10 Manfaat Daun Sisik Naga untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Daun Sisik Naga – Tak terhitung jumlahnya Tanaman yang memiliki khasiat untuk kesehatan manusia. Disadari atau tidak, ternyata alam sudah sangat baik bagi manusia dengan memberikan semua yang dibutuhkan manusia, termasuk tanaman herbal yang bermanfaat.

Daun Sisik Naga adalah salah satu tanaman alami yang paling berkhasiat. daun sisik Naga adalah tanaman khas dari Asia tropis yang memiliki bentuk yang relatif unik.

Daun-Sisik-Naga
Daun Sisik Naga

Daun sisik Naga diyakini memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti kanker payudara, yang merupakan momok menakutkan bagi wanita, penyakit kuning, TBC, sakit perut, sembelit, gonore, stomatitis dan perawatan penyakit kulit seperti kudis, kurap dan lain-lain. Dalam tubuhnya, ada bahan-bahan kimia seperti minyak atsiri, fenol, flavonoid, tanin dan juga gula.

Manfaat Daun Sisisk Naga

Mengatasi Penyakit Kuning

Manfaat daun sisik naga pertama dapat mengatasi hepatitis atau penyakit kuning. hal ini diperoleh dari beberapa zat yang terkandung dalam daun ini yang mengandung obatherbal untuk pengobatan hepatitis.

Cara menggunakannya dengan mencuci 15-30 gram daun sisik naga segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai setengah air tersisa. Setelah dingin, saring setengah cangkir dan minum tiga kali sehari .

Mengobati Sariawan

manfaat daun sisik naga untuk mulut adalah pengobatan sariawan. Ini karena daun unik ini mengandung senyawa yang sangat cocok untuk menyembuhkan infeksi mulut seperti sariawan dan untuk mencegah datang kembali.

Cara menggunakannya dengan mencuci secara menyeluruh 1 genggam daun sisik naga lalu memasak dalam 2 gelas air selama 15 menit. Gunakan air saringan untuk berkumur selagi hangat.

Menghentikan Pendarahan

Manfaat daun sisik naga juga baik untuk menghentikan pendarahan. Beberapa tubuh manusia memiliki kondisi yang tidak dapat mencegah darah keluar dengan cepat. Anda bisa menggunakan daun bermanfaat ini untuk menghentikan pendarahan.

Cara menggunakannya dengan mencuci daun sisik naga segar 30g kemudian digiling sampai halus. lalu peras, saring dan minum airnya. Lakukan 3 kali sehari sampai sembuh.

Mengatasi Radang Pada Gusi

Khasiat daun sisik naga juga efektif dalam mengobati peradangan pada gusi yang bengkak. Peradangan ini biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin untuk rongga mulut Anda. Obat alami adalah penggunaan daun ini.

Cara menggunakannya dengan mencuci daun sisik naga secukupnya lalu mengunyah. Biarkan kunyah dalam gusi yang meradang untuk waktu yang lama. Selanjutnya, buang ampasnya Lakukan 3-4 kali sehari sampai sembuh.

Mengatasi Gondokan

Penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan daun sisik naga adalah gondokan. Campuran senyawa dalam daun ini sangat cocok untuk mengatasi gondok saat digunakan secara rutin.

cara penggunaannya adalah dengan merebus 15-60 g daun sisik naga, lalu airnya diminum.

Mengobati Nyeri pada Perut

Manfaat daun sisik naga yang bisa menjadi obat yang meredakan ketidaknyamanan lambung. Perut adalah bagian dari tubuh yang sering menderita rasa sakit karena beberapa organ tubuh bekerja secara bersamaan.

Caranya : Ambil 30 gram daun sisik naga dan cuci daun sampai bersih. Kemudian masak daun sisik naga bersama dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih sampai tinggal 1 gelas tersisa. Angkat dan tunggu hingga dingin. saring rebusan air daun sisik naga dan minum secara teratur.

Mengobati Luka Nanah

Luka bernanah seringkali sulit disembuhkan, karena tubuh tidak mampu menangani luka yang muncul. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan daun sisik naga untuk mengeringkan luka lebih cepat.

Berikan beberapa helai daun sisik naga dan cuci bersih dengan air mengalir. Jika sudah bersih, Anda bisa merebus daunnya dengan 600 cc air. Tunggu sampai mendidih hingga tersisa 1/3 dari jumlah aslinya. Angkat rebusan dan dinginkan untuk mengobati luka nanah. Anda dapat mengambil ramuan herbal ini secara teratur tiga kali sehari.

Anti Kanker

Manfaat daun sisik naga bagi tubuh adalah daun yang dapat mencegah kanker. Siapa sangka kalau Daun yang kecil ini bisa melawan sel kanker di dalam tubuh.

Menghentikan Mimisan

Mimisan adalah kondisi di mana darah keluar dari hidung karena kelelahan. Darah yang keluar dari hidung bisa ditenangkan dan dihentikan menggunakan daun sisik naga.

Obat Penyakit Kulit

Khasiat daun sisik naga dapat menjadi obat luar yang sangat baik untuk pengobatan berbagai penyakit kulit seperti tinea versikolor, serangan jamur dan juga gatal. Anda dapat menghancurkan beberapa daun dan kemudian oleskan ke kulit yang sakit.

Siapkan beberapa helai daun sisik naga dan hancurkan dengan halus. Kemudian oleskan pasta daun sisik naga ke area masalah kulit.

Demikianlah pembahasan tentang daun sisik naga semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya