10 Manfaat Daun Nangka untuk Kesehatan

Posted on

Daun Nangka– Tanaman nangka atau nama ilmiahnya Artocarpus heterophyllus telah lama digunakan di dunia pengobatan herbal. Ternyata daun nangka memiliki banyak khasiat obat. Dalam pengobatan Ayurvedic dari India, daun nangka digunakan sebagai antidiabetik karena kandungan daun nangka memiliki efek hipoglikemik.

Jadi tidak hanya buahnya yang lezat untuk dimakan dan campuran es krim atau kolak dapat dibuat, bahkan petani yang sama yang senang diolah menjadi pakan kambing dan domba, tetapi dibalik itu semua ternyata daun nangka mempunyai banyak manfaat kesehatan.

Daun-Nangka
Daun Nangka

Daun nangka mengandung senyawa yang dibutuhkan untuk mengobati penyakit. Karena itu, manfaat daun nangka sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Mungkin Anda masih asing dan tidak tahu persis tentang manfaat daun nangka ini. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang khasiat dan manfaat daun sirsak, silakan baca ulasan berikut.

Manfaat Daun Nangka

Merawat Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dan zat antiinflamasi pada daun nangka sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Bekas jerawat, bintik-bintik gelap atau luka pada tubuh dapat dengan cepat hilang. Daun nangka bahkan bermanfaat, menurut Glitzmedia, untuk meregenerasi dan mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. racik daun nangka menjadi masker atau sekadar mencuci muka dengan air rebusan daun nangka.

Mencegah Penyakit Kronis

Daun nangka mengandung fitonutrien yang mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Senyawa ini juga dapat ditemukan dalam sayuran atau buah berwarna seperti jeruk, bayam dan lobak. Selain itu, daun nangka mengandung fitonutrien yang menyembuhkan sakit gigi dan demam, mencegah osteoporosis, mengatur aliran darah, mencegah tekanan darah tinggi, dan mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Meningkatkan Produksi ASI

Bagi anda yang memiliki masalah dengan produksi ASI, daun nangka mungkin menjadi solusinya. Daun nangka dapat dibuat menjadi sayuran atau minum air rebusannya. Selain itu, daun nangka dapat memecah lemak dan mendetoksifikasi tubuh, yang baik untuk ibu menyusui. Konsumsi setiap dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Menyembuhkan Bisul

Tahukah Anda bahwa daun nangka dapat menyembuhkan bisul dengan cepat? Raciklah dengan mengeringkan daun nangka. Kemudian bakar abu dan campur dengan minyak kayu putih atau minyak kelapa. Kemudian oleskan ke bagian bisul dan biarkan mengering. Ulangi proses ini setiap hari sampai bisul mengempis dan tidak ada bekas yang tersisa.

Mencegah kanker

Daun nangka mengandung antioksidan yang cukup tinggi untuk mencegah kanker. Selain kemampuan untuk mencegah kanker, konsumsi harian daun nangka tiga hingga lima kali sehari, dapat mendukung proses penyembuhan kanker.

Mencegah Tumor

Tidak hanya kanker yang dapat dicegah, daun nangka muda juga tumor dapat dicegah.

Untuk pengobatan tumor dengan air rebusan dari daun nangka, minumlah 5 hingga 7 kali sehari air rebusannya.

Melancarkan Peredaran Darah

Minum air rebusan daun nangka setiap pagi juga memiliki efek positif pada aliran darah Anda. Karena daun nangka mengandung bahan-bahan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah

Mengatasi Hipertensi

Anda juga bisa mengonsumsi air rebusan dengan daun nangka untuk mengobati tekanan darah tinggi. Kandungan daun nangka dapat menurunkan hipertensi dengan sangat baik.

Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium pada daun nangka juga sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang. Anda bisa menghaluskan daun nangka dan mengonsumsi air rebusannya.

Obat Influenza

Anda hanya perlu minum air rebusan daun nangka untuk mengobati flu. Daun nangka masih hangat. karena ada senyawa yang bisa mengurangi flu Anda.

Demikianlah pembahasan tentang daun nangka semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya