12 Manfaat Daun Sirih Hitam dan Kandungan Daun Sirih Hitam

Posted on

Daun Sirih Hitam – Daun sirih hitam termasuk ke dalam kelompok genus piper yang di semua bagian daun, batang dan akar memiliki bentuk hati dengan warna hitam pekat. Ketika daun sirih hitam dipetik dan dikeringkan, warnanya tetap hitam, tidak seperti daun lain yang berubah kecokelatan saat dikeringkan.

Menurut sebagian orang, daun sirih hitam ini juga memiliki keistimewaan yaitu tidak memiliki bayangan. Jika daun sirih hitam dipegang dan menggunakan senter, maka bayangan daun sirih hitam tidak terlihat.

Daun-Sirih-Hitam
Daun Sirih Hitam

Kandungan Daun Sirih Hitam

  1. Vulnerary
  2. Stomachic
  3. Alkaloid
  4. Eugenol
  5. Minyak asitri
  6. Saponin
  7. tanin
  8. Flavonoid
  9. Hydroxicavicol
  10. Kavicol
  11. Cavibetol
  12. Allylprokatekol
  13. Carvakrol
  14. P-cymene
  15. Cineole
  16. Caryofelen
  17. Kadimen Estragol
  18. Ter-penena
  19. Phenyl propada

Manfaat Daun Sirih Hitam

Cuci Darah

Cuci darah ini harus dialami oleh setiap pasien dengan penyakit ginjal kronis, karena fungsi ginjal tidak lagi berfungsi secara normal. Bagi Anda yang ingin melakukan program cuci darah secara herbal, Anda bisa menggunakan daun sirih hitam. Caranya dengan memotong dan memasak daun sirih hitam yang cukup sampai mendidih dan menyisakan 1 cangkir, saring dan minum air rebusan nya tiga kali sehari selama 30 hari.

Mengobati Asma

Asma adalah penyakit pernapasan kronis yang terjadi karena peradangan dan penyempitan saluran udara dan menyebabkan kesulitan bernapas. Gejala asma lainnya termasuk batuk dan nyeri dada. Untuk mengatasi asma, 10 lembar daun sirih hitam dapat dihaluskan dan kemudian digunakan pada salep di dada dan leher ketika asma kambuh. Panas yang dihasilkan mengurangi penyempitan bronkus dan melakukannya setiap pagi dan malam, sehingga asma secara bertahap membaik.

Mengobati Bronkitis

Bronkitis adalah salah satu masalah pernapasan yang berasal dari paru-paru dan menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan. Untuk mengatasi bronkitis ini dengan menggunakan daun sirih hitam, Anda bisa memotong 7 lembar daun sirih hitam lalu memasak dengan 2 butir gula batu dan 2 gelas air. Tunggu sampai masak sebentar dan saring. Kemudian minumlah hingga 3 sendok makan 3 kali sehari.

Batuk Rejan

Batuk rejan terjadi karena infeksi oleh bakteri Bordetella pertussis, yang menyebar dengan cepat melalui batuk. Salah satu penyakit pernapasan ini adalah penyakit yang mudah ditularkan.

Untuk menyembuhkan batuk rejan ini, Anda bisa membawa 3 lembar daun sirih hitam bersama dengan 15 gram akar manis, 8 gram rimpang dan 150 ml air hingga mendidih. Setelah itu, minum dua kali sehari, pagi dan sore, sebelum makan. Lakukan secara teratur sampai bengkak karena iritasi habis dan batuk rejan sembuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Potong 2 lembar daun sirih hitam, kemudian haluskan dengan blender dan tambahkan dengan air panas. Lalu aduk sampai tercampur rata. Kemudian diamkan selama 5 menit dan minum secara teratur, sehingga tekanan darah kembali stabil.

Mengobati Kanker Payudara

Kanker payudara adalah penyakit ganas yang dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini identik dengan menyerang tubuh wanita, tetapi tidak mengesampingkan bahwa pria dan bahkan kanker payudara dapat diserang pada pria karena proses penyebarannya lebih cepat daripada pada wanita.

Untuk mengobati kanker payudara dengan ramuan herbal, rebus 15 lembar daun sirih hitam dengan 1 genggam daun sambiloto, 7 daun iler dan 3 gelas air. Rebus hanya 1 1/2 gelas, lalu saring dan biarkan dingin. Gunakan air ini untuk mengompres payudara secara teratur dengan kain kasa.

Menyembuhkan Gusi Bengkak

Cuci 3 daun sirih hitam bersih, lalu rebus dan minum air rebusannya secara teratur, tetapi jangan terlalu banyak, karena dosis yang tidak sesuai tidak diterima oleh tubuh.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Pada pasien kanker, biasanya yang umum terjadi andalah sirkulasi darah yang lebih buruk. Ini mungkin karena penyumbatan yang terjadi saat terapi sedang dilakukan. Kandungan flavonoid dalam sirih hitam sangat baik untuk sirkulasi penderita kanker, sehingga aliran oksigen ke tubuh dan otak bisa berjalan dengan baik.

Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Agepty, yang sering menggigit orang pada siang hari. Hanya dengan satu gigitan kita dapat terinfeksi virus. Untuk mengatasi masalah ini, rebus 5 lembar daun sirih hitam dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Kemudian minum air rebusannya 1 gelas dua kali sehari.

Obat Cuci Mata

Untuk mengatasi masalah mata seperti gatal atau mata merah, daun sirih hitam juga bisa digunakan. Caranya adalah memasak 6 daun sirih hitam, yang masih muda dan segar bersama dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya tiga kali sehari sebagai obat cuci mata.

Menyembuhkan Luka

Daun sirih hitam dapat menyembuhkan luka lebih cepat karena kandungan senyawa seperti vulnerary yang dapat menyembuhkan luka lebih cepat, Caranya tumbuk daun sirih hitam dan kemudian tempelkan pada daerah sekitar luka.

Anti Jamur

Daun sirih hitam merupakan agen anti jamur, anti bakteri dan anti mikroba karena kandungan senyawa dalam daun sirih hitam seperti minyak atsiri.

Demikianlah pembahasan tentang daun sirih hitam semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: