11 Manfaat Daun Seribu untuk Kesehatan

Posted on

Daun Seribu – Daun seribu adalah jenis tanaman semak yang lebat dan sering tumbuh di ladang, sawah dan lahan semak lainnya. Tanaman seribu dapat mencapai ketinggian 60 cm dengan bentuk daun panjang dan menyirip ganda dan menjadi padat dalam jumlah besar. Tanaman seribu memiliki bunga putih-kemerahan yang indah. Bagian tanaman ini yang memiliki khasiat kesehatan adalah bagian daunnya.

Daun seribu tidak memiliki banyak kandungan senyawa. Kandungan yang ada dalam daun ini adalah polivenol, polina, apigenin, zat kecokelatan, minyak lemak, flavonoid dan juga minyak atsiri.

Daun-Seribu
Daun Seribu

Meskipun hanya mengandung beberapa senyawa ini, daun ini mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Anda dapat mengonsumsi air rebusan atau menghaluskannya sampai Anda mendapatkan jus pati, dan kemudian menggunakannya untuk perawatan herbal tertentu.

Manfaat Daun Seribu

Menyembuhkan Luka

Khasiat daun seribu adalah menyembuhkan luka. Daun ini mengandung senyawa yang dapat membantu meringankan sirkulasi darah dengan membekukannya. Dengan daun ini, luka seperti lecet dan tusukan dapat diobati.

Mengatasi Sakit Perut

Khasiat daun seribu juga bisa mengatasi sakit perut. Penyakit lambung yang bisa disembuhkan dengan daun ini adalah sakit kembung dan maag. anda bisa memasak daun ini dan kemudian minum air rebusannya.

Menghentikan Pendarahan

Anda dapat menggunakan manfaat daun seribu untuk menghentikan bagian tubuh yang terluka, baik pendarahan luar dan dalam di lambung, saluran kemih, usus, dan pendarahan berlebihan pada menstruasi.

Menghilangkan Nyeri Haid

Manfaat daun seribu untuk wanita khususnya,dapat menghilangkan rasa sakit saat menstruasi. Kram atau nyeri saat menstruasi diakibatkan oleh reaksi organ reproduksi wanita selama pertumpahan darah. Anda bisa menggunakan daun ini sebagai daun herbal untuk meredakan kram menstruasi.

Mengatasi Gangguan Saraf

Khasiat daun seribu juga efektif untuk gangguan saraf. Saraf yang terganggu biasanya tidak membuat anda merasa tidak mood dan tidak gelisah. Daun ini membantu membuat saraf anda lebih rileks.

Menyehatkan Pencernaan

Daun seribu adalah sejenis daun pahit yang dapat meningkatkan pencernaan anda. Meskipun rasanya pahit, daun ini membantu tubuh Anda memperlancar pencernaan dan mencegah sulit buang air besar.

Anti Bakteri

Daun seribu juga memiliki fungsi antibakteri. Daun ini mencegah tubuh anda diserang oleh banyak bakteri. Bakteri berbahaya harus dihindari agar mereka tidak menyebabkan penyakit di tubuh anda nanti.

Pereda Demam

Untuk meredakan demam, anda bisa mencoba daun seribu. Daun ini mungkin merupakan daun yang mengatur suhu tubuh jika terjadi demam. Ketika suhu tubuh anda stabil, maka penyakit demam dapat menghilang.

Melancarkan Haid

Menstruasi yang tidak lancar adalah gangguan kesehatan pada wanita. Hal ini bisa dipengaruhi oleh stres atau ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Anda bisa mencoba khasiat daun seribu sebagai pelancar menstruasi daun herbal.

Obat Batuk

Batuk adalah penyakit yang mengiritasi bagian tenggorokan Anda. Jika penyakit ini tidak diobati, hal itu bisa menjadi lebih buruk. Usahakan minum rebusan daun seribu untuk meredakan batuk.

Menyembuhkan Mastitis

Mastitis adalah infeksi payudara yang terjadi pada wanita menyusui. Daun seribu mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang telah terbukti menyembuhkan anda pada mastitis.

Demikianlah pembahasan tentang daun seribu semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: