15 Khasiat Daun Gedi untuk Kesehatan dan Kandungan Senyawa Daun Gedi

Posted on

Khasiat Daun Gedi – Daun Gedi tidak berarti bahwa daun ini memiliki bentuk yang besar. Daun dengan nama Latin Abelmoschus manihot L memiliki segmen yang cukup kuat, yang hampir mirip dengan daun pepaya.

Dan daun gedi adalah salah satu sayuran, dan tidak jarang orang memanfaatkannya untuk menyiapkan hidangan dengan cara menumisnya dengan cabai dan bawang putih.

Daun-Gedi
Daun Gedi

Jadi daun gedi tidak hanya digunakan untuk persiapan hidangan, tetapi juga sebagai obat herbal. Dan tak lain karena isinya sangat banyak dan mampu mengobati berbagai penyakit. Dari penyakit ringan hingga berat.

Kandungan Senyawa Daun Gedi

Beberapa vitamin ; vitamin A, vitamin C

Kalium, Thiamin mineral, Asam folat, Zat kolagen, Riboflavin, Flavonoid, Methanol, Polifenol, Saponin, Alkaloid

Khasiat Daun Gedi

Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A pada daun Gedi ini sangat tinggi dan dapat mencegah berbagai jenis penyakit mata.

Jadi daun ini hampir identik dengan wortel, yang juga memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi. konsumsi daun gedi Sekali sehari, mata Anda akan lebih cerah dan lebih bersinar dan tidak akan terlihat layu atau kecoklatan.

Menurunkan Kolesterol

Kadar darah yang mengandung kolesterol berisiko mengalami aterosklerosis. Mengkonsumsi daun Gedi memberikan efek perlindungan pada sel.

Senyawa flavanoid yang terkandung dalam daun Gedi menyebabkan atom hidrogen dalam rantai lemak menjadi lebih stabil dan menghambat proses autoksidasi.

Mengobati Maag

Kebiasaan makan yang tidak sehat atau tidak teratur dapat menyebabkan sakit maag. Dengan mengonsumsi air rebusan atau jus dari daun Gedi.

Konsumsi Ramuan daun gedi Setidaknya sekali sehari, baik pada waktu malam hari menjelang tidur dan pagi hari, sakit maag Anda dapat sembuh.

Mencegah Serangan Jantung

Di dalam daun Gedi adalah komponen flavanoid yang dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Dengan mengonsumsi daun gedi, tekanan darah dapat menormalkan dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. selain itu, dinding kapiler darah bisa diperkuat.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Adalah Penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan dalam pembuluh darah dapat mempengaruhi organ lain seperti jantung. Bahan-bahan seperti flavonoid dalam daun Gedi meningkatkan aliran darah ke jantung dan otak.

Antiinflamasi

Biasanya masyarakat di Afrika, yang juga akrab dengan daun ini, digunakan sebagai ramuan untuk mengurangi peradangan atau pembengkakan akibat infeksi.

Tidak hanya itu mereka menggunakannya untuk abses atau nanah. Ini disebabkan kandungan polifenol dan flavonoid yang bisa mengatasi peradangan.

Mengobati Diabetes

Tidak hanya di daun salam dan juga juga di daun ceri yang bisa menurunkan kadar gula darah. Namun, daun Gedi juga memiliki sifat serupa yang dapat menurunkan kadar gula darah ke tingkat normal.

Dan penderita diabetes biasanya mengonsumsi air rebusan atau jus dari daun gedi setidaknya sekali sehari.

Mengobati Gangguan Pernafasan pada Ibu Hamil

Racikan untuk membuat ramuan dari daun Gedi segar dan biji fenugreek, tanaman semak berbunga putih dari keluarga kacang dengan biji aromatik yang biasanya digunakan dalam bubuk kari.

Kemudian amonium klorida dan madu ditambahkan sebagai tonik yang efektif untuk menyembuhkan bronkitis, asma, dan batuk kering. Ini dapat meningkatkan resistensi terhadap infeksi saluran pernapasan. Campuran ini disiapkan hingga 30 ml tiga kali sehari.

Mencegah Osteoporosis

Obat herbal yang diolah dari daun gediini sangat cocok untuk dikonsumsi pada usia lanjut atau di atas 50-an.

Karena bahan aktif dalam daun ini mencegah keropos tulang.

Mencegah Imsonia

Bagi ibu hamil yang sulit tidur seperti insomnia, maka dapat diatasi dengan daun ini. Cara meraciknya adalah dengan merebus daun gedi dan dapat diminum seminggu sekali, saat malam menjelang tidur malam. Tak hanya itu setelah bangun tidur, buang air besar menjadi lebih lancar.

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Jika Anda memakannya secara teratur setidaknya dua hingga tiga kali seminggu, sistem kekebalan dalam tubuh terbangun. Jadi tidak mudah sakit, seperti demam, flu, panas dan lainnya.

Menyembuhkan Luka

Hal Ini karena aktivitas petroleum eter dan ekstrak metanol yang terkandung di dalamnya. Kandungannya tersebut berada di batang tanaman ini.

Proses penyembuhan luka ini penting karena ekstrak ester Ini ditunjukkan dalam penelitian pada tikus yang terluka, dan penyembuhan luka lebih cepat.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat berakibat fatal, misalnya. Stroke. Mengkonsumsi ekstrak dari daun Gedi menormalkan tekanan darah.

Menghaluskan Kulit

Daun gedi mengandung kolagen yang bermanfaat sebagai pelembab kulit. Dalam hal ini, wanita hamil tidak hanya dapat menghaluskan kulit, karena daun Gedi memiliki fungsi untuk mempercepat sirkulasi darah. Cara meraciknyanya dengan minum air rebusan daun gedi.

Mencegah Infeksi

Infeksi yang berhubungan dengan pembengkakan dan peradangan tentu sangat menyakitkan. Bahan-bahan seperti flavonoid dan polifenol pada daun Gedi memiliki efek anti-inflamasi. Dengan demikian, pembengkakan tidak meningkat dan juga mencegah infeksi karena luka.

Demikianlah pembahasan tentang khasiat daun gedi semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: