11 Manfaat Daun Landep dan Kandungan Kimia Daun Landep

Posted on

Daun Landep – Beberapa dari Anda mungkin tidak tahu daun landep. Daun landep adalah salah satu tanaman obat yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Daun landep dapat tumbuh subur di daerah beriklim kering. Meskipun daun landep adalah tanaman liar, Anda dapat menggunakannya sebagai obat herbal. Bagian dari kandungan kimia yang terkandung dalam daun landep sangat berguna untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Daun-Landep

Kandungan Kimia Daun Landep

Kandungan kimia yang terkandung dalam daun Landep meliputi saponin, flavonoid, tanin, garam kalium, silikat dan polifenol. Daun landep juga memiliki efek farmakologis, yaitu rasa pahit, bau yang agak samar dan antipiretik yang bekerja melawan demam.

Manfaat Daun Landep

Mengatasi Busung Lapar

Busung lapar atau biasa disebut edema Honger dapat terjadi bersamaan dengan salah satu gejala Marasmus dan Kwashiorkor, yang merupakan fenomena penyakit busung lapar bahkan di Indonesia. Busung lapar ini dapat terjadi karena tubuh kekurangan protein akut dan biasanya ditemukan pada anak-anak karena kekurangan gizi. Daun landep dapat digunakan secara alami untuk mengatasi busung lapar, yang tentunya jauh lebih murah daripada obat-obatan lainnya.

Mengobati Luka Luar

Daun Landep juga dapat digunakan untuk mengobati dan mempercepat proses penyembuhan luka luar, misalnya Saat terkena benda tajam, panas, lecet dan cedera akibat jatuh. Untuk caranya cukup mudah, Haluskan beberapa daun Landep, lalu campur dengan kapur sirih secukupnya dan tempelkan langsung ke luka sampai sembuh.

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Kemanjuran selanjutnya dari daun Landep dapat digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti kurap, panu dan kudis, yang tidak hanya mempengaruhi kesehatan tetapi juga mempengaruhi kepercayaan diri. Cara menggunakan daun landep untuk menyembuhkan penyakit kulit juga sangat sederhana, yaitu dengan menghaluskan daun Landep, kemudian menambahkan sari perasan jeruk nipis dan kemudian mengoleskannya secara teratur ke kulit yang terkena hingga penyembuhan.

Menyembuhkan Sakit Gigi

Sakit gigi dan beberapa gejala sakit gigi seperti sakit kepala, juga bisa diatasi dengan daun Landep dengan mengunyah daun Landep yang telah dicuci bersih. Setelah mengunyah, segera buang daun landep tersebut dan jangan menelannya. Lakukan hal tersebut beberapa kali sampai sakit gigi sembuh.

Menyembuhkan Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah reaksi rasa sakit yang terjadi pada orang yang terlalu aktif atau sudah berumur lanjut tua. Rasa sakit umumnya terjadi di tulang belakang pada lumbar, yang berada di antara jaringan otot dan sumsum tulang belakang dan dapat menyebabkan rasa sakit. Menggunakan daun ini adalah salah satu solusi yang tepat untuk menghilangkan sakit punggung sambil mempercepat penyembuhan. Cara melakukan pengolahan ini, bisa Anda dilihat sebagai berikut.

  1. Siapkan 1 genggam daun landep kemudian cuci hingga bersih.
  2. Haluskan daun landep kemudian tambahkan dengan air kapur sirih secukupnya dan aduk hingga rata serta mengental.
  3. Aplikasikan pada area tubuh yang sakit secara teratur.

Mengatasi Sakit Perut

Mulas, sakit perut, atau refluks gastroesofagus, adalah rasa sakit dan nyeri yang terjadi di perut, dengan gejala yang sering seperti perut membesar, sehingga mengurangi ruang kosong di perut. Daun landep dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit perut dengan menyeduh 1 genggam daun landep dengan 1 gelas air mendidih. Kemudian dinginkan dan saring sekali sehari.

Menyembuhkan Demam

Demam adalah suhu tubuh yang melebihi dari 37 derajat Celcius, yang sebenarnya terjadi karena tubuh sedang berusaha membasmi virus atau bakteri dengan menaikkan suhu tubuh. Daun landep tidak hanya berguna untuk menurunkan demam, tetapi juga untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga demam bisa diturunkan lebih cepat.

Mengatasi Cacingan

Cacingan adalah infeksi parasit yang terjadi karena salah satu dari beberapa jenis cacing menyerang tubuh manusia dengan beberapa gejala. Cacing usus ini juga bisa disembuhkan dengan daun landep. dengan minum rebusan daun landep yang dilakukan setidaknya sebulan sekali.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan flavonoid dalam daun Landep juga dapat digunakan untuk meningkatkan pembentukan tulang sambil menghambat resorpsi tulang sehingga sel-sel tulang, yaitu osteoblas dan diferensiasi osteoklas, dapat menjadi lebih sehat. Karena alasan ini, daun landep dapat dikonsumsi, yaitu air rebusannya, untuk menghindari masalah tulang seperti osteoporosis.

Menurunkan Berat Badan

Rebusan dari daun landep juga dikatakan sangat efektif dalam mengurangi berat badan, terutama pada orang dewasa yang lebih tua, karena daun herbal ini mengandung flavonoid.

Menurunkan Risiko Penyakit Vaskular

Khasiat dari daun landep lainnya adalah dapat mengatasi berbagai penyakit jantung, terutama risiko penyakit Vaskular dapat dicegah hanya dengan minum air rebusan daun landep secara teratur. Hal Ini karena daun landep mengandung kadar flavonoid yang cukup tinggi.

Mengobati Pegal Linu

Untuk mengatasi pegal linu, khasiat daun landep bisa diperoleh dengan cara merebus daunnya, kemudian air rebusannya diminum secara rutin selama 7 hari dengan dosis 1 gelas sekali minum. Namun jika dirasa belum memberikan efek apapun dalam jangka waktu 7 hari, kemungkinan kurang cocok dengan khasiatnya. Maka jangan dilanjutkan, silahkan pakai daun herbal yang lainnya saja.Sebab harusnya dalam seminggu sudah akan kelihatan efeknya.

Demikianlah pembahasan tentang daun landep semoga dapat bermanfaat untuk anda

Coba Juga Artikel Lainnya

Related posts: