10 Manfaat Daun Jati dan Kandungan Senyawa Daun Jati

Posted on

Manfaat Daun Jati – Daun jati adalah jenis daun dengan ukuran cukup besar untuk satu daun. Sejauh ini kita mengenal pohon jati sebagai pohon yang memiliki kualitas terbaik untuk dijadikan bahan untuk pembangunan rumah atau untuk perabotan. Selain pohon jati, yang bisa hidup bertahun-tahun dengan ketinggian hampir 3 meter, daun pohon ini juga bisa digunakan untuk keperluan lain. Terutama hubungannya di dunia kesehatan.

Penggunaan daun jati dalam kegiatan sehari-hari biasanya digunakan sebagai pembungkus makanan karena daunnya tebal dan lebar. Selain itu, dedaunan ini memberikan aroma khas pada makanan dalam kemasan. Keunggulan lain dari daun jati adalah kemampuannya mengatasi berbagai penyakit. Daun ini mengandung saponin, tanin, kuinon, flavonoid dan beberapa zat lain yang menyehatkan tubuh.

Daun-Jati
Daun Jati

Kandungan Senyawa Daun Jati

  1. Tanin: Daun jati mengandung tanin yang memiliki fungsi antibakteri. Dengan kehadiran tanin, daun jati memiliki keunggulan sebagai perlindungan eksternal terhadap bakteri dan dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh.
  2. Saponin: Senyawa saponin berfungsi sebagai antioksidan yang melawan berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, saponin dapat mencegah penuaan dini dan memperlama penuaan.
  3. Flavonoid: Flavonoid memiliki manfaat dalam memerangi alergi, sehingga tubuh selalu aman dan dapat menghilangkan efek alergi yang menyebabkan gatal atau bengkak.
  4. Kuinon: kuinon dalam daun jati memiliki fungsi sebagai vitamin dalam tubuh.
  5. Quercetin: Quercetin memiliki keunggulan dalam pencegahan berbagai penyakit jantung.

Manfaat Daun Jati

Mencegah Asma

Daun pohon jati memiliki manfaat untuk mengurangi dan mencegah asma. Goswami et al. (2010) melakukan penelitian menggunakan model hewan. Dan dalam penelitian ini, ekstrak dari daun tanaman jati ditemukan memiliki efek yang signifikan sebagai anti asma.

Menurunkan kolesterol

Khasiat daun jati bagi tubuh sangat bermanfaat, yaitu menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol berlebihan dalam tubuh Anda harus dihilangkan agar tidak menumpuk dan akhirnya menjadi penyakit berbahaya.

Obat Cacingan

Dipercayai bahwa daun pohon jati melawan infeksi parasit seperti cacing. Guraraj et al. (2011) menemukan bahwa ekstrak daun jati dapat digunakan untuk mengobati cacingan.

Penelitian ini dilakukan dengan menentukan waktu kelumpuhan dan kematian cacing terhadap obat piperazine sitrat standar. hasilnya, daun pohon jati memiliki efek yang cukup kuat, seperti piperazine citrate terhadap cacing penyebab penyakit.

Mencegah Hipertensi

Khasiat daun jati sangat efektif untuk mencegah hipertensi. Kandungan senyawa dalam daun ini sangat baik untuk menjaga tekanan darah di tubuh Anda sehingga tidak menyebabkan hipertensi.

Perawatan Kulit

Daun pohon jati dapat digunakan sebagai antiinflamasi pada kulit. Anda bisa mengambil daun tanaman jati dengan diperas atau menggiling. Setelah itu, jus daun jati dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi peradangan kulit seperti jerawat. Daun ini juga bisa membantu kulit gatal.

Mencegah Anemia

Khasiat daun jati untuk menjaga kesehatan tubuh juga ditingkatkan dengan kegunaannya dalam pencegahan anemia. Daun ini bertindak sebagai penguat sel darah merah dalam tubuh Anda sehingga anemia dapat dicegah.

Agen Diuretik

Dipercaya bahwa daun jati mendukung diuretik dalam tubuh, menyebabkan Anda buang air kecil lebih sering. aqueous extract dari daun pohon jati memiliki efek diuretik menurut Phalphale (2013).

Baik Untuk Diet

Khasiat daun jati bagi wanita yang ingin diet bisa dicoba. Siapa sangka jika daun lebar ini bisa menjadi bahan alami yang berguna untuk menjadikan berat badan ideal dan tentu saja lebih sehat.

Antioksidan

Daun jati mengandung antioksidan tubuh sendiri melawan radikal bebas. Ramachandrana et al. (2011) menemukan bahwa komponen fenolik dalam daun jati memiliki antioksidan yang sangat baik. Radikal bebas sendiri dapat menjadi penyebab pertumbuhan sel kanker dan penuaan dini.

Mencegah Diare

Jangan biarkan diare menyerang Anda dan mengganggu aktivitas Anda. Atasi penyakit pencernaan ini dengan mencoba daun jati. Khasiat daun ini membantu menyembuhkan diare dengan cepat.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat daun jati semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya