10 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

Posted on

Daun Mangga – Tanaman yang tumbuh di sekitar kita dan tidak berbahaya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu buah, tangkai dan daunnya. Salah satu tanaman yang biasa dimanfaatkan adalah mangga.

Tanaman mangga yang paling umum digunakan sejauh ini hanya buah nya saja. Mangga mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun tahukah Anda bahwa daun mangga justru menawarkan manfaat kesehatan yang tidak kalah hebatnya?

Manfaat-Daun-Mangga
Manfaat Daun Mangga

Manfaat Daun Mangga

Mengobati Asma

Debu, kotoran, asap kendaraan dan rokok mempengaruhi kualitas udara yang dihirup. Daun mangga cocok untuk semua jenis masalah pernapasan, terutama bagi penderita bronkitis dan asma. Konsumsi daun mangga yang dibuat dengan merebus daun mangga dalam air dengan sedikit madu. Metode ini membantu menyembuhkan batuk secara efektif. Ini juga membantu dalam penyembuhan dari kehilangan suara.

Mengatasi Gangguan Perut

Ketika perut sakit, orang sering mengalami kram, kaku, dan rasa seperti ditusuk. Namun, tidak semua sakit perut bisa dicegah. Cara alami untuk menjaga perut tetap kuat adalah dengan menggunakan daun mangga. Daun mangga juga bisa mencegah berbagai masalah perut. Caranya, masukkan beberapa daun mangga ke dalam air hangat, tutup wadah dengan tutupnya dan biarkan semalaman. Saring keesokan paginya dan minum dengan perut kosong. Air daun Mangga dapat bertindak sebagai tonik perut yang baik dan membantu mencegah berbagai penyakit perut.

Mengobati Diabetes

Daun mangga sangat bermanfaat dalam pengobatan diabetes. Daun mangga mengandung tanin yang disebut anthocyanidins yang membantu mengobati diabetes. Anda bisa mengolah daun mangga seperti teh. Caranya: rendam daun mangga dalam secangkir air semalaman. Tuang dan minum air rebusannya untuk meredakan gejala diabetes.

Menurunkan Tekanan Darah

Orang dengan tekanan darah tinggi disarankan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Salah satu cara menjaga stabilitas tekanan darah adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun mangga. khasiat ini terasa ketika konsumsi daun mangga secara teratur. Selain itu, kandungan daun mangga membantu memperkuat pembuluh darah dan pengobatan varises

Mengatasi Batuk dan Demam

Batuk dan demam ditambah flu selalu menyerang seseorang ketika dihirup debu atau ketika musim hujan tiba. Kebanyakan orang menderita kedua penyakit ini hampir setiap tahun. Untuk mengurangi bahan kimia yang ada dalam obat, seseorang harus mempertimbangkan cara alami menggunakan daun mangga. Metode ini cukup jika Anda minum air rebusan dari daun mangga.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Daun mangga juga dapat membantu mencegah demensia. Diabetes tipe 2 sering meningkatkan faktor risiko Alzheimer dan demensia vaskular. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Brain Pathology, ekstrak daun mangga meningkatkan patologi sentral dan mencegah gangguan kognitif pada pasien dengan diabetes tipe 2.

Menyembuhkan Disentri

Sifat antibakteri dan antimikroba daun mangga efektif terhadap Staphylococcus aureus dan Salmonella typhimurium. Staphylococcus aureus adalah patogen bakteri yang menyebabkan berbagai infeksi, dan Salmonella typhimurium juga merupakan penyebab utama infeksi bakteri pada manusia.

Mengobati Kecemasan

Bagi penderita kecemasan, daun mangga menawarkan pengobatan rumah yang baik.

Penambahan dua hingga tiga gelas teh mangga ke dalam air mandi menenangkan rasa takut dan menyegarkan tubuh.

Masalah Pernapasan

Daun mangga baik untuk semua jenis masalah pernapasan. Ini sangat berguna bagi orang yang menderita pilek, bronkitis dan asma.

Jika Anda minum ramuan yang dibuat dengan memasak daun mangga dalam air dengan sedikit madu, Anda dapat menyembuhkan batuk secara efektif. Ini juga membantu menyembuhkan suara Anda yang hilang.

Mengatasi Sakit Telinga

Sakit telinga bisa sangat mengganggu. Dengan obat rumahan ini menawarkan kelegaan yang baik.

Satu sendok teh jus yang terbuat dari daun mangga sebagai tetes telinga dapat meredakan sakit telinga. Panaskan jus sedikit sebelum digunakan.

Demikianlah pembahasan tentang daun mangga semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya