Daun Mint : 15 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Posted on

Daun Mint – Dibalik sensasi rasa dingin dan menyegarkan membawa banyak manfaat bagi kesehatan daun mint, mulai dari menjaga kesehatan gigi dan meredakan kram menstruasi hingga meningkatkan fungsi otak.

Meskipun berukuran kecil, daun mint memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Daun herbal ini dikenal sebagai salah satu sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, daun mint juga sangat kaya akan antioksidan yang berperan dalam memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Daun-Mint
Daun Mint

Manfaat Daun Mint

Melancarkan Proses Pencernaan

Daun mint dapat digunakan sebagai salah satu herbal yang dapat membantu proses pencernaan. Daun mint membantu mengaktifkan kelenjar ludah dan enzim di saluran pencernaan untuk membuat proses pencernaan lebih lancar.

Jika Anda memiliki masalah pencernaan, ambil daun mint segar dan rebus dalam segelas air. Minumlah secara teratur setiap hari agar pencernaan lebih lancar.

Menjaga Kesehatan Gigi

Satu studi menemukan bahwa pasta gigi atau obat kumur dengan daun mint dapat memiliki efek mulut dan pernapasan segar.

Selain itu, daun mint pada pasta gigi dan obat kumur juga berguna untuk membunuh bakteri yang menempel pada gigi, gusi, dan dinding mulut.

Meningkatkan Nafsu Makan

Banyak yang mengaku lebih kecanduan jika makanan tersebut mengandung mint. Aroma mint sangat menenangkan dan memberikan efek yang menyenangkan bagi para pecintanya.

Jadi salah satu tujuan memberi daun ini pada bahan masakan, untuk menambah nafsu makan, adalah lebih tinggi.

Meredakan Nyeri Otot

Tidak hanya untuk sistem pencernaan, manfaat daun mint dapat digunakan minyak pijat .

Daun mint dapat meredakan nyeri otot. Untuk menghindari iritasi kulit, pastikan Anda terlebih dahulu mengencerkan mint.

Meningkatkan Sistem Imun

Selain dikonsumsi dengan baik, daun mint juga dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ternyata daun mint mengandung vitamin C, yang cukup tinggi yaitu 31,8 mg dalam 100 gram daun mint.

Meringankan Nyeri Haid

Konsumsi minuman teh dengan campuran daun mint dipercaya meredakan kram menstruasi.

Dalam sebuah penelitian, bahkan disebutkan bahwa ekstrak daun mint memiliki efek yang mirip dengan obat nyeri haid.

Aromaterapi

Secara medis, manfaat mint sebagai aromaterapi baik. Biasanya digunakan untuk pasien yang membutuhkan perasaan relaksasi yang tenang dan khusus.

Mengobati Hidung Tersumbat

Daun mint adalah salah satu bahan yang biasa digunakan dalam pengobatan flu. Aroma mentol dapat membuka saluran pernapasan karena mengandung sifat anti-inflamasi. Selain itu, sifat antibakteri juga dapat membantu menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh serangan bakteri.

Selain itu, penderita asma terus mendapatkan manfaat dari daun mint karena dapat melonggarkan saluran udara. Saat digunakan, daun mint dapat dioleskan atau diambil sebagai teh.

Menurunkan Berat Badan

Daun mint dikenal sebagai salah satu tanaman yang rendah kalori tetapi tinggi serat. Selain itu, daun mint dapat merangsang enzim pencernaan, yang membantu menyerap nutrisi dan membakar lemak dengan lebih baik.

Lemak diubah langsung menjadi energi dalam tubuh. Untuk menurunkan berat badan secara optimal, tambahkan daun mint setiap hari ke makanan atau minuman.

Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala karena tegang biasanya terjadi saat Anda merasa stres atau cemas berlebihan. Satu studi menemukan bahwa minyak daun mint yang dioleskan ke dahi dan pelipis dapat meredakan sakit kepala.

Demikian juga sakit kepala akibat konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan. Keluhan ini dapat diatasi dengan mengoleskan minyak mint di sekitar pelipis.

Mengatasi Demam Tubuh

Salah satu efek daun mint adalah memberi tubuh perasaan dingin yang menyegarkan. Meskipun berada di bawah terik matahari, efek mint berbeda.

Bahkan mereka yang mengalami demam atau kenaikan suhu biasanya menggunakan mint untuk meredakan panas.

Mengatasi Heartburn

Heartburn adalah sensasi terbakar di dada. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memanfaatkan daun mint. Daun mint dapat meringankan heartburn melalui sifat anti-spasmodik – meningkatkan aliran cairan pencernaan melalui sistem pencernaan.

Namun, Anda juga harus berhati-hati, karena daun mint dalam dosis besar dapat memperburuk gejala heartburn. Jangan minum lebih dari tiga atau empat cangkir teh mint per hari.

Menurunkan Resiko Kanker

Daun mint kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mendeteksi serangan virus berbahaya dengan lebih baik.

Selain itu, vitamin C dan antioksidan membantu menangkal radikal bebas, yang merupakan penyebab utama kanker manusia.

Menambahkan daun mint secara teratur ke dalam makanan dan minuman dapat mengurangi risiko kanker.

Meningkatkan Fungsi Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghirup aroma minyak daun mint dapat meningkatkan fungsi otak, terutama ketika mengingat. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk hal ini.

Melawan Radikal Bebas

Bagi Anda yang hidupnya berada di bawah terik matahari dan yang lebih terpapar radikal bebas. Hal ini meningkatkan kecenderungan munculnya beberapa penyakit baru.

Salah satu cara untuk menangkalnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. daun Mint adalah contohnya.

Demikianlah pembahasan tentang daun mint semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: