10 Manfaat Daun Sage dan Kandungan Daun Sage

Posted on

Daun Sage – Sage adalah tanaman herbal yang daunnya sering digunakan sebagai obat. Dalam makanan biasanya digunakan sebagai bumbu dan rempah-rempah. Sementara di bidang industri pembuatan daun sage banyak digunakan sebagai komponen pewangi dalam sabun dan kosmetik. Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat kesehatan dari daun sage yang mungkin tidak Anda ketahui.

Sage adalah tanaman ramuan asli yang berasal dari pantai utara Mediterania. Tumbuhan dengan nama ilmiah Salvia officinalis masih merupakan keluarga oregano, lavender, rosemary, thyme dan basil. Tanaman sage memiliki daun dan bunga berwarna abu-abu-hijau. Ada sekitar 900 spesies bijak di seluruh dunia.

Daun-Sage
Daun Sage

Sage dikenal untuk mengobati berbagai penyakit, dari penyakit gangguan mental hingga gangguan sistem pencernaan. Kandungan antioksidan dalam daun sage diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan Daun Sage

Kandungan flavonoid (apigenin, diosmetin, luteolin), mineral (kalsium, magnesium, mangan, kalium, tembaga, besi, zinc) serta vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin K. Belum lagi, tanaman ini mengandung juga zat antioksidan.

Sage kaya akan berbagai nutrisi dan vitamin. Satu sendok teh ekstrak daun sage mengandung beberapa nutrisi penting, yaitu:

  • 3 gram magnesium
  • 1 gram fosfor
  • 7 gram kalium
  • 2 mikrogram asam folat
  • 24 mikrogram beta-karoten
  • 41 IU (unit internasional) vitamin A
  • 12 mikrogram vitamin K
  • 1,8-cineol
  • Pejuang
  • Bornel
  • Bornylacetate
  • Camphenes

Manfaat Daun Sage

Meningkatkan Imunitas

Daun sage memiliki senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan Anda. Daun sage mengandung asam rosmarinic, luteolin dan apigenin dan dapat menetralkan radikal bebas, mengkonsumsi daun sage melawan terhadap penyakit melalui konsumsi teratur.

Menjaga Kesehatan Tulang

Daun sage kaya akan vitamin K, yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K merupakan elemen penting untuk pengembangan kepadatan tulang dan pemeliharaan kesehatan tulang di usia tua.

Mengatasi Diabetes

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, daun sage dapat membantu mengendalikan diabetes. Daun ini mengandung ekstrak dan bahan kimia tertentu yang meniru obat yang biasanya diresepkan untuk pengobatan diabetes, seperti: Metformin. Daun sage juga berfungsi untuk menghambat pelepasan glukosa yang disimpan di hati, sehingga lonjakan gula dapat dicegah.

Mengatasi Peradangan

Sebuah studi dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa daun sage mampu mengobati banyak penyakit radang.
Daun sage mengandung flavonoid dan senyawa fenolik yang dapat mengobati radang saluran pernapasan atau pencernaan.

Mengurangi Penyakit Alzheimer

Studi dalam Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics menunjukkan bahwa ekstrak daun sage dapat membantu meringankan gejala Alzheimer. Daun sage dapat meningkatkan daya ingat Anda. Daun sage juga meningkatkan konsentrasi dan keakuratan individu yang terinfeksi penyakit ini.

Menurunkan Kolesterol

Daun sage dapat membantu mengurangi kolesterol jahat yang dapat menumpuk di arteri. Situs web Natural Health Research Institute menyatakan bahwa karena efek samping dari suplemen kolesterol dan fakta bahwa satu dari tiga orang dewasa dapat pulih dengan suplemen kolesterol, terapi alternatif untuk gangguan kolesterol sedang dicari. Studi terbaru tentang daun sage telah menunjukkan bahwa suplemen sage dapat secara efektif menurunkan kadar kolesterol.

Sumber antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang baik yang dapat membantu memperkuat pertahanan tubuh dan menetralisir radikal yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Sage mengandung lebih dari 160 polifenol yang berbeda. Hal ini adalah senyawa kimia herbal yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Sebuah studi dengan daun sage menunjukkan bahwa minum 1 cangkir (240 ml) teh bijak dua kali sehari memperkuat pertahanan antioksidan.

Menjaga Kesehatan Mulut

Daun sage memiliki efek antimikroba yang dapat menetralkan mikroba yang menyebabkan plak gigi pada gigi. Dalam sebuah penelitian, obat kumur berbasis sage terbukti efektif membunuh bakteri Streptococcus mutans, yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, daun sage dikatakan membantu dengan infeksi tenggorokan, abses gigi, gusi yang terinfeksi dan bisul kanker.

Meringankan Gejala Menopause

Daun sage secara tradisional dikonsumsi untuk meringankan gejala menopause. Daun sage ini mengandung senyawa yang memiliki sifat seperti estrogen. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan daya ingat, mengobati hot flashes, dan mengurangi keringat berlebih. Dalam satu penelitian, asupan daun sage harian selama periode delapan minggu dapat secara signifikan mengurangi jumlah dan intensitas hot flash.

Anti Kanker

Daun sage merupakan agen anti kanker karena daun sage mengandung senyawa antioksidan yang dapat melawan radikal bebas akibat polutan, perlu diketahui bahwa radikal bebas dalam tubuh jika terus bertumpuk maka akan sangat berbahaya karena dapat memicu penyakit kanker.

Demikianlah pembahasan tentang daun sage semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: