Daun Sirih Untuk Mata dan Cara Mengobatinya

Posted on

Daun Sirih Untuk Mata – Mata adalah indera yang paling berharga, karena dengan mata kita dapat melihat dan mengetahui tampilan dan bentuk seluruh isi dunia. Namun tidak sedikit orang yang terlahir dengan masalah yang satu ini merasakan keterbatasan. Karena itu, kita yang diberkati dengan kesempurnaan melihat harus memperhatikan dengan seksama.

Memiliki mata yang sehat tidak selalu melindungi Anda dari kemerahan, iritasi atau rasa sakit dari debu dan kotoran. Ketika orang dihadapkan dengan masalah ini, mereka biasanya menggosok mata mereka secara spontan dengan tangan mereka, menyebabkan mata mereka menjadi lebih merah dan perih. Jika dibiarkan, dapat membahayakan pupil mata dan kornea dapat beresiko memengaruhi fungsi mata.

Daun-Sirih-Untuk-Mata
Daun Sirih Untuk Mata

Biasanya sakit mata diobati dengan tetes mata atau salep. Masalah mata lainnya juga dikeluhkan oleh orang-orang yang bekerja setiap hari di depan layar komputer, mata bisa menjadi negatif dan menyebabkan rabun jauh di mata. Tidak hanya orang dewasa yang telah bekerja, tetapi juga banyak anak-anak yang rabun dekat, memilih alternatif untuk memakai kacamata dan beberapa bahkan beroperasi. Tentu saja biayanya banyak, dan tidak semua orang bisa menggunakan opsi ini.

Daun Sirih Untuk Mata

Sebenarnya ada tanaman herbal yang bisa membantu mengatasi masalah mata. Kantung mata anda pasti aman karena tanaman herbal biasanya dapat tumbuh di sekitar Anda dan karenanya sangat mudah ditemukan. Salah satu kemungkinan adalah menggunakan khasiat daun sirih. Untuk merawat mata, Anda harus menggunakan daun sirih hijau atau merah. Penggunaannya dapat dilakukan dengan berbagai cara:

  1. Untuk mengobati mata minus, 2 lembar daun sirih hijau atau merah dapat dicuci. Setelah dibersihkan, oleskan pada kedua mata. Lebih baik melakukannya setiap hari jika Anda tidur di malam hari sehingga Anda bisa melepasnya di hari berikutnya.
  2. Untuk mengatasi mata merah atau iritasi, siapkan 4 hingga 5 daun sirih hijau atau merah. Cuci dulu. Lalu rendam setengah gelas air panas. Saat dingin, peras daun sirih sampai hancur dan dicampur dengan rendaman tadi. Berikutnya saring dan ambil airnya. Air saringan dapat digunakan sebagai obat tetes mata jika mata berwarna merah.
  3. Cara lain untuk mengobati sakit mata adalah merebus 6 daun sirih segar dengan 2 gelas air. lalu beri sedikit garam. Kemudian biarkan dingin dan keluarkan air dengan menyaring daun. Gunakan air rebusan ini sebagai obat tetes mata. Jatuhkan maksimal 2 hingga 3 tetes.

Walaupun metode di atas telah terbukti efektif pada manusia, ada juga orang yang malah memperburuk mata mereka. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah penggunaan daun sirih efektif untuk pengobatan mata. DR. Johan Butaharuk MD, dokter spesialis mata, mengatakan bahwa penggunaan daun sirih dapat membunuh kuman yang menyebabkan iritasi mata karena daun sirih memiliki sifat antibakteri.

Manfaat Daun Sirih Lainnya

Menyembuhkan Luka

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, daun sirih mampu mengatasi stres oksidatif, sehingga proses penyembuhan luka lebih cepat. Cara mengolahnya anda hanya perlu mengoleskan daun sirih pada luka dan kemudian cukup membungkusnya dengan perban. Luka ini sembuh secara instan hanya dalam 1-2 hari.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Diyakini juga bahwa manfaat daun sirih mengatasi rasa tidak nyaman di perut. Caranya dengan minum air rebusan daun sirih. Konsumsi air rebusan daun sirih membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan. Selain itu, Anda dapat menerapkan minyak daun sirih pada perut, yang membuat perut terasa lebih baik.

Menghambat Karies Gigi

Kebiasaan mengonsumsi menginang orang tua dahulu terbukti bermanfaat bagi gigi. Satu penelitian menemukan bahwa manfaat daun sirih dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan karies gigi. Karies gigi adalah salah satu momok kesehatan yang paling umum.

Diyakini bahwa kandungan minyak atsiri, flavonoid, alkanoid dan senyawa fenolik menghambat karies gigi. Semua senyawa ini pada dasarnya efektif melawan bakteri S. mutans.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Karena daun sirih kaya akan antioksidan, mereka memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Cukup banyak obat yang menggunakan bahan alami dari daun sirih karena bisa mengatasi demam dan sakit tenggorokan.

Menurunkan Berat Badan

Anda akan merasakan manfaat daun sirih jika Anda rutin mengonsumsi air rebusan dengan daun sirih. Efek positifnya, sistem metabolisme dalam tubuh, meningkat. Tidak hanya itu, khasiat daun sirih lainnya juga meningkatkan sekresi pencernaan sambil menghilangkan kadar air atau racun yang berlebihan dari tubuh.

Sementara serat makanan dari daun sirih membantu mengurangi kadar lemak tubuh jika terjadi sembelit. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih mudah menurunkan berat badan.

Sebagai Antiseptik

Manfaat daun sirih telah lama digunakan oleh masyarakat sebagai obat antiseptik, antidiabetik, anti kanker dan untuk menyembuhkan penyakit menular. Sayangnya, beberapa manfaat daun sirih tidak didukung oleh bukti ilmiah yang valid.

Namun, satu penelitian menemukan bahwa antiseptik yang berasal dari daun sirih mengandung sabun non-antiseptik yang lebih baik. Meskipun hasil ini mengatakan bahwa sabun antiseptik (daun sirih) lebih baik, analisis lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah bakteri yang tersisa bersifat patogen (menyebabkan penyakit) atau tidak.

Untuk mencapai efek antiseptiknya, air yang direbus dengan daun sirih juga digunakan sebagai obat kumur atau untuk membersihkan bagian lain dari tubuh.

Mengobati Nyeri

Kandungan polifenol yang tinggi yang disebut chavicol dalam daun sirih, membuat daun sirih ini memiliki sifat antiinflamasi yang sangat kuat. Dengan mengkonsumsi air yang direbus dengan daun sirih, rasa sakit pada tubuh menghilang.

Mengurangi Depresi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa efektivitas daun sirih juga bermanfaat untuk mengendalikan gejala depresi. Dengan mengunyah atau minum air rebusan daun sirih, dapat menyebabkan otak memproduksi banyak serotonin, yang membuat Anda lebih bahagia.

Meredakan Batuk

Salah satu khasiat daun sirih yang masih banyak diyakini adalah dalam mengatasi batuk. Air rebusan dari daun sirih dapat mengatasi batuk karena mengandung vitamin B, C dan alkaloid untuk mengatasi peradangan yang menyebabkan batuk. Siapkan 5 lembar daun sirih dan masak selama 15-20 menit dengan 300 ml air. Minumlah air rebusan daun sirih sekali sehari

Mengatasi Mimisan

Khasiat daun sirih sudah tidak asing karena sering digunakan untuk mengobati mimisan. Cara sirih menyembuhkan mimisan mirip dengan cara mereka menyembuhkan luka.

Kandungan antioksidan tannin dalam daun sirih bermanfaat untuk mempercepat respons tubuh terhadap penyembuhan luka dengan memungkinkan darah membeku lebih cepat dan menutup sobekan pembuluh darah di hidung.

Demikianlah pembahasan tentang daun sirih untuk mata semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: