13 Manfaat Jambu Air dan Kandungan Jambu Air

Posted on

Jambu Air – Siapa yang tidak kenal buah lezat ini? Yups. Ini adalah buah jambu air. Tanaman Buah Jambu Air adalah jenis tanaman buah yang cukup umum di halaman rumah masyarakat Indonesia. karena menanam buah sangat mudah.

Buah jambu air terkenal dengan rasanya yang asam dan manis, yang sangat menyegarkan, ditambah dengan kandungan airnya yang melimpah. Buah jambu air juga enak dan nikmat untuk dikonsumsi. Anda bisa memakannya segera, membuat manisan atau membuat minuman seperti jus jambu air.

Jambu-Air
Jambu Air

Meskipun buah jambu air terlihat begitu simple, buah jambu air ini juga dapat digunakan sebagai camilan sehat, karena buah jambu air ternyata mengandung banyak vitamin dan mineral.

Kandungan Jambu Air

Buah jambu air mengandung banyak air, vitamin C, vitamin A, protein, kalori, zat besi, kalsium, potassium, magnesium, fosfor, asam sitrat, copper, sodium, serat, tembaga, niacin, mangan, asam sulfurik, dan masih banyak lagi. Maka tak heran lagi jika buah yang satu ini mampu memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan Anda.

Manfaat Jambu Air

Mengatasi Diabetes

Buah jambu Air memiliki gula manis alami, sehingga tidak akan merusak kadar gula darah dalam tubuh Anda. Dengan mengonsumsi buah jambu air secara teratur, tubuh Anda akan terhindar dari penyakit diabetes.

Menyehatkan Sistem pencernaan

Salah satu kandungan yang terkandung dalam buah jambu air adalah serat dan mineral. Kandungan ini membantu membuat sistem pencernaan Anda lebih sehat, sehingga Anda tidak menderita masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan susah buang air besar.

Mencegah kanker

Kandungan nutrisi yang cukup lengkap dari buah jambu air ini dapat membantu sel dalam tumbuh berkembang dengan baik sehingga dapat mencegah mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

Mengatasi Racun Dalam Tubuh

Buah jambu air juga bisa menjadi detoksifikasi yang efektif untuk mengatasi racun dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah jambu air setiap hari, tubuh Anda dapat melawan racun yang menyebabkan penyakit.

Menyehatkan Jantung

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi buah jambu air secara teratur adalah dapat membuat jantung Anda lebih sehat. Jantung yang sehat memompa darah lebih optimal, sehingga sirkulasi darah Anda berjalan lancar.

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan senyawa nutrisi buah jambu air adalah kumpulan bahan aktif yang membantu tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat jambu air ini memberi Anda kemampuan untuk menangkis berbagai penyakit, terutama yang menular, seperti flu dan batuk.

Menyehatkan Tulang

Senyawa Kalsium dalam buah jambu air yang dibutuhkan oleh tulang untuk tetap kuat dan sehat. Tentu saja, jika Anda mengkonsumsi buah ini setiap hari, tulang Anda akan menjadi lebih kuat dan lebih sehat dari sebelumnya.

Menjaga kesehatan mata

Buah Jambu air mengandung cukup vitamin A untuk menjaga kesehatan mata Anda setiap hari. Buah ini menawarkan manfaat yang baik untuk mempertajam penglihatan Anda dengan lebih jelas.

Antioksidan

Vitamin C dan vitamin lain dalam jambu air bisa menjadi antioksidan alami. Anda tidak perlu khawatir tentang penuaan dini atau kulit kering, karena efektivitas jambu air juga untuk melawan radikal bebas dan sudah terbukti.

Mengatasi Dehidrasi

Banyaknya kandungan air yang ada pada jambu air mampu memenuhi kebutuhan air tubuh Anda setiap hari. Anda bisa mengonsumsi air biasa dengan jus buah ini secara bersamaan agar bisa memberikan variasi konsumsi minuman yang segar.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Penelitian juga menunjukkan bahwa buah jambu air merah dapat meningkatkan kemampuan kognitif manusia dengan sangat baik, karena mengandung vitamin B kompleks, yang menyerap tubuh dan memberi makan jaringan saraf, otak, dan juga tulang belakang.

Menghambat Penuaan Dini

Bahan antioksidan terpenting adalah vitamin C, yang terkandung dalam buah jambu merah untuk mencegah berbagai tanda penuaan dini seperti kulit kusam, kerutan, garis-garis halus dan lain-lain.

Meregenerasi Kulit

Agar proses regenerasi bisa semakin maksimal, maka dibutuhkan vitamin dan juga mineral yang bisa anda dapatkan dari buah ini. Selain itu, sel sel kulit mati tidak akan menumpuk pada jaringan kulit.

Demikianlah pembahasan tentang jambu air semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya