15 Manfaat Daun Suring Bagi Kesehatan

Posted on

Daun Suring – Daun kenikir atau daun suring Tumbuhan ini, yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, mungkin hanya terasa sebagai sayuran sederhana dan tidak penting. Namun di balik itu ada manfaat daun suring, yang sangat membantu bagi orang dengan masalah kesehatan tertentu.

Di Indonesia, banyak orang Jawa terus menggunakan tanaman ini sebagai lalapan untuk Pecel lele. Selain itu, tanaman ini juga bisa digunakan untuk membumbui dan merangsang pertumbuhan nafsu makan. Anda juga bisa menggunakan daun suring untuk mengusir serangga.

Daun-Suring
Daun Suring

Manfaat Daun Suring

Mengatasi Kanker

Tanaman suring yang sering disebut dalam pengobatan medis sebagai tanaman Artemisia, memiliki kandungan artemisinin yang tinggi sebagai pengikat dan pembunuh sel kanker, walaupun kandungan bahan manfaat daun suring untuk kanker masih menjadi hipotesis di dunia kesehatan.

Namun demikian, fungsi artemisinin adalah menjadi pengikat zat besi yang tinggi dan membunuhnya dalam sel kanker. Karena kandungan artemisinin, sel-sel kanker dapat diserap, diikat dan dibunuh karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi tanpa merusak sel-sel baik lainnya yang tidak mengandung zat besi.

Mengobati Maag dan Asam Lambung

Daun suring mengandung tokoferol, polifenol dan hydroxsugenugenol, yang berguna untuk menetralkan asam lambung. Zat ini juga bisa memperkuat otot-otot pencernaan yang menyerap berbagai makanan tanpa membahayakan perut seseorang. Untuk mengkonsumsi daun suring, Anda bisa memasaknya dengan garam dan kemudian makan dalam bentuk lalapan.

Mengatasi Kanker Payudara

Daun suring kaya akan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid dan antioksidan yang dapat melawan kanker, termasuk kanker payudara. Untuk mengatasi penyakit mematikan seperti kanker, cukup bagi pasien untuk secara teratur dan rutin mengonsumsi rebusan daun suring ini. Namun, ia tetap mengonsumsi air putih karena manfaat air putih sebagai pelarut untuk zat yang mudah dibawa oleh darah sangat baik.

Perlu diketahui, kanker payudara adalah jenis kanker ganas, dan sel-sel kanker dibuat dalam lobulus atau jaringan kecil yang menghasilkan ASI. Perlu diingat, bahwa tujuan kanker payudara bukan hanya wanita tetapi juga pria.

Menyehatkan Jantung

Daun suring mengandung sifat antioksidan dan flavonoid, yang berperan dalam perbaikan sel yang rusak. Di daerah jantung, senyawa flavonoid ini berguna untuk memperlancar aliran darah dengan memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah.

Anda bisa merebus 5 lembar daun Kenikir dengan 250 ml air dan kemudian minum air rebusan itu 2 kali sehari.

Menambah Nafsu Makan

Masalah menurunnya nafsu makan sering dialami ibu hamil karena pusing yang dirasakan. Namun, ibu hamil membutuhkan makanan lengkap agar bayi dapat berkembang di dalam perut. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan daun suring sebagai penambah nafsu makan.

Mengobati Gondokan

Ketika digunakan sebagai obat gondok, cara membuat obat daun kuring adalah:

  1. Haluskan daun kuring sampai halus
  2. Setelah Dihaluskan tambahkan cuka dalam perbandingan 1: 1
  3. Kemudian dioleskan ke bagian yang Sakit 3 kali sehari.

Daun suring dengan senyawa polifenol dan tokoferol bermanfaat meredakan peradangan akibat gondongan.

Memperkuat Tulang

Wanita hamil secara otomatis menambah berat badannya karena mereka hamil. Penting untuk memperhatikan kesehatan tulang, oleh karena itu, konsumsi daun suring diperlukan, karena hal ini dapat membantu untuk memperkuat tulang.

Mengobati Payudara Bengkak

Daun Suring dapat mengobati payudara bengkak karena pelepasan ASI secara terus menerus. Cara membuat obat, yaitu:

  1. Ambil beberapa daun Suring
  2. Siapkan kompor dengan api kecil dan bakar sampai layu
  3. Oleskan disekitar payudara selagi hangat
  4. Perawatan berlangsung tiga kali sehari

Senyawa Terpenoid dan senyawa antiinflamasi yang terkandung mengurangi pembengkakan.

Melancarkan ASI

Penting bagi ibu yang ingin memberikan ASI eksklusif kepada anak-anaknya. Karena itu, mereka harus memperhatikan kelancaran ASI mereka. Mungkin disertai dengan perawatan dengan daun suring yang kaya akan asam folat.

Obat Cuci Darah

Daun suring mengandung manfaat vitamin E, antioksidan dan flavonoid yang dapat menetralkan racun yang ditularkan melalui darah. Saat diminum secara teratur, darah dibersihkan dari racun yang secara tidak sengaja masuk ke dalam tubuh.

Meningkatkan Sistem Imun

Perlu diingat bahwa daun suring mengandung vitamin A dan E, yang memiliki manfaat besar untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda dapat mengkonsumsi daun suring dengan air rebusan untuk meningkatkan metabolisme Anda.

Mengatasi Bau Mulut

Daun suring mengandung koniferil alkohol, yang membunuh bakteri dan kuman yang terkandung dalam makanan. Senyawa ini membersihkan lidah dan air liur dari bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam membunuh kuman, dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah setelah dicuci, dikunyah selama 20 hingga 30 detik dan kemudian berkumur. Jika tidak, Anda bisa menggunakannya setelah memasak dengan air garam setidaknya dua kali sehari.

Merawat Wajah

Tidak hanya untuk kesehatan, ternyata manfaat daun kenya juga banyak untuk kecantikan, sehingga bisa digunakan oleh wanita.

Salah satunya adalah manfaat daun suring untuk kecantikan kulit wanita yang kaya akan vitamin C, sehingga dapat digunakan sebagai produk perawatan kulit herbal tradisional.

Anda dapat menggunakannya sebagai masker wajah atau kulit yang akan membuat kulit lebih lembut, lebih ringan, lebih halus dan lebih muda.

Memenuhi Asupan Gizi

Daun Suring dapat menjadi makanan yang dapat menambah asupan nutrisi dalam tubuh.

Karena daun suring mengandung vitamin E, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B12, kalium, kalsium, magnesium dan juga zat besi

Mengatasi Nyeri Sendi

kandungan yang ada dalam daun suring seperti zat besi, fosfor, magnesium, kalsium dan ribuflavin dipercaya dapat mengatasi masalah nyeri sendi, kandungan zat besi yang tinggi dalam daun suring juga dapat mengikat sel-sel persendian menjadi lebih kuat

Demikianlah pembahasan tentang daun suring semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: