10 Manfaat Buah Ciplukan dan Kandungan Buah Ciplukan

Posted on

Buah Ciplukan – Tumbuhan ini memiliki banyak manfaat luar biasa bagi tubuh, tetapi masih banyak orang yang tidak tahu tentang ciri-ciri Ciplukan ini. Bahkan beberapa tahun yang lalu, harga Ciplukan adalah 300-500 ribu per kilogram

Keberadaan Ciplukan sering dianggap oleh banyak orang sebagai hama atau tanaman liar, sehingga sering diberantas karena digolongkan mengganggu. Dan jika Anda tahu bahwa manfaat dari tanaman Ciplukan tentu tidak lagi membasminya dan Ciplukan tidak dianggap sebagai tanaman liar.

Buah-Ciplukan
Buah Ciplukan

Kandungan Buah Ciplukan

Manfaat kesehatan dari buah ciplukan tidak diragukan lagi tidak dapat dipisahkan dari kandungan senyawa dalam tanaman Ciplukan. kandungan ini termasuk, misalnya, saponin, flavonoid, polifenol (dalam bentuk tanin), alkaloid, kriptoksantin, vitamin C, asam stearat, asam sitrat, asam palmitat, asam malat dan fisaline. Hampir semua bagian tanaman Ciplukan dapat digunakan mulai dari buah, daun, akar hingga batang.

Manfaat Buah Ciplukan

Mengatasi Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan sistem saraf pusat yang memengaruhi pergerakan tubuh. Gejala Parkinson adalah tremor di satu tangan. Konsumsi jus ciplukan secara teratur dipercaya dapat meringankan gejala tremor.

Mengatasi Penyakit Kuning

Penyakit kuning adalah penyakit yang menyebabkan kulit menguning karena kadar bilirubin yang tinggi dalam darah. Penyakit ini umumnya dialami oleh bayi, terutama bayi baru lahir, tetapi mungkin juga mempengaruhi orang dewasa dalam beberapa keadaan. Kandungan antioksidan seperti fisalin, saponin, flavonoid dan polifenol dalam ciplukan diyakini membantu mengatasi penyakit kuning ini.

Menurunkan Gula Darah

Hiperglikemia atau kondisi gula darah tinggi adalah suatu kondisi yang umum pada penderita diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun Ciplukan memiliki aktivitas anithyperglycaemic, sehingga ciplukan dapat menurunkan kadar gula darah. Tanaman Ciplukan memiliki efek langsung pada aksi insulin.

Menjaga Saluran Kemih

Manfaat selanjutnya dari Ciplukan adalah perawatan saluran kemih. Ciplukan dapat menjadi salah satu diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil, mencegah infeksi saluran kemih, dan mencegah batu kandung kemih. Sumber lain juga menunjukkan bahwa ciplukan memiliki manfaat untuk penyembuhan kencing atau gonore.

Obat Penyakit Lupus

Manfaat selanjutnya dari Ciplukan adalah sebagai obat penghilang rasa sakit. Ciplukan tidak hanya memiliki sifat anti-hiperglikemik dan anti-inflamasi, tetapi juga efek analgesik atau anti nyeri. Satu studi menunjukkan bahwa ekstrak Ciplukan bahkan dapat mengatasi rasa sakit penderita lupus.

Mengatasi Masalah Pernapasan

Ada beberapa manfaat dari Ciplukan untuk sistem pernapasan. Konsumsi daun Ciplukan yang dimasak dengan air secara teratur diklaim dapat mencegah kambuhnya asma. Selain itu, diyakini bahwa kandungan antibakteri pada tanaman Ciplukan juga mencegah perkembangan bakteri penyebab tuberkulosis atau TBC. Keuntungan lain dari Ciplukan untuk saluran pernapasan adalah dapat mencegah penyakit paru-paru basah.

Sebagai Obat Penambah Darah

Ciplukan atau cecendet juga dipercaya sebagai obat penambah darah. Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti kelelahan, pusing, limbung, sesak napas, dan detak jantung yang cepat, Anda mungkin menderita anemia. Merebus Ciplukan dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga gejala-gejala ini dapat diatasi.

Mengatasi Nyeri Sendi dan Rematik

Ciplukan dikenal karena efek analgesiknya dan juga dapat digunakan sebagai obat untuk nyeri sendi dan rematik. Seperti halnya perawatan luka, Anda bisa menghaluskan daun ciplucan dan menambahkan sedikit kapur sirih untuk mendistribusikannya pada bagian yang terasa sakit.

Memperkuat Imunitas

Buah ini juga berpotensi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengandung berbagai polifenol. Polifenol sendiri adalah senyawa antioksidan yang menghalangi pelepasan penanda tertentu dari sistem kekebalan tubuh dalam kasus peradangan dalam tubuh.

Mengatasi Infeksi Kulit

Borok atau infeksi kulit yang menyebabkan luka terbuka pasti merupakan hal yang mengerikan dan menjijikkan, bukan?

Bukan hanya buahnya, Anda bisa membuat daun Ciplukan untuk mengobati borok. Hal ini karena bagian dari kandungan tanaman Ciplukan memiliki sifat antiinflamasi yang baik terhadap infeksi kulit.

Demikianlah pembahasan tentang buah ciplukan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: