13 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on

Biji Selasih – Selama ini, biji selasih dikenal sebagai salah satu bahan pelengkap untuk es krim buah atau es krim campuran. Biji selasih dibuat dari biji tanaman selasih yang dikeringkan di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Mereka memberikan tekstur unik yang membuat minuman ini semakin lezat.

Ternyata biji berselaput bening ini tidak hanya memberikan kesegaran minuman, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan. Ternyata biji selasih kaya akan antioksidan yang mengendalikan diabetes dan baik untuk kesehatan kulit.

Biji-Selasih
Biji Selasih

Manfaat Biji Selasih

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Dengan hanya mengonsumsi 1 sendok makan biji selasih kering, Anda sudah akan mendapatkan cukup mineral yang bermanfaat besar bagi tubuh. Mineral yang disuplai ke tubuh terdiri dari zat besi, kalsium dan magnesium. Tubuh membutuhkan tiga nutrisi ini setiap hari.

Manfaat biji selasih berasal dari zat besi karena sel darah merah mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Selain itu, kalsium dan magnesium baik untuk kesehatan tulang dan gigi, terutama untuk orang tua.

Meningkatkan Imunitas

Tubuh membutuhkan antioksidan dari makanan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Salah satu antioksidan yang dibutuhkan tubuh adalah sejenis polifenol. Zat ini terdapat pada biji selasih.

Konsumsi secara teratur biji selasih sebagai makanan atau suplemen makanan dapat menyediakan biji selasih yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daya tahan tubuh membuat anda jarang sakit.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam biji selasih sangat tinggi dan dapat membuat Anda memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari. Kandungan serat yang berasal dari biji selasih membuat anda lebih kenyang dan membantu Anda menghindari konsumsi makanan dalam jumlah besar.

Jika Anda kelaparan, Anda mungkin ingin mengonsumsi biji selasih sebagai pengganti makanan sementara.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan dan perut memiliki dampak besar pada kesehatan tubuh. Jika ada masalah perut, itu mungkin akan menyebar ke organ lain di daerah tersebut. Karena alasan ini, Anda dianjurkan untuk lebih sering mengonsumsi biji selasih untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Kandungan serat yang tinggi dalam selasih adalah tempat yang baik untuk pengembangan bakteri baik. Efek gangguan pencernaan seperti sembelit tidak akan terjadi.

Mengontrol Gula Darah

Gula darah dalam tubuh lebih terkontrol jika anda makan biji selasih setiap hari. Biji selasih membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin, sehingga gula dapat digunakan dalam darah karena energi dan kondisi seperti diabetes tidak terjadi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat selanjutnya dari biji selasih adalah kemampuan menjaga kesehatan jantung karena kandungan seratnya. Serat yang ditemukan dalam tubuh menyerap kelebihan lemak dan kolesterol jahat, menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah makan makanan berserat seperti oatmeal dan biji selasih. Dengan menggabungkan kedua biji tersebut, kolesterol baik dapat meningkat dan risiko masalah jantung tidak terjadi.

Mencegah Peradangan

Omega-3 adalah asam amino yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Zat ini melindungi berbagai jenis organ seperti jantung dan otak. Dengan mengonsumsi biji selasih, tubuh menjadi lebih kebal terhadap peradangan yang terjadi pada kedua organ.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat biji selasih yang jarang diketahui adalah kemampuan menjaga kesehatan kulit. Dengan konsentrasi antioksidan dan flavonoid yang terkandung, biji selasih dan manfaatnya dapat meningkatkan kesehatan kulit dan merangsang pertumbuhan sel baru.

Antioksidan yang dikandungnya dapat memerangi efek radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan akhirnya menyebabkan mutasi sel yang mengakibatkan keriput, bintik-bintik penuaan, dan noda. Dipercaya bahwa konsumsi biji selasih secara teratur mengurangi bekas luka dan bertindak sebagai agen anti-penuaan.

Perawatan Rambut

Dengan sejumlah besar zat besi dan berbagai antioksidan dalam biji selasih dapat merangsang produksi rambut dan mencegah kerontokan rambut. Zat besi sangat penting untuk sirkulasi darah untuk mengarahkan darah ke kulit kepala, dan juga diperlukan untuk menghasilkan rambut yang kuat dari folikel.

Pada wanita dengan kekurangan zat besi, suplementasi zat besi dapat meningkatkan perawatan rambut rontok yang baru saja dijalani. Sementara itu, antioksidan dalam biji selasih mencegah peradangan dan stres oksidatif pada kulit kepala yang seringkali dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Menghilangkan Stres

Jika pikiran Anda berpacu cepat dan tingkat stres Anda terus meningkat, Anda mungkin ingin memanfaatkan biji selasih. Mengkonsumsi segelas air yang dicampur dengan biji selasih adalah solusi cepat dan mudah untuk mengatasi ketakutan yang muncul.

Konsumsi biji selasih secara teratur dapat membantu meringankan depresi, meningkatkan mood dan mengurangi hormon stres dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Karena biji selasih mengandung sejumlah besar vitamin A, disarankan agar manfaat biji selasih diambil oleh orang-orang dengan masalah penglihatan atau tingkat stres oksidatif yang tinggi.

Vitamin A bertindak sebagai antioksidan kuat di retina, mencegah perkembangan katarak dan memperlambat timbulnya degenerasi makula.

Meringankan Rasa Sakit

Manfaat terakhir dari biji selasih adalah kemampuannya untuk mengurangi keparahan radang sendi, asam urat, sakit kepala dan sindrom iritasi usus. Dengan mencegah pelepasan senyawa anti-inflamasi dan sitokin, bahan aktif dalam biji selasih berperan aktif dalam banyak kondisi kesehatan. Satu studi menemukan bahwa kandungan beta-caryophyllene dari biji selasih memiliki aktivitas anti-rematik yang unggul karena sifat anti-inflamasinya.

Mengatasi Imsonia

Wanita yang tidak bisa tidur memiliki pilihan alami untuk diatasi kecuali dengan meminum pil tidur, yaitu biji selasih. Biji selasih mengandung zat sedative atau menenangkan. Jadi saat anda mengonsumsi biji selasih pikiran terasa lebih tenang dan memengaruhi kantuk.

Demikianlah pembahasan tentang biji selasih semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: