10 Jenis Daun Aromatik (Punya Hobi Masak Wajib Tahu)

Posted on

Jenis Daun Aromatik – Rempah-rempah adalah bahan yang sering dikombinasikan untuk memasak agar menambah cita rasa. Tidak hanya memiliki rasa yang kuat, tetapi juga rempah-rempah yang meningkatkan aroma saat menyajikan makanan.

Jenisnya juga beragam, salah satunya adalah bumbu dari daun dengan aroma yang kuat. Beberapa jenis rempah daun, juga dikenal sebagai daun aromatik, bahkan merupakan bahan wajib untuk makanan Indonesia, sehingga rasanya lebih enak.

Jenis Daun Aromatik

Daun Jeruk

Daun-Jeruk
Daun Jeruk

Dari namanya kita bahkan dapat menebak bahwa daun ini memiliki aroma jeruk yang kuat. Tekstur daunnya cukup tebal dan hijau tua. Biasanya, daun jeruk hanya digunakan helai daunnya, yaitu bagian yang dibuang dari tulang daun. Daun ini dapat diiris tipis, sobek atau ditempatkan langsung ke berbagai masakan seperti peyek atau balado hingga bumbu pecel terasa lebih mantap.

Daun Salam

Daun-Salam-Aromatik
Daun Salam Aromatik

Daun salam memiliki aroma yang khas. Secara fisik, daun ini memiliki ujung runcing dan berwarna hijau gelap. Semakin gelap warna daun, semakin kuat aroma. Karena umur simpannya tidak terlalu lama, daun salam memiliki dua versi, yaitu segar dan kering. Daun salam biasanya disobek, diiris atau dimasak dengan diaduk hingga bersantan dan disajikan dengan sayur berkuah.

Daun Kemangi

Daun-Kemangi-Aromatik
Daun Kemangi Aromatik

Anda suka makan lauk dan lalapan? Nah, daun kemangi biasanya ditemukan dalam lalapan. Daun ini memiliki tekstur yang halus, tipis dan lebar. Aromanya harum dan kuat, sehingga sering digunakan untuk mengeluarkan bau amis seperti pada sup ikan, pepes dan sebagainya. Selain itu, daun kemangi juga cocok untuk nampan sayuran dan urap.

Daun Kari

Daun-Kari-Aromatik
Daun Kari Aromatik

Sekilas daun kari seperti daun belimbing, yang memiliki bentuk bulat dengan warna hijau gelap mengkilap. Ketika masih mentah, aroma daun sebenarnya tidak kuat dan cenderung langu. tetapi ketika dimasukan kedalam masakan, aroma khas kari sangat lezat. Nah, daun kari ini biasanya dimasukkan langsung ke dalam hidangan kari seperti kari kambing, kari kari dan kari bihun medan.

Daun Kunyit

Daun-Kunyit-Aromatik
Daun Kunyit Aromatik

Daun Kunyit berkontribusi di samping rimpang dan herbal dalam bentuk daun. Dalam hal rasa, kita dapat dengan aman berasumsi bahwa daun ini memiliki rasa kunyit. Namun secara fisik, bentuk daun kunyit menyerupai daun bambu dengan versi lebih tipis, ramping, dan hijau muda. Oleh karena itu, daun kunyit sering disimpul, disobek atau dicincang halus seperti daun pandan sebelum dimasukkan dalam masakan, seperti kari ikan, Rendang, Kalio Ayam dan chicken woku.

Daun Ketumbar

Daun-Ketumbar-Aromatik
Daun Ketumbar Aromatik

Daun yang satu ini memiliki bentuk yang bergerigi, bulat dan berwarna hijau muda. Jika masih mentah, aromanya agak tidak menyenangkan, tetapi ketika dicampur dengan sup ikan, Tom Yam, dan hidangan Asia lainnya, segera tercium aroma yang khas. Daun ketumbar biasanya dicacah atau disobek lalu dididihkan. Daun ketumbar tidak hanya dicampur dalam masakan, tetapi juga digunakan untuk hiasan. Buah adalah bahan yang sering dikombinasikan untuk memasak untuk menambah rasa. Tidak hanya memiliki rasa yang kuat, tetapi juga rempah-rempah yang meningkatkan aroma saat menyajikan makanan.

Daun Pandan

Daun-Pandan-Aromatik
Daun Pandan Aromatik

Daun ini tentu sudah tidak asing lagi. Bentuk daunnya ramping, bertulang sedang, tipis, dan beraroma wangi khas. Daun pandan sering digunakan sebagai pewangi untuk memasak dan pembuatan kue. Uniknya bahwa daun ini juga memiliki kelebihan lain, yaitu sebagai pewarna hijau alami. Biasanya daun ini dirobek, diikat atau dijadikan jus untuk berbagai makanan manis, kolak dan makanan ringan pasar.

Daun Seledri

Daun-Seledri-Aromatik
Daun Seledri Aromatik

Daun seledri begitu poluler bagi masyarakat indonesia karena sering dijadikan penambah aroma dalam masakan indonesia. rasa kemangi yang segar selain dijadikan penambah aroma biasanya juga dijadikan pendamping masakan ikan dan ayam.

Daun Mint

Daun-Mint-Aromatik
Daun Mint Aromatik

Daun mint agak berbeda dengan daun aromatik lainnya, karena daun ini biasanya digunakan sebagai campuran minuman atau dessert, sensasi dingin dari daun mint ini, membuat minuman dan dessert menjadi menyegarkan

Daun Basil

Daun-Basil-Aromatik
Daun Basil Aromatik

Daun basil sekilas mirip dengan daun kemangi namun aroma daun basil tidak sekuat daun kemangi, meski kurang populer diindonesia namun di eropa daun basil digunakan sebagai campuran salad.

Demikianlah pembahasan tentang jenis daun aromatik semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: