kolesterol tinggi Anda harus mencoba mengambil daun ini. Dengan cara ini, penumpukan plak (lemak dan kolesterol) di pembuluh dapat dikurangi dan darah dapat mengalir dengan lancar. dengan demikain kamu dapat menghindari penyakit jantung.

Mengatasi Terlambat Datang Bulan

Kurangnya asupan makanan, kelelahan yang berlebihan dan kondisi hormonal yang tidak stabil dapat menunda siklus menstruasi. Nah, jika Anda sering mengalami menstruasi yang tertunda, lebih baik mencoba air rebusan dari daun Karet Kebo. Masyarakat percaya bahwa senyawa yang terkandung dalam daun karet kebo dapat meningkatkan siklus menstruasi wanita.

Mengatasi Keputihan

Keputihan telah menjadi masalah yang mempengaruhi hampir setiap wanita. Tentu saja Anda tidak boleh meremehkan kondisi ini. Keputihan yang berlebihan dari vagina tidak hanya menyebabkan bau tidak sedap tetapi juga bisa menjadi tanda penyakit serius. Karena itu, cari cara untuk mengatasi keputihan. Salah satu hal yang dapat Anda coba adalah menggunakan daun karet kebo. Dipercayai bahwa daun karet kebo ini mengurangi keputihan, membuat area wanita lebih sehat.

Mengatasi Gatal dan Bisul di Kulit

Bisul dan berbagai penyakit kulit lain yang menyebabkan gatal juga bisa disembuhkan dengan daun karet kebo. Daun ini mengandung zat yang berperan penting dalam mengatasi pembengkakan dan kemerahan pada kulit. Caranya dengan mengoleskan daun karet kebo yang ditumbuk halus pada kulit. Terapkan cara ini hingga bisul kempes dan warna kemerahan memudar.

Mengatasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi sering membuat Anda pusing, sering pingsan. Jika kondisi ini menyerang Anda, Anda harus segera mendapatkan perhatian medis dan mencoba mengatasinya dengan cara tradisional, misalnya dengan menggunakan daun Karet Kebo. Daun ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah menstabilkan tekanan darah. Anda bisa makan rebusan daun Karet Kebo jika Anda merasa pusing. Namun, hubungi dokter Anda terlebih dahulu.

Mengatasi Nyeri

Tahukah Anda bahwa Daun karet kebo ini juga mengandung obat penghilang rasa sakit? Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa daun ini sering digunakan oleh masyarakat sebagai bahan alami untuk menghilangkan rasa sakit akibat cedera atau peradangan. Jika rasa sakit ada di kulit, cukup oleskan tumbukan daun. Namun, jika Anda mengalami rasa sakit di gigi, Anda bisa menggunakan rebusan daun karet kebo sebagai obat kumur.

Mengatasi Pembengkakan

Daun Karet kebo tidak hanya menghilangkan rasa sakit tetapi juga bisa mengobati pembengkakan di tubuh. Daun ini mengandung zat antiinflamasi yang dapat mempercepat pemulihan peradangan kulit. Untuk Caranya, yang harus Anda lakukan adalah mengoleskan Bubuk Daun Kebo Karet ke bagian yang sakit. Lakukan secara rutin sampai kondisi Anda pulih dengan baik.

Mengatasi Maag

Kegunaan lain dari tanaman Kebo Karet adalah obat sakit maag tradisional. Secara umum, akar Karet Kebo adalah bagian tanaman yang digunakan untuk meredakan gejala sakit maag. Namun, sebagian orang meyakini bahwa daunnya juga bisa mengatasi rasa tidak nyaman perut. Jika Anda ingin mencoba pengobatan dengan daun karet kebo, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Menjaga Kesehatan Lambung

Dipercayai bahwa daun kebo-karet menjaga kesehatan lambung dan usus. Dengan menggunakan daun ini sebagai Ramua alami, proses pencernaan bisa berjalan lebih optimal. Meskipun demikian, saya sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memakainya, karena tidak ada studi ilmiah yang menjelaskan manfaat daun karet kebo ini untuk lambung.

Efek Samping Daun Karet Kebo

Penyakit jantung dan hati

Berdasarkan hasil tes penelitian Michigan Journal of Medicine (MJM) pada 2012, ada gejala efek samping yang disebabkan oleh konsumsi berlebihan daun karet kebo dan ketergantungan. Efek samping yang ditimbulkan yakni masalah jantung dan hati adalah karena terlalu sering menggunakan daun karet kebo, yang dapat menyebabkan penyakit jantung yang sangat berbahaya.

Pikun atau Hilang Ingatan

Selain dapat menyebabkan penyakit jantung dan hati, konsumsi daun karet kebo dapat menyebabkan efek samping yang dapat menyebabkan penyakit pikut atau hilang ingatan, terutama pada orang tua. Ini berdasarkan penelitian oleh ahli kesehatan dari Texas A & M College of Medicine. David P. Huston M.D.

Penyakit Empedu

Meskipun daun karet kebo memiliki banyak sifat kimia yang efektif sebagai obat herbal untuk pengobatan berbagai penyakit, namun dalam hal mengkonsumsi daun karet kebo juga harus dalam porsi yang wajar agar tidak menimbulkan afek samping yang justru dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Menurut pakar kesehatan Dr.Christiani Jeyakumar Ph, d, MD Sebagai contoh, batas konsumsi maksimum untuk daun karet kebo adalah antara 800 dan 100 g per hari, karena dikhawatirkan bahwa melebihi dosis akan mengakibatkan masalah kesehatan seperti kerusakan pada sistem produktivitas hati dan saluran empedu.

Osteoporosis atau Tulang Keropos dan Diare

Dalam daun karet kebo ada kandungan betaine dan asam pantotenat yang tinggi. Jadi, jika seseorang mengkonsumsi daun karet kebo yang tidak memenuhi anjuran, itu dapat menyebabkan osteoporosis atau tulang rapuh dan diare. Menurut hasil dari International Journal of Food Science and Nutrition 2013, hal ini disebabkan oleh fakta bahwa konsumsi berlebihan dapat merusak jaringan sel-sel tulang, yang menyebabkan keropos tulang.

Stroke dan Vertigo

Menurut pakar nutrisi dari New York Prof Dr, Barbara Burlingame Ph.D., MD, banyak kasus dari penelitiannya menyebutkan bahwa konsumsi berlebihan daun akret kebo dapat menyebabkan pendarahan di otak, yang dapat menyebabkan stroke dan membuat kepala terasa berat dan pusing.

Selain stroke, konsumsi berlebihan daun karet kebo dapat menyebabkan vertigo, karena dapat merangsang reaksi sel darah merah di organ otak.

Demikianlah pembahasan tentang daun karet kebo semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya