12 Manfaat Daun Nilam untuk Kesehatan

Posted on

Daun Nilam – Nilam adalah tanaman yang sering ditemui di Asia dan memiliki banyak manfaat. Nama lain untuk Nilam adalah Pogostemon cablin. Nilam sendiri umum di Indonesia dan daunnya digunakan untuk membuat minyak wangi menjadi obat tradisional yang kaya akan manfaat.

Bagian dari tanaman nilam yang sering digunakan adalah bagian dari daunnya. Daun nilam umumnya digunakan sebagai bahan dalam pembuatan minyak nilam atau minyak atsiri. Minyak nilam tidak hanya populer di negara ini, tetapi juga banyak digunakan untuk membuat minyak wangi dan dupa di luar negeri, terutama di wilayah timur.

Daun-Nilam
Daun Nilam

Selain digunakan untuk membuat minyak wangi nilam yang cocok untuk wewangian. Nilam juga dapat digunakan untuk hal-hal lain di dunia kesehatan. Daun nilam bisa direbus dan Anda bisa mengonsumsi air rebusan untuk mengobati berbagai penyakit.

Manfaatnya meningkat ketika daun nilam diproses dengan bahan herbal lainnya. Untuk mengetahui manfaat tanaman nilam bagi kesehatan dan bahkan kecantikan, berikut adalah beberapa informasi tentang tanaman nilam dan fungsinya.

Manfaat Daun Nilam

Obat Sakit Kepala

Khasiat daun nilam pertama adalah obat herbal untuk sakit kepala. Kandungan senyawa dalam daun nilam ini dapat meredakan sakit kepala, termasuk migrain.

Mengatasi Diare

Khasiat selanjutnya dari daun nilam adalah pengobatan diare dan mencegahnya datang kembali. Daun nilam ini memiliki sifat antibakteri yang kuat untuk mengeluarkan bakteri penyebab diare di saluran pencernaan Anda.

Mengobati Disentri

Penyakit lain yang bisa Anda obati dengan khasiat daun nilam adalah disentri. Tidak ada salahnya mencoba campuran herbal dari daun nilam ini untuk mengatasi disentri dan mencegahnya menyerang tubuh lagi.

Menghilangkan Bau Badan

Khasiat daun nilam lain yang efektif yaitu mengatasi bau badan yang berlebihan. Satu daun nilam ini mengandung senyawa yang tepat untuk mencegah tubuh dari keringat berlebih sehingga tidak menghasilkan bau badan yang tidak menyenangkan.

Anti Rematik

Khasiat daun nilam juga memiliki fungsi sebagai anti-rematik. Daun ini dapat mencegah penyakit rematik yang memengaruhi tulang Anda. Kelebihan daun nilam juga dapat memperkuat tulang Anda dari penyakit dan memadatkan strukturnya.

Obat Bisul

Manfaat daun nilam bagi kulit salah satunya dapat mengobati bisul. Bisul adalah gejala kulit bengkak yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu seperti peradangan atau alergi. Anda dapat mengempeskannya dengan daun nilam ini.

Mengatasi Disentri

Penyakit lain yang bisa Anda obati dengan daun nilam adalah disentri. Anda dapat memproses daun nilam ini terlebih dahulu dan kemudian mengkonsumsinya secara teratur setiap hari untuk mencegah disentri.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Daun nilam tidak hanya mencegah berbagai penyakit tetapi juga membuat beberapa organ Anda, termasuk ginjal menjadi lebih sehat. Ginjal yang sehat juga akan membuat tubuh Anda sehat, sehingga tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Melancarkan Buang Air Kecil

Buang air kecil yang tidak lancar adalah tanda bahwa tubuh Anda tidak sehat. Minumlah cukup air setiap hari, dan kemudian Anda dapat menyembuhkan penyakit ini dengan daun nilam.

Obat Demam

Daun nilam juga bertindak sebagai daun yang mengurangi demam. Khasiatnya berguna untuk mengurangi panas demam yang bisa Anda berikan kepada anak anda ketika suhu tubuh sering naik karena sakit.

Mengatasi Jerawat

Jika Anda memiliki masalah jerawat yang membandel, Anda tidak perlu khawatir. Cukup gunakan daun nilam untuk mengobati peradangan jerawat pada kulit wajah Anda. Selain pengobatan jerawat yang sedang kambuh, kandungan daun nilam dapat mencegah terulangnya jerawat.

Meningkatkan Imunitas

Daya tahan tubuh yang kuat memang sangat bagus. Tidak hanya kita dapat menghindari berbagai penyakit, tetapi kita juga dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik, karena tubuh dalam keadaan sehat. Nah, bagi Anda yang ingin menjaga sistem kekebalan tubuh, Anda bisa mengonsumsi daun nilam. Karena bahan aktif dalam daun nilam terbukti meningkatkan kekebalan tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang daun nilam semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: