14 Manfaat Jeruk Nipis dan Kandungan Jeruk Nipis

Posted on

Jeruk Nipis – Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) telah lama dikenal sebagai tanaman yang kaya akan khasiatnya. Meskipun memiliki rasa asam dan pahit, ternyata manfaat jeruk nipis sangat penting bagi tubuh. Buah Jeruk nipis yang satu ini tidak hanya digunakan sebagai makanan tetapi juga dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk semua jenis penyakit.

Banyak orang sudah tahu manfaat jeruk nipis. Baik manfaat jeruk nipis untuk kesehatan maupun manfaat jeruk nipis untuk wajah, manfaat jeruk nipis untuk rambut dan manfaat jeruk nipis untuk diet.

Manfaat-Jeruk-Nipis
Manfaat Jeruk Nipis

Meskipun rasanya sangat asam atau kecut, buah jeruk nipis ternyata telah ditemukan mengandung banyak kandungan senyawa vitamin yang melindungi tubuh baik di dalam maupun di luar.

Kandungan Jeruk Nipis

Salah satu yang paling terkenal adalah vitamin C. Dibandingkan dengan varietas jeruk lainnya, jeruk nipis adalah jenis jeruk yang kaya akan vitamin C. Jeruk nipis tidak hanya mengandung vitamin C, tetapi juga vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat dan lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng dan gula. tidak lupa asam sitrat, yang membuat rasanya asam.

Manfaat Jeruk Nipis

Meremajakan Kulit

Jeruk nipis bisa diandalkan untuk kecantikan kulit. Jeruk nipis meremajakan kulit dan membuat kita terlihat lebih muda. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat kolagen. Konsumsi jus jeruk nipis dapat memberikan kelembaban dan meremajakan kulit.

Mencerahkan Wajah

Kulit juga terasa lebih ringan karena bisa mengangkat kulit mati. Anda bisa mengoleskan jeruk nipis ke wajah Anda dengan meletakkan jus jeruk nipis di wajah, membiarkannya bekerja selama beberapa menit, dan membilasnya dengan air jernih.

Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam

Jeruk nipis mengandung antibiotik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain jerawat, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda wajah. Anda bisa mencampur jeruk nipis dengan madu lalu oleskan ke wajah. Tunggu beberapa menit dan bilas dengan air jernih.

Mencegah Rambut Rontok dan Ketombe

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga baik untuk pencegahan kerontokan rambut. Caranya, potong jeruk nipis menjadi 3 bagian, lalu oleskan ke kulit kepala hingga merata. Biarkan rambut semalaman dengan membungkus kepala Anda dengan handuk. Lakukan 3 kali seminggu.

Menurunkan Berat Badan

Keuntungan selanjutnya dari jeruk nipis adalah dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Bagi Anda yang ingin diet, Anda bisa mencoba mengonsumsi jus jeruk nipis. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Ini bisa membakar kalori dan menghemat lebih sedikit lemak. Selain itu, kandungan vitamin C juga berperan dalam membakar lemak dalam tubuh. Seimbangkan dengan aktivitas fisik untuk membakar lebih banyak kalori.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan flavonoid dalam jus jeruk nipis dapat merangsang konsumsi enzim pencernaan. Sifat asam dari jeruk nipis dapat menyembuhkan sembelit, karena merangsang gerakan usus. Konsumsi jus jeruk nipis juga dapat memperlancar buang air besar (BAB).

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi jus jeruk nipis, dapat menjaga tubuh dalam kondisi prima dan dijauhkan dari virus dan bakteri.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium dan kalium dalam jeruk nipis dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Jadi Anda bisa mengonsumsi jus jeruk nipis setiap hari.

Menyembuhkan Amandel

Jeruk nipis juga cocok untuk pengobatan amandel. Caranya, potong 3 buah jeruk nipis, kemudian rebus dengan 2 gelas air, tunggu hingga air rebusan tersisa 3/4, saring air rebusan dan gunakan untuk berkumur. Kamu dapat melakukannya 3-4 kali sehari.

Menyembuhkan Batuk

Dalam jeruk nipis ada zat herbal alami. Batuk juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jus jeruk nipis. Rekomendasi konsumsi, Campur jus jeruk nipis dengan gula batu aduk hingga merata. Minumlah sehari sekali sampai batuk sembuh.

Melawan Infeksi

Jika Anda ingin tetap sehat terutama sekarang di musim hujan, minum jus jeruk nipis dapat membantu. Vitamin C dan antioksidan yang dikandungnya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memerangi infeksi seperti virus influenza. Bahkan air dari buah ini dapat mempersingkat durasi penyakit.

Mencegah Kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak dapat dikendalikan dan dikembangkan di berbagai bagian tubuh. Dengan meminum jus jeruk nipis, risiko mengembangkan sel kanker dapat dikurangi dan penyakitnya dapat dikendalikan. Sifat antioksidannya juga mendorong pertumbuhan sel yang sehat dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

Mengurangi Peradangan

Artritis, asam urat, dan masalah persendian lainnya biasanya disebabkan oleh peradangan. Vitamin C dalam jeruk nipis dapat menurunkan tingkat peradangan di tubuh Anda. Selain itu, jeruk nipis juga bisa menurunkan kadar asam urat.

Anti Penuaan

Tahukah Anda bahwa Vitamin C membantu produksi kolagen? Vitamin C membantu Anda tetap awet muda, karena kolagen membuat kulit Anda awet muda. Antioksidan jeruk nipis juga membantu memerangi radikal bebas yang mempercepat penuaan.

Demikianlah pembahasan tentang jeruk nipis semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: