13 Manfaat Kacang Mete dan Kandungan Kacang Mete

Posted on

Kacang Mete – Kacang mete atau kacang mede adalah makanan yang sangat banyak manfaatnya. Selain rasanya yang enak, kandungan zat dan vitamin dalam kacang mete sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Terkadang kita menemukan kacang mete yang digunakan sebagai selai untuk roti atau sebagai camilan. Jangan khawatir jika Anda suka kacang mete yang digoreng atau dipanggang. Karena mengkonsumsi kacang mete sebenarnya sehat dan juga kaya manfaat. Tapi tentu saja harus dalam batas yang wajar.

Kacang-Mete
Kacang Mete

Kandungan Kacang Mete

Manfaat kacang mete, yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dikandungnya. Berikut ini adalah ringkasan dari kandungan kacang mete.

  1. Tembaga
  2. Magnesium
  3. Zeaxanthin dan Lutein
  4. Protein
  5. Lemak tak jenuh tunggal dan ganda
  6. Zat Besi
  7. Vitamin E
  8. Vitamin B6
  9. Kalium
  10. Asam Folat
  11. Karbohidrat
  12. Zinc
  13. Selenium
  14. Flavanol
  15. Asam Linoleat dan Asam Oleat

Manfaat Kacang Mete

Tingkatkan Stamina

Kandungan kalori dalam kacang mete sangat tinggi, sehingga bisa menjadi nutrisi yang sangat baik bagi kita yang sedang kekurangan energi. Kalori adalah sumber energi utama yang dapat meningkatkan energi dan stamina untuk beraktivitas.

Merawat Kesehatan Rambut dan Kulit

Kacang mete juga kaya akan tembaga dan mineral, yang merupakan komponen penting untuk pengaturan enzim dan produksi tembaga. Dalam enzim yang mengandung tembaga adalah tirosin, tirosin diubah menjadi melanin yaitu pigmen yang memberikan kesehatan pada kulit rambut dan warna rambut.

Mencegah Kanker

Kacang mete juga mengandung proanthocyanidins, salah satunya adalah zat flavanol, zat yang bisa menghentikan pertumbuhan tumor dan menghentikan perkembangan sel kanker. Satu studi menemukan bahwa kacang mete dapat menurunkan risiko kanker usus.

Hal ini karena kacang mete memiliki kandungan tembaga yang sangat tinggi, Selain itu, kacang mete juga dapat menghilangkan radikal bebas sebagai sumber phytochemical dan antioksidan yang melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung.

Mengontrol Berat Badan

Kandungan lemak dalam kacang mete juga sangat tinggi. Tetapi lemak yang terkandung dalam kacang mete adalah sejenis lemak yang baik untuk tubuh (HDL). Selain itu, kandungan lemak kacang mete lebih rendah dibandingkan dengan kacang almond, kacang tanah dan jenis kacang lainnya.

Menyehatkan Jantung

Kacang mete mengandung asam oleat, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat membantu mengurangi kadar trigliserida, yang berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan jantung. Kandungan magnesiumnya dapat membantu mencegah serangan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Mencegah Batu Empedu

Sebuah penelitian, Menemukan bahwa mengkonsumsi kacang mete dapat mengatasi batu empedu. Studi yang dilakukan oleh Nurses Health Study menemukan bahwa 80.000 wanita menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya 1 ons kacang mete atau selai kacang mete setiap minggu memiliki risiko 25% lebih rendah terkena batu empedu.

Dalam 1 ons kacang mete sekitar 2 sendok makan. mengkonsumsi kacang mete secara teratur sangat baik untuk pencegahan batu empedu, untuk kepentingan kesehatan kita dan keluarga kita di masa depan.

Baik untuk Kesehatan Saraf

Kacang mete mengandung magnesium, yang dapat membuat saraf Anda lebih rileks. Hal Ini membuat pembuluh darah dan otot terlihat lebih rileks. Terlalu sedikit magnesium dalam tubuh menyebabkan terlalu banyak kalsium memasuki sel-sel saraf, yang dapat menyebabkan kontraksi yang berlebihan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan magnesium dalam kacang mete sesuai dengan fungsi kalsium. Ini berguna untuk menguatkan tulang. Magnesium bertindak sebagai komponen tulang yang menggabungkan kolagen dan elastin, dan didukung oleh tembaga-seng, menjaga tulang dan sendi dalam substansi dan fleksibilitas.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam kacang mete memiliki efek yang sangat positif pada kesehatan mata. Kedua komponen nutrisi ini berkontribusi signifikan untuk mengurangi risiko pembentukan katarak.

Menurunkan Depresi

Kacang mete mengandung asam amino L-tryptophan, yang dapat menstimulasi serotonin di otak. Kehadiran serotonin telah terbukti mempengaruhi suasana hati dan mengurangi perasaan sedih.

Mengoptimalkan Fungsi Darah

Kacang mete mengandung zat besi dan tembaga. Ini membuat kacang mete bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi darah. Selain itu, khasiat kacang mede yang satu ini juga meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dan saraf.

Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat kacang mete untuk meningkatkan kecerdasan otak dihasilkan dari kandungan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang keduanya dibutuhkan untuk menghasilkan sel-sel otak. Selain itu, kacang mete menyebabkan aliran oksigen ke otak menjadi lancar. Jika Anda ingin meningkatkan kecerdasan otak bayi Anda, olahan kacang mete adalah salah satu pilihannya.

Mencegah Sakit Kepala

Sakit kepala adalah suatu kondisi di mana bagian dari kepala Anda terasa sakit luar biasa dan sangat mengganggu aktivitas. Kondisi sakit kepala ini diketahui beberapa jenis. Mulai dari sakit kepala, Vertigo dan lainnya.

Bagaimana Anda bisa mencoba mencegah sakit kepala ini? Sakit kepala bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan tinggi magnesium dan kalium. Salah satu makanan ini adalah kacang mete. Jadi pastikan untuk mencoba manfaat kacang mete untuk konsumsi sehat Anda.

Demikianlah pembahasan tentang kacang mete semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya