12 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan

Posted on

Sawi Putih – Sawi putih (Brassica alba) adalah berbagai sayuran dari keluarga Brassica, seperti kol dan brokoli. Sawi jenis lainnya termasuk sawi putih, sawi hitam (Brassica nigra) dan sawi coklat (Brassica juncea). Sayuran dengan daun putih pucat berbentuk oval dan besar serta mudah ditemukan di Indonesia dengan harga terjangkau.

Kandungan sawi putih terdiri dari sejumlah nutrisi seperti kalium, magnesium, beta-karoten, kalsium, kalium, serat, glutamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, antioksidan dan beberapa nutrisi lainnya. Kandungan nutrisi memberi kita banyak manfaat.

Sawi-Putih
Sawi Putih

Manfaat Sawi Putih

Meningkatkan Tekanan Darah

Manfaat sawi putih termasuk kalium, yang sangat penting untuk melindungi seluruh tubuh dari peningkatan tekanan darah, sehingga risiko serangan jantung dapat dicegah. Kalium dalam sawi putih mentah bertindak sebagai vasolidator, memperlebar pembuluh darah dan memperlancar aliran darah

Meningkatkan Kesehatan Mata

Sawi putih mentah juga merupakan sumber beta-karoten yang sangat tinggi, menjadikannya jenis sayuran yang tepat yang dapat dikonsumsi untuk mencegah degenerasi makula, pembentukan katarak, dan berbagai penyakit mata lainnya. Bahkan, beta-karoten dalam sawi putih juga bertindak sebagai solusi kanker prostat karena efek karsinogeniknya pada sawi putih mentah

Menurunkan Berat Badan

Seperti halnya sayuran lain, manfaat serat makanan dalam sawi putih mentah sangat tinggi dan kandungan kalorinya sangat rendah, yaitu tidak lebih dari 33 kalori. Karena alasan ini, sawi putih paling baik dikonsumsi dalam keadaan mentah seperti salad atau jus yang disiapkan untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sawi putih mengandung berbagai jenis mineral penting, seperti manfaat kalium, kalsium dan magnesium, dan ketiga jenis mineral ini sangat penting dalam melindungi tulang dari osteoporosis, kelemahan tulang dan berbagai masalah lainnya.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat serat dalam sawi putih mentah juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, terutama usus. Anda hanya perlu makan sawi mentah mentah secara teratur untuk mempercepat proses pencernaan sambil mengeluarkan racun dan kotoran dari tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sawi putih paling baik dikonsumsi dalam makanan sehari-hari karena kemampuannya untuk menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Sawi putih mengandung kalsium dan kalium, yang sangat penting untuk pengaturan tekanan darah. Sementara kandungan natrium dalam sawi putih cukup rendah, itu baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Menjaga Sirkulasi Darah

Jika Anda ingin meningkatkan sirkulasi darah, mengkonsumsi sawi putih mentah adalah salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan. Sawi putih secara efektif menghilangkan hambatan dalam pembuluh darah, memungkinkan aliran darah dengan cepat kembali normal.

Merawat Kecantikan Kulit

Sawi putih mentah juga banyak dikonsumsi karena dianggap sebagai solusi alami untuk kecantikan kulit. Mengkonsumsi secara teratur sawi putih mentah meminimalkan jerawat dan iritasi kulit dengan mempercepat sirkulasi tubuh, sehingga kulit menerima nutrisi penting.

Anti Inflamasi

Sawi putih mentah juga bisa meredakan rasa sakit terkait peradangan. Kandungan glutamin dalam sawi putih dapat mengatasi berbagai jenis peradangan, alergi, nyeri sendi, iritasi, sakit kepala, demam dan bahkan berbagai penyakit kulit.

Meningkatkan Imunitas

Manfaat selanjutnya dari memakan sawi putih dalam keadaan mentah adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal Ini bisa terjadi karena kandungan vitamin C dalam sayuran sangat tinggi, sehingga sistem kekebalan tubuh diperkuat untuk menangkis berbagai jenis penyakit berbahaya.

Mencegah Osteoporosis

Sawi putih sebagai sumber vitamin K yang baik meningkatkan fungsi tulang dan mencegah osteoporosis. Kandungan vitamin D, kalsium dan kalium juga memiliki efek positif pada kepadatan tulang dan mencegah penyakit tulang.

Mencegah Kanker

Beta karoten Chicory bertindak sebagai solusi kanker prostat karena efek karsinogeniknya. Glukosinolat sebagai senyawa sulfur menghambat proses kanker pada berbagai tahap kanker prostat, payudara dan paru-paru.

Demikianlah pembahasan tentang sawi putih semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: