12 Manfaat Daun Kari dan Kandungan Daun Kari

Posted on

Daun Kari – Meskipun daun kari kurang populer di sebagian besar wilayah Indonesia, namun daun kari sebenarnya sering digunakan sebagai bumbu masakan di wilayah Sumatera.

Daun kari adalah tanaman yang daunnya sering digunakan sebagai bumbu dapur, yaitu sebagai penyedap rasa makanan. Selain itu, daun kari sebenarnya dapat menawarkan segudang manfaat kesehatan yang luar biasa.

Daun-Kari
Daun Kari

Daun kari sendiri mengandung banyak vitamin dan mineral alami seperti vitamin A, B, C, E, asam amino, magnesium dan asam folat. Hal ini menjadikan rempah-rempah ini tinggi akan manfaat kesehatan.

Kandungan Daun Kari

Ekstrak dari daun kari mengandung berbagai bahan seperti air, protein, lemak, karbohidrat, serat, mineral (kalsium, fosfor dan zat besi), vitamin (karoten, asam nikotinat dan vitamin C). Daun kari juga mengandung minyak atsari dan alkaloid.

Manfaat Daun Kari

Mencegah Anemia

Manfaat pertama daun kari adalah untuk Pencegahan Anemia. hal ini karena daun kari kaya akan zat besi dan asam folat. Untuk diketahui bahwa kedua zat itu mencegah anemia atau kekurangan darah.

Melancarkan Pencernaan

Khasiat daun kari telah lama dikenal untuk memperlancar pencernaan. Daun kari dapat membantu dengan asupan lemak yang tepat, sehingga daun kari ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan pada orang yang menderita obesitas.

Meredakan Diare

Daun kari, yang disebut curry leaves dalam bahasa Inggris, memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai obat yang baik untuk diare. Hal ini karena daun hijau memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun kari dalam bentuk bubuk untuk pengobatan masalah diare.

Menjaga Kesehatan Hati

Banyak faktor dari gaya hidup tidak sehat yang dapat menyebabkan kerusakan hati, misalnya, minum minuman beralkohol. Dalam hal ini, daun kari dapat membantu mencegah kerusakan hati. Hal ini karena daun kari mengandung sejumlah senyawa seperti kaempferol flavonoid, vitamin A dan vitamin C, yang dapat membantu merangsang hati agar berfungsi dengan baik.

Menjaga Kesehatan Rambut

Banyak pria dan wanita yang menderita berbagai masalah rambut seperti ketombe, penipisan, rambut beruban dan kerusakan rambut lainnya. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun kari. Selain dikonsumsi, Anda juga bisa mengoleskan permukaan kulit kepala untuk memperkuat batang rambut, menambah volume dan juga mengobati kerusakan rambut lainnya.

Menjaga Kadar Gula Darah

Daun kari mengandung bahan-bahan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah, bahkan setelah konsumsi teratur untuk mempertahankan kadar gula darah normal. Karena itu, daun kari dapat menjadi pengobatan alternatif bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

Menurunkan Kolesterol

Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa daun kari mengandung antioksidan yang dapat membantu dalam jumlah besar untuk mencegah pembentukan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Selain itu, khasiat daun kari juga dapat meningkatkan pembentukan kolesterol baik (HDL), yang dapat berkontribusi pada pemeliharaan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meminimalkan Efek Samping Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan untuk kanker. Namun, prosedur perawatan ini sering menyebabkan berbagai efek samping. Dalam hal ini, daun kari dapat memerangi efek samping ini dengan melindungi kromosom dan sumsum tulang belakang dan mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak tubuh.

Mengobati Leukemia

Daun kari kaya akan alkaloid karbazol. Diketahui bahwa zat alami ini memperlambat pertumbuhan sel leukemia atau kanker darah.

Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Jumlah racun dalam tubuh yang kemudian membebani kerja ginjal dapat merusak ginjal Anda. Sementara minum jus dari daun kari bermanfaat untuk menyembuhkannya.

Mencegah Diabetes

Mengkonsumsi daun kari dapat menjaga kolesterol dan gula darah tetap normal. Hal ini secara signifikan dapat mencegah diabetes.

Anti Inflamasi

Karena daun kari kaya akan zat anti-inflamasi, daun kari dapat menyembuhkan penyakit dalam tubuh seperti wasir, menurunkan suhu tubuh dan mencegah tumor.

Demikianlah pembahasan tentang daun kari semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: