14 Jenis Tanaman Sayuran Yang Cepat Tumbuh

Posted on

Tanaman Sayuran Yang Cepat Tumbuh – Pertanian adalah peluang usaha yang dapat menjanjikan, pada bidang pertanian bisa mendapatkan untung yang besar dan tidak kalah dengan bidang usaha yang lainnya, namun jika ingin mendapatkan untung yang besar maka tanamlah tanaman yang dapat dengan cepat dipanen.

Untuk petani pemula ini merupakan inspirasi untuk mendapatkan untung yang besar, namun selain memilih tanaman sayuran yang cepat panen, sebaiknya anda tahu sedikit tentang tanaman yang akan dibudidayakan sehingga mendapat panen yang maksimal.

Dalam memmbudidayakan tanaman sayuran yang cepat dipanen, anda harus memilih bibit yang unggul, Penanaman, pemeliharaan, dan sampai saat masa panen, apabila dalam membudidayakan tanaman sayuran tersebut sudah tepat, maka hasilnya pun dapat memuaskan.

Berikut Tanaman Sayuran Yang Cepat Tumbuh

Dengan membudidayakan tanaman yang cepat umbuh, maka akan cepat pula dalam panen dan mendapatkan untung yang besar, inilah tanaman sayuran yang cepat tumbuh.

Sayuran Kecambah

Sayuran-Kecambah
Sayuran Kecambah

Tanaman sayuran kecambah merupakan tanaman yang cepat tumbuh selain itu tanaman sayuran ini juga mudah dalam penanaman dan perawatannya.

Tanaman kecambah cukup direndam kedalam air selama sehari kemudian letakkan pada wadah dan tempat yang lembab dan tidak bercahaya, tanaman sayuran kecambah cukup seminggu sudah dapat dipanen.

Sayuran Sawi Hijau

Sayuran-Sawi-Hijau
Sayuran Sawi Hijau

Tanaman sayuran yang satu ini merupakan tanaman yang cepat tumbuh dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari, pemberian sinar matahari cukup 3 – 4 jam saja dalam sehari.

Sayuran sawi juga sangat menyukai tempat lembab dan media tanam yang memiliki unsur hara yang banyak sehingga sayuran sawi dapat tumbuh secara optimal.

Sayuran Bayam

Sayuran-Bayam
Sayuran Bayam

Tanaman sayuran bayam merupakan tanaman yang kaya akan zat besi, bayam juga merupakan tanaman sayuran yang mudah tumbuh, hanya membutuhkan waktu 2-3 untuk tumbuh dari masa tanam.

Sayuran bayam sangat baik dibudidayakan didataran tinggi namun dapat juga tumbuh didataran rendah, bayam sudah dapat dipanen pada umur 20 hari sejak masa tanam.

Sayuran Daun Bawang

Sayuran-Daun-Bawang
Sayuran Daun Bawang

Tanaman sayuran bawang merupakan sayuran yang dibudidayakan dengan menggunakan batang dan juga umbinya kemudian batang dan umbinya ditanam.

Setelah ditanam maka sayuran daun bawang hanya membutuhkan waktu 3 hari saja untuk dapat membutuhkan tunas baru nya, kemudian sayuran daun bawang sudah siap dipanen ketika berumur 2 – 3 minggu setelah masa tanam.

Sayuran Selada

Sayuran-Selada
Sayuran Selada

Tanaman sayuran selada merupakan sayuran yang banyak disukai masyarakat indonesia untuk dijadikan lalapan karena memiliki tekstur yang renyah dan segar.

Sayuran selada termasuk tanaman sayuran yang mudah tumbuh dan mudah juga dalam pembudidayaannya baik melalui metode konvensional maupun metode hidroponik.

Sayuran Bit

Sayuran-Bit
Sayuran Bit

Bagi masyarakat indonesia tanaman sayuran bit merupakan sayuran yang masih asing dan jarang ditemukan, karena memang tanaman sayuran ini jarang ada dipasaran.

Sayuran bit memang merupakan sayuran yang memiliki harga yang lumayan mahal dan hanya kalangan tertentu saja yang mengkonsumsi sayuran bit, sayuran bit merupakan sayuran berumbi berwarna ungu yang mudah tumbuh dan cepat dipanen.

Sayuran Bawang Merah Dan Putih

Sayuran-Bawang-Merah-Dan-Putih
Sayuran Bawang Merah Dan Putih

Bawang merah dan putih merupakan tanaman yang sangat menguntungkan untuk dibudidayakan karena hampir semua masakan yang ada diindonesia menggunakan bahan dasar dari tanaman ini.

Bawang merah dan putih merupakan tanaman yang cepat tumbuh dan mudah dalam perawatannya serta dapat cepat dipanen.

Sayuran Arugula

Sayuran-Arugula
Sayuran Arugula

Tanaman sayuran arugula juga biasa disebut dengan daun roket karena bentuk nya mirip dengan roket, sayuran aragula merupakan jenis sayuran sehat, sehingga banyak diminati oleh para pecinta makanan sehat.

Sayuran aragula merupakan sayuran yang mudah tumbuh dan dapat cepat dipanen, hanya membuhtuhkan waktu 3 minggu saja sayuran aragula sudah dapat dipanen, sayuran aragula juga dapat terus bersemi sehingga dapat terus dipanen.

Sayuran Lobak

Sayuran-Lobak
Sayuran Lobak

Tanaman sayuran lobak merupakan jenis sayuran yang memiliki sistem perakaran yang dangkal sehingga mudah tumbuh pada media tanam seperti pot.

Tanaman sayuran lobak dapat tumbuh dengan cepat, dalam masa panennya, sayuran lobak hanya membutuhkan waktu 1 – 2 bulan tergantung varietas nya.

Sayuran Okra

Sayuran-Okra
Sayuran Okra

Tanaman sayuran okra merupakan jenis sayuran yang masih asing untuk masyarakat indonesia tetapi negara seperti filipina dan jepang sudah banyak menjadikan sayuran ini sebagai hidangan makanan.

Tanaman sayuran okra ini merupakan sayuran yang kaya akan serat dan glutation, sayuran ini juga cepat tumbuh dan dapat dipanen ketika sayuran berumur 50 hari sejak masa tanam.

Sayuran Kacang Polong

Sayuran-Kacang-Polong
Sayuran Kacang Polong

Tanaman sayuran kacang polong merupakan yang banyak dimanfaatkan kacang nya, kacang yang masih muda dimanfaatkan sebagai masakan sayur, dan buah nya yang sudah tua banyak diolah menjadi camilan yang enak.

Sayuran kacang polong dapat tumbuh secara optimal pada daerah dataran tinggi dan sayuran kacang polong dapat dipanen ketika tanaman berusia 2 minggu sejak masa tanam.

Sayuran Mustard

Sayuran-Mustard
Sayuran Mustard

Tanaman sayuran mustard merupakan sayuran lembut yang dapat tumbuh dengan cepat pada daerah yang hangat, dan cepat juga dalam pemanenan nya.

Sayuran mustard dapat diolah menjadi masakan yang lezat seperti cara pengolahan sayuran bayam.

Sayuran Fenugreek

Sayuran-Fenugreek
Sayuran Fenugreek

Sayuran fenugreek merupakan jenis sayuran yang masih asing diindonesia dan jarang ditemukan dipasaran, tetapi sayuran ini banyak dikenal diindia.

Sayuran ini sangat baik tumbuh di daerah cuaca panas, cara penanaman sama dengan sayuran bayam yaitu dengan cara menaburkan benih.

Sayuran Kale

Sayuran-Kale
Sayuran Kale

Tanaman sayuran kale merupakan jenis sayuran yang jarang ada diindonesia, namun sayuran ini sudah mulai banyak dibudidayakan karena banyak mengandung gizi dan vitamin.

Sayuran kale juga banyak mengandung zat besi seperti sayuran bayam, sayuran kale juga cepat dalam pertumbuhannya pada media tanam yang lembab.

Demikianlah pembahasan tentang sayuran yang cepat tumbuh dan cepat dipanen sehingga sangat bermanfaat dan menguntungkan, terima kasih.