12 Manfaat Kulit Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Posted on

Kulit Jeruk Nipis – Jeruk nipis adalah salah satu jeruk yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Tidak seperti lemon, jeruk nipis memiliki bentuk yang sedikit bulat. Selain itu, kulit jeruk nipis memiliki warna hijau yang kaya dan berpori halus.

Jeruk nipis biasanya digunakan untuk menetralisir bau ikan. air perasan ini terkadang digunakan sebagai campuran minuman agar terasa lebih segar.

Kulit-Jeruk-Nipis
Kulit Jeruk Nipis

Selama ini, penggunaan jeruk nipis hanya terbatas pada air perasannya saja. Sedangkan kulit jeruk nipis biasanya dibuang begitu saja karena dianggap memiliki rasa pahit. Padahal, kulit jeruk jenis ini memiliki khasiat yang tidak kalah besar dengan airnya yang memiliki rasa asam yang menyegarkan.

Manfaat Kulit Jeruk Nipis

Anti Kolesterol

Diyakini bahwa kulit jeruk nipis hampir sama dengan buah yaitu menghambat kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh. Senyawa anti kolesterol umumnya mudah ditemukan di kulit jeruk. Kulit jeruk nipis yang cukup tipis membantu melawan LDL atau jenis kolesterol jahat yang ditemukan dalam tubuh karena faktor gaya hidup dan makanan.

Membantu Merawat Jantung

Karena diyakini mampu mengatasi kolesterol, jantung secara otomatis dirawat. Karena di kulit jeruk nipis, ada senyawa yang juga memecah plak kolesterol, yang terletak di luar jantung. Jika plak sudah tertutup, jantung akan menjadi sehat secara otomatis.

Mengatasi Rasa Mulas

Seringkali, rasa mulas di perut dapat diatasi dengan khasiat kulit jeruk nipis. Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa kimia dalam kulit jeruk nipis dapat mengatasi rasa mulas dalam perut.

Mengatasi Maag

Selain rasa mulas di bagian perut, khasiat kulit jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat untuk sakit maag. Dengan penggunaan kulit jeruk nipis secara teratur, sakit maag tersebut berangsur-angsur sembuh dan menghilang.

Meringankan Mual

Manfaat kulit jeruk nipis tidak hanya dalam mengatasi masalah perut, tetapi juga dalam meredakan mual. Aroma khas kulit jeruk nipis menjadi aroma terapi yang mudah diterima oleh tubuh. Terutama bagi mereka yang sering menderita mabuk laut, sangat disarankan untuk menggunakan kulit jeruk nipis sebagai pencegah mabuk perjalanan. Tidak hanya murah tetapi juga alami dan memiliki aroma yang sangat menenangkan.

Menyehatkan Pencernaan

Mual tidak hanya bisa pergi, tetapi juga bisa menyehatkan saluran pencernaan. Pencernaan yang sehat tentu juga akan membuat tubuh sehat. Cara penggunaannya sangat mudah. Saat Anda mengonsumsi teh hangat, peras kulit jeruk nipis, yang kemudian diaduk agar tercampur rata. Ini dapat membuat pencernaan menjadi sehat karena, menurut penelitian, 100 gram kulit jeruk mengandung 10,6 gram serat yang baik untuk tubuh.

Mencegah Sindrom Iritasi Usus

Kulit jeruk nipis tidak hanya dapat meningkatkan pencernaan, tetapi juga mencegah sindrom iritasi usus. Usus adalah bagian dari tubuh yang rentan terhadap kuman dan bakteri dari makanan. Untuk memerangi kuman ini, kulit jeruk yang diekstrak dalam teh, dll dapat dimanfaatkan.

Mencegah Kanker Kulit

Flavonoid yang ditemukan dalam kulit jeruk nipis mengandung vitamin C, yang juga menghambat pertumbuhan sel kanker. Bagi Anda yang ingin sehat dan tidak memiliki kanker kulit, gunakan kulit jeruk sebagai obat anti kanker. Penyakit kanker adalah penyakit yang saat ini banyak menghilangkan nyawa.

Mencegah Kanker Paru-paru

Paru-paru adalah organ yang sangat penting bagi manusia. Sebisa mungkin harus dijaga agar tetap sehat dan tidak terserang penyakit. Namun, karena gaya hidup yang tidak sehat, banyak yang terkena kanker paru-paru. Untuk mencegahnya, Anda juga bisa menyeduh kulit jeruk nipis sebagai campuran teh.

Mengusir Gigitan Nyamuk

Kulit jeruk nipis mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk. Kendati demikian, dengan aroma yang berasal dari kulit jeruk nipis. Karena itu, perasan air kulit jeruk ini juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk mengusir nyamuk.

Meringankan Penyakit Bronkitis

Aroma kulit jeruk nipis tidak hanya bisa mengusir nyamuk. Ketika diseduh dengan air hangat, aroma kulit jeruk juga memiliki efek menenangkan dan melegakan pada pernapasan dan karenanya sangat baik untuk pasien bronkitis.

Menurunkan Berat Badan

Bukan rahasia lagi bahwa jeruk nipis membantu menurunkan berat badan dengan sangat efektif. Namun tidak cukup buah, kulit jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Caranya adalah kulit jeruk yang diiris tipis, yang harus dicuci sebelumnya. Kemudian aduk dengan air panas, yang bisa diminum untuk menurunkan berat badan.

Demikianlah pembahasan tentang kulit jeruk nipis semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya