Daun Karuk : Manfaat dan Kandungan Kimia Daun Karuk

Posted on

Daun Karuk : Manfaat dan Kandungan Kimia Daun Karuk – Karuk atau yang biasa disebut daun sirih tanah adalah tanaman liar, yang tumbuh di beberapa wilayah Indonesia.

Tanaman Karuk memiliki nama yang berbeda, Jawa menyebutnya Cabean, Sumatera menyebutnya Betel Dudu atau Karok, sementara orang-orang di Maluku menyebut tanaman ini Amelaunune.

Dalam dunia kedokteran, Karuk dikenal sangat efektif dalam mengatasi berbagai penyakit, termasuk asma, batuk, nyeri gigi, sulit buang air kecil, dahak, sakit tulang dan sakit perut.

Daun-Karuk
Daun Karuk

Kandungan Kimia Daun Karuk

Tanaman herbal ini kaya akan kandungan kimia seperti saponin dan polifenol, flavonoid dan minyak esensial.

Kandungan lain yang termasuk dalam daun karuk adalah kalsium, kalium, magnesium, karoten, niasin, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Manfaat Daun Karuk

Manfaat Daun karuk Untuk Asma

Sebagai obat asma alami, daun karuk digunakan sebagai bagian dari pengobatan herbal. Penggunaan daun karuk sebagai bahan obat herbal asma memiliki kemampuan untuk melarutkan lendir / dahak di saluran udara dan mengeluarkannya dari tubuh.

Dengan berkurangnya lendir di saluran udara, tentu saja, aliran udara yang masuk ke tubuh menjadi lebih tenang dan pernapasan menjadi lega. Sifat pedas dari daun karuk dapat menghasilkan efek hangat untuk menciptakan rasa nyaman di rongga dada dan di saluran udara Anda.

Lalu bagaimana cara mengolah daun karuk untuk asma?

Untuk membuat obat herbal asma dari daun karuk, caranya cukup sederhana:

  1. Ambil 6 lembar daun karuk yang masih segar
  2. Kemudian Cuci Bersih
  3. Tumbuk daun karuk sampai halus
  4. Rebuslah dengan 3 gelas air dan masak selama 30 menit
  5. Angkat air mendidih dan ketika dingin, saring dan ambil airnya
  6. Minumlah ramuan tradisional ini dua kali sehari di pagi dan sore hari

Daun Karuk Untuk Infeksi Saluran Pernafasan

Infeksi pernapasan akut, sering disebut ISPA, adalah infeksi yang mengganggu proses pernapasan seseorang. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea, dan paru-paru. ISPA ini menyebabkan gangguan fungsi pernapasan. Jika tidak diobati, infeksi ini menyebar ke seluruh sistem pernapasan, menyebabkan tubuh kehilangan cukup oksigen dan dan berujung sampai kematian.

Penyakit pernapasan, yaitu infeksi yang menyerang saluran pernapasan manusia. Infeksi pernapasan ini juga dapat disebabkan oleh bakteri dan virus. Infeksi pernapasan ini adalah salah satu penyebab paling umum mengunjungi dokter, walaupun infeksi pernapasan ini dapat terjadi kapan saja, tetapi paling sering terjadi pada musim hujan. Infeksi pernapasan ini dibagi menjadi dua area, saluran pernapasan atas dan bawah.

Saluran pernapasan atas ini termasuk saluran hidung dan nasal, sinus paranasal, faring, dan laring di atas pita suara. Dan saluran pernapasan bagian bawah atau saluran pernapasan bagian bawah meliputi laring di bawah pita suara, trakea, bronkus, dan bronkus. Paru-paru juga dapat diklasifikasikan sebagai bagian terpisah di saluran pernapasan bagian bawah dan termasuk bronkiolus, pembuluh alveolar, kantung alveolar, dan alveoli.

Daun karuk adalah tanaman yang terkenal di semua kalangan. Tumbuhan ini tergolong jenis tanaman liar yang telah tumbuh di beberapa daerah di Indonesia. Karena di daun Karuk ini terdapat zat di akar, batang, daun dan buah. Karena daun karuk ini adalah sejenis tanaman yang diperkaya dengan polifenol dan saponin, dan daun karuk dan buahnya juga mengandung flavonoid dan minyak atsiri tingkat tinggi.

Selain itu daun karuk tersebut mengandung bahan kimia yang memiliki efek farmakologis yang sangat baik bagi tubuh kita. Daun karuk juga dapat digunakan sebagai bahan tradisional untuk infeksi pernapasan yang fungsinya untuk melarutkan lendir atau dahak di saluran udara, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh. Dengan berkurangnya lendir dari saluran udara, ternyata aliran udara di dalam tubuh merata, membuat pernapasan menjadi lebih mudah.

Berikut ini penjelasan cara memproses daun karuk:

  1. Pertama ambil 3-5 lembar daun karuk segar
  2. Lalu cuci daunnya terlebih dahulu, sampai daun karuk benar-benar bersih
  3. Kemudian haluskan daun karuk dengan menghancurkannya
  4. Setelah daun karuk dihaluskan dan ditumbuk lalu diseduh dengan setengah gelas air panas
  5. Kemudian tambahkan gula atau madu untuk membuat air rebusan daun karuk terasa lebih enak
  6. Dan Anda sudah bisa minum ramuan daun karuk ini

Demikianlah penjelasan tentang daun karuk semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: