Daun Kubis : 15 Manfaat Daun Kubis untuk Kesehatan

Posted on

Daun Kubis – Kubis atau yang oleh sebagian orang di Indonesia disebut kol adalah jenis sayur yang dikonsumsi dengan berbagai olahan. Dimulai dengan sayuran segar, campuran gado-gado, bakwan isi dan disiapkan sebagai sup sayur.

Sayuran dengan nama latin brassica oleracea masih keluarga dengan sayuran serupa seperti brokoli dan kubis Brussel. Bentuknya unik dalam bentuk daun bundar atau oval yang berkontraksi menjadi lingkaran. Daunnya hijau dan ada pula yang putih. Tersedia dalam beberapa jenis termasuk kubis ungu, hijau dan keriting.

Daun-Kubis
Daun Kubis

Tidak hanya enak dikonsumsi kol, tetapi juga baik untuk kesehatan Anda dan dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Dengan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, C, K, beta karoten, magnesium, kalsium, kalium, fenol, sulfur, zat besi, riboflavin dan asam folat.

Manfaat Daun Kubis

Meningkatkan Sistem Imun

Kubis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini disebabkan kandungan vitamin C di dalam kol. Kandungan vitamin C dalam kol membuat tanaman kubis termasuk tanaman yang kaya akan antioksidan.

Antioksidan dalam kubis juga berguna untuk proses detoksifikasi tubuh. Efektivitas lain dari kubis oleh kandungan antioksidannya adalah penghilangan racun dari tubuh. Darah dalam tubuh menjadi bersih karena bebas dari racun.

Mencegah Pertumbuhan Kanker

Kubis mengandung sifat anti-kanker, termasuk lupeol, sinigrin, diindolylmethane (DIM), indole-3-carbinol (I3C) dan sulforaphane, yang membantu mempertahankan enzim dan menghambat pertumbuhan tumor. Senyawa kubis sulforaphane dan I3C, keduanya telah terbukti meningkatkan aktivitas antikanker dari taxol obat kemoterapi.

Sebuah studi dengan wanita Cina menunjukkan bahwa konsumsi sayuran (seperti kol, brokoli, kembang kol dan kubis Brussel) dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara secara signifikan.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan seratnya yang tinggi menjadikan kol sebagai makanan yang sangat baik untuk kesehatan organ pencernaan.

Serat makanan dapat membantu buang air besar makanan, sehingga usus tidak harus bekerja terlalu keras.

Selain itu, feses melunak untuk mencegah berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare atau risiko wasir.

Mengobati Radang Perut

Kubis adalah salah satu solusi alami terbaik untuk radang perut (disebut gastric ulcers).

Sebuah studi di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford menemukan bahwa jus kubis segar sangat efektif dalam pengobatan tukak lambung.

Sifat anti-inflamasi kol disebabkan oleh tingginya kandungan glutamin.

Menjaga Kesehatan Mata

Kubis juga dikonsumsi dengan sangat baik sebagai asupan makanan untuk kesehatan mata.

Dengan kandungan beta karotennya, berguna untuk meningkatkan penglihatan, mempertahankan visibilitas pada orang tua, dan mencegah katarak.

Mengobati Peradangan dan Infeksi

Peradangan dan infeksi sering terjadi pada banyak orang. Jangan terlalu cepat meminum obat kimia untuk infeksi atau peradangan. Manfaat kubis mampu mengobati peradangan dan infeksi.

Kandungan sulfur dan glutamin dalam kol memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Efektivitas kubis mungkin untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi, iritasi dan lain-lain. Selain itu, kubis juga efektif mengobati infeksi karena dapat melawan mikroba penyebab infeksi.

Mencegah Resiko Katarak

Kubis juga kaya akan beta-karoten, yang melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia dan mencegah katarak.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, disarankan agar Anda mengonsumsi makanan rendah kalori, tinggi serat yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Contohnya adalah kol, jadi sayuran ini layak dimasukkan dalam menu harian Anda.

Menjaga Kesehatan Jantung

Anda mungkin tidak pernah memikirkannya sebelumnya ketika kol efektif dalam menjaga kesehatan jantung. Kubis mengandung polifenol, yang sangat umum. Kandungan polifenol dapat menurunkan kolesterol LDL darah.

Seperti diketahui, kolesterol LDL adalah kolesterol jahat yang dapat membahayakan kesehatan jantung. Ketika kadar kolesterol LDL turun, itu juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menjadikan jantung lebih sehat.

Membantu Mengurangi Resiko Alzheimer

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi kol dapat mengurangi risiko Alzheimer.

Kubis mengandung vitamin K dan anthocyanin, antioksidan yang membantu mengurangi plak di otak. Jadi dia bisa mencegah penyakit Alzheimer.

Sebagai Nutrisi Otak

Kubis juga merupakan makanan yang sangat baik untuk otak karena mengandung antosianin dan vitamin K, yang keduanya membantu meningkatkan konsentrasi otak.

Vitamin K juga digunakan dengan sangat baik untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh penurunan fungsi otak, seperti demensia dan Alzheimer.

Mengontrol Tekanan Darah

Tubuh membutuhkan tekanan darah normal yang tidak tinggi dan tidak rendah. Tekanan darah tinggi (hipertensi) atau tekanan darah rendah (hipotensi) keduanya tidak sehat. Keduanya dapat membuat tubuh sakit dan menyebabkan penyakit lain.

Tanaman kubis khususnya mengandung anthocyanin, yang membuat arteri lebih fleksibel dan dapat menurunkan tekanan darah. Manfaat kol ini juga berkaitan erat dengan kesehatan jantung.

Mengobati Sembelit

Kandungan serat yang tinggi di dalam kol membantu menstimulasi sistem pencernaan dan dengan demikian menghilangkan sembelit.

Membantu Kesehatan Tulang

Kubis mengandung beberapa mineral penting seperti magnesium, kalsium, dan kalium, yang sangat baik untuk kesehatan tulang, sehingga tulang menjadi sehat dan terlindungi dari berbagai penyakit seperti osteoporosis.

Merawat Kulit dan Wajah

Kulit dan wajah yang sehat dan indah adalah impian bagi semua orang, terutama bagi wanita. Anda tidak harus pergi ke salon atau menggunakan berbagai jenis perawatan kecantikan. Manfaat kubis dapat merawat kulit dan tubuh Anda dengan sangat baik.

Berbagai jenis bahan dalam kol seperti antioksidan, sulfur dan anthocyanin berperan penting dalam kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan tersebut dapat mengatasi tanda-tanda penuaan seperti keriput, noda dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan tentang daun kubis semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya