19 Manfaat Lada Putih untuk Kesehatan

Posted on

Lada Putih – Lada adalah salah satu bumbu yang mudah ditemukan di Indonesia. Lada juga merupakan salah satu citarasa di berbagai makanan ringan di Indonesia dan negara-negara Asia lainnya.

Ada dua jenis lada yang umum, yaitu lada putih dan lada hitam. Keduanya berasal dari pohon yang sama, tetapi dengan pemrosesan yang berbeda. Lada hitam adalah buah lada hijau mentah. Buah tersebut kemudian diproses dan dikeringkan untuk membuatnya hitam keriput dan layu.

Lada-Putih
Lada Putih

Sebaliknya, lada putih adalah buah matang yang berasal dari lada merah tua. Buah tersebut direndam dalam air selama hampir 15 hari sampai kulit mulai rontok. Setelah kulit jatuh, biji putih dikeringkan dalam buah lada dan diproses sebagai lada putih utuh atau giling.

Manfaat Lada Putih

Mengurangi Radang Sendi

Lada putih mengandung capsaicin, yang juga ditemukan di cabai dan memiliki sifat anti-inflamasi. Lada putih karenanya sangat bermanfaat bagi semua orang yang menderita radang sendi dan menderita pembengkakan otot dan rasa nyeri.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Lada putih sendiri memiliki khasiat seperti lada hitam, yang membantu membakar lemak dalam tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan. Dengan demikian, lada putih menjadi solusi penurunan berat badan yang alami karena mengandung capsaicin.

Mengobati Kanker

Dalam sebuah penelitian oleh Asosiasi Penelitian Kanker di Universitas Nottingham di Amerika Serikat, capsaicin, yang terkandung dalam lada putih, dapat membunuh beberapa sel kanker. Temuan ini akan sangat berguna dalam menyembuhkan kanker prostat. Penelitian lebih lanjut tentang masalah ini masih berlangsung.

Menyembuhkan Sakit Kepala

Lada putih benar-benar dapat membantu dalam perawatan sakit kepala. Sakit kepala terjadi pada neuropeptida, yang merupakan zat yang mengirim rasa sakit ke otak. Namun, capsaicin dapat menghalangi penularan ini, Sehingga mengurangi gejala sakit kepala.

Mengobati Batuk

Mengkonsumsi bubuk lada putih dan sedikit madu akan menjadikannya obat batuk alami. Madu dan lada putih dalam kombinasi memiliki sifat antibiotik dan juga menghasilkan panas. Dengan demikian, kedua bahan ini bisa mengurangi batuk.

Mengurangi Hidung Tersumbat

Seperti halnya lada hitam, panas yang dihasilkan oleh lada putih dapat membantu seseorang yang telah tersumbat saluran hidung. Karena sifat anti-inflamasi, itu dapat melawan peradangan hidung dengan memurnikan saluran tenggorokan dan dengan demikian membantu pernapasan.

Mencegah Sakit Perut

Mengkonsumsi lada putih dapat membunuh bakteri sebagai penyebab sakit perut dan usus. Ini juga membantu mencegah masalah perut seperti sakit perut.

Mengontrol Tekanan Darah

Lada putih kaya akan flavonoid, vitamin C dan vitamin A, yang sangat membantu menjaga tekanan darah. Orang dengan tekanan darah tinggi dan masalah tekanan darah dapat mempertimbangkan lada putih dalam makanan sehari-hari mereka.

Menjaga Kesehatan Jantung

Lada putih dapat menyebabkan seseorang berkeringat deras, yang menghilangkan banyak cairan dari tubuh. Fakta bahwa terlalu banyak cairan dalam tubuh, terutama di sekitar jantung, bisa membuat jantung stres dan memperburuk fungsi jantung. Selain itu, mungkin ada retensi air dalam tubuh, yang biasanya dikaitkan dengan kesulitan bernapas karena tekanan berlebihan pada paru-paru. Karena itu, Cairan tubuh berlebih dapat dikurangi dengan mengonsumsi lada putih.

Antioksidan

Karena flavonoid dan vitamin dalam lada putih memiliki sifat antioksidan. Dengan melakukan itu, lada putih memerangi organisme yang menyerang tubuh dan merusak sel-sel di dalamnya. Selain kandungan antioksidan yang tinggi dalam lada putih, garis-garis halus, kerutan dan flek hitam yang merupakan tanda-tanda penuaan dapat dikurangi. Menggunakan lada putih dalam diet harian Anda dapat membantu Anda terlihat cantik dan lebih muda.

Meningkatkan Pencernaan

Hal unik tentang lada putih adalah ia dapat merangsang nafsu makan, seperti lada hitam, dan mengirimkan sinyal ke perut untuk mengendapkan asam klorida, asam yang penting bagi pencernaan makanan.

Mengobati Sakit Gigi

Lada putih diketahui bisa meredakan sakit gigi saat digunakan dengan minyak cengkeh atau garam dapur.

Mencegah Perut Kembung

Lada putih diketahui memiliki sifat karminatif karena mencegah pembentukan gas dalam usus. Ini karena lada meningkatkan sekresi asam klorida dan membuat pencernaan lebih efektif.

Merawat Kulit

Tidak disarankan untuk mengaplikasikannya langsung ke kulit karena panas alami. Namun, meminumnya secara teratur dapat membantu beberapa masalah kulit dan membuat kulit lebih terawat. Penggunaan lada putih atau bubuk lada hitam pada kulit dapat mencegah sinar UV berbahaya dari matahari, yang dapat menyebabkan kanker kulit dan penyakit kulit lainnya. Namun, disarankan untuk mencari pendapat dari dokter kulit.

Mengatasi Ketombe

Lada putih dan hitam dianggap bahan yang bisa menyembuhkan masalah ketombe. Campurkan lada putih dengan yoghurt alami dan oleskan campuran ini ke kulit kepala. Cuci campuran dengan air setelah setengah jam. Campuran ini bisa menghilangkan ketombe di kulit kepala. Jangan biarkan campuran ini terlalu lama, karena dapat membakar kulit kepala. Lada putih juga memiliki sifat tajam dan karenanya efektif dalam pengobatan ketombe. Pada saat yang sama, itu juga menjadi sarana yang berguna untuk merevitalisasi rambut.

Merevitalisasi Rambut

Manfaat lada putih dalam kombinasi dengan lemon juga bertindak sebagai agen revitalisasi untuk rambut. Oleskan campuran pada rambut dan biarkan selama 10-15 menit. Lalu Anda mencuci rambut, maka ini bisa membuat rambut lebih berkilau.

Meningkatkan Penglihatan

Manfaat lada putih bagi mata adalah peningkatan penglihatan. Diketahui bahwa penggunaannya dengan bubuk almond, gula pasir, adas manis dan bubuk Triphala membantu orang dengan penglihatan lemah.

Namun, disarankan untuk mendapatkan informasi dari praktisi herbal terpercaya sebelum menggunakan metode ini karena mungkin tidak sesuai dalam keadaan tertentu.

Mengobati Katarak

Lada putih juga dianggap cukup efektif untuk menyembuhkan katarak. Gabungkan dengan almond dalam perbandingan 1: 5 dan kemudian campur dengan gula merah dan minyak amina. Ini akan menjadi obat ajaib untuk katarak yang telah terbukti pada banyak pasien.

Pengobatan vitiligo

Lada mengandung piperin, zat yang sangat berguna untuk merangsang pigmentasi kulit. Ini adalah solusi ideal untuk penyakit seperti vitiligo, di mana kulit mulai kehilangan pigmen dan berubah menjadi putih.

Salah satu hal terbaik tentang menggunakan lada adalah bahan-bahannya benar-benar alami dan tidak memiliki efek samping dibandingkan dengan obat-obatan kimia.

Demikianlah pembahasan tentang lada putih semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: