12 Manfaat Daun Sinom Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Posted on

Daun Sinom – Jika ingin minum obat herbal, Daun sinom tentu tidak asing lagi. Minuman ini sangat ringan dibandingkan dengan obat herbal lain yang rasanya pahit. Sinom biasanya banyak diminum untuk menetralkan obat herbal yang pahit, dan bahkan banyak anak kecil menyukai minuman manis ini.

Tapi tahukah Anda bahwa Sinom berasal dari daun asam? Meskipun tidak seperti jamu pada umumnya, kandungan daun asamnya baik dan bagus untuk tubuh. Karena itu, daun asam juga digunakan sebagai bahan obat herbal atau minuman obat tradisional Indonesia.

Daun-Sinom
Daun Sinom

Manfaat Daun Sinom

Membantu Penyembuhan Malaria

Malaria disebabkan oleh nyamuk Anopheles betina. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak daun asam dapat menghambat pertumbuhan Plasmodium falciparum, yang ditularkan oleh nyamuk dan menyebabkan malaria.

Mengobati Diabetes dan Sakit Kuning

Penyakit kuning dan diabetes sangat erat kaitannya dengan fungsi hati dan empedu. Daun asam dapat meningkatkan fungsi hati.

Ketika diabetes membutuhkan insulin, daun asam dapat merangsang produksi insulin dalam darah, menyembuhkan empedu, dan menyaring darah dengan lebih baik untuk menyembuhkan penyakit kuning.

AntiSeptik

Bagi Anda yang merasa demam atau meriang, Sinom ini memang merupakan alat yang tidak ada salahnya untuk dikonsumsi.

Karena itu, manfaat Sinom diyakini memiliki sifat antiseptik yang dapat mengatasi gejala demam. Selain itu, rasanya yang lezat tidak mengganggu Anda saat Anda meminumnya.

Mengobati Gigi dan Gusi Berdarah

Jika Anda menderita sariawan, gusi berdarah dan karies gigi, tidak hanya kondisi rongga mulut yang tercemar, tetapi juga kekurangan vitamin C. Daun asam mengandung banyak asam askorbat, yang juga merupakan antioksidan.

Daun asam menyembuhkan dan melengkapi kebutuhan vitamin C tubuh. Daun asam juga memiliki sifat antiseptik yang dapat membunuh kuman dan membersihkan rongga mulut sehingga mereka bebas dari bakteri yang menyebabkan infeksi.

Mengobati Penyakit Kudis

Penyakit kudis disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Juga dikenal sebagai penyakit pelaut. Penyakit kudis umumnya disertai dengan gejala seperti perdarahan gusi dan kuku, kelelahan.

Daun asam mengandung asam askorbat tingkat tinggi, yang bertindak sebagai vitamin anti penyakit kudis.

Antioksidan Alami

Diketahui bahwa antioksidan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Jika Anda adalah orang dengan jadwal yang sibuk, Anda harus sering mengkonsumsi Sinom sehingga tubuh menjadi kebal terhadap risiko penyakit.

Mengatasi Kram Haid

Jika Anda sering mengalami kejang di perut bagian bawah dan punggung selama menstruasi, minum rebusan daun asam bersama dengan buah asam akan mengurangi rasa sakit kram.

Daun asam bersifat analgesik. Anda dapat menambahkan sedikit garam untuk reaksi yang lebih efektif.

Menyembuhkan Luka

Ketika jus daun asam diekstraksi dan dioleskan ke luka, mereka lebih cepat sembuh berkat daun sifat antiseptik.

Jus ini juga mencegah infeksi lain dan pertumbuhan parasit. Generasi sel baru juga dipercepat.

Mengatasi Masuk Angin

Efektivitas Sinom juga dapat membantu mengatasi masuk angin, sakit perut, mual dan pusing.

Selain itu, banyak juga yang menggunakan Sinom sebagai obat alami untuk mengobati gangguan lambung.

Anti-Radang

Daun asam memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat digunakan sebagai obat untuk nyeri sendi dan radang lainnya.

Mengobati Sembelit

Jika Anda mengalami sembelit, Sinom adalah obat herbal yang tepat untuk Anda. Jadi Anda bisa menggunakannya sebagai obat rumahan untuk masalah pencernaan. Lebih baik minum sinom dengan sedikit gula atau tidak menggunakan gula sama sekali.

Flavonoid yang terkandung dalam obat alami ini juga memiliki efek anti-inflamasi lainnya, sehingga Sinom dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, peradangan dan nyeri sendi serta menyembuhkan batuk dan demam.

Melancarkan Pencernaan

Jika Anda menderita asma, Sinom adalah obat herbal yang tepat untuk mengobatinya. Manfaat sinom dapat memandu saluran pernapasan.

Selain daun asam, yang bermanfaat bagi kesehatan, buah asam Jawa juga tak kalah bermanfaat.

Demikianlah Pembahasan tentang manfaat daun sinom semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: