12 Manfaat Buah Anggur Hitam untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Anggur, buah berukuran bulat kecil ini dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan nutrisi. Anggur kaya akan antioksidan dan memiliki sejumlah khasiat yang dapat menangkal berbagai penyakit.

Dalam kategori berry ada berbagai jenis anggur yang populer di dunia. Salah satunya adalah anggur hitam yang umum di Indonesia. Meski warnanya berbeda, namun kandungan anggur hitam tidak berbeda dengan jenis anggur lain yang berwarna merah atau hijau.

Manfaat-Buah-Anggur-Hitam
Manfaat Buah Anggur Hitam

Anggur hitam sangat kaya akan vitamin dan mineral. Hal ini termasuk vitamin A, C, K, kalsium, yodium, mangan, kalium, zinc dan selenium.
Selain itu, anggur hitam memiliki rasa yang lebih manis dan segar daripada anggur lainnya dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Buah Anggur Merah

Mengatur Gula Darah

Mengkonsumsi anggur hitam membantu menyembuhkan diabetes. Hal ini karena resveratrol, sejenis fenol alami yang ditemukan dalam anggur hitam yang bertanggung jawab untuk meningkatkan sekresi dan sensitivitas insulin untuk menjaga kadar gula darah.

Meningkatkan Fungsi Otak

Konsumsi anggur hitam secara teratur meningkatkan konsentrasi, memperkuat daya ingat, menyembuhkan migrain dan demensia, serta mencegah penyakit Alzheimer. Anggur hitam bertindak seperti buah yang melindungi otak.

Melindungi Jantung

Fitokimia dalam anggur hitam membantu mengurangi kerusakan otot jantung dan menurunkan serta mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. hal ini dapat mencegah serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Meningkatkan Penglihatan

Anggur hitam mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan karotenoid diketahui membantu menjaga penglihatan yang baik. Konsumsi anggur hitam menawarkan perlindungan yang cukup dengan melindungi kerusakan oksidatif pada retina dan mencegah kebutaan.

Mencegah Kanker

Anggur hitam memiliki sifat antimutagenik dan antioksidan yang sangat efektif dalam memerangi semua kanker, termasuk kanker payudara. Resveratrol senyawa yang ditemukan dalam anggur hitam dapat menghancurkan sel kanker.

Membuat Rambut Sehat

Anggur hitam mengandung antioksidan dan vitamin E yang meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan mencegah kerontokan rambut yang berlebihan. Vitamin E ini dapat menguatkan dan mengurangi rasa gatal di kulit kepala sehingga mengurangi ketombe.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi Anggur hitam kaya akan vitamin C, vitamin K dan vitamin A serta flavonoid dan mineral yang memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Anggur juga kaya akan gula dan asam organik yang membantu membersihkan sembelit dan gangguan pencernaan serta mengobati masalah ginjal.

Menjaga Kesehatan Tulang

Senyawa yang terkandung dalam anggur hitam dapat membantu dalam pengobatan sindrom metabolik. Sindrom metabolik meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes, yang dapat menyebabkan keropos tulang. Mengkonsumsi anggur hitam juga mencegah osteoporosis.

Menjaga Berat Badan

Anggur hitam mengandung sifat antioksidan yang membantu menghilangkan racun yang tidak diinginkan yang menumpuk di dalam tubuh, menyebabkan penurunan berat badan. Anggur hitam rendah kalori yang Anda makan setiap hari membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

Menyehatkan Kulit

Antioksidan dalam anggur hitam melindungi terhadap sinar UV yang berbahaya. hal ini mengandung vitamin C dan vitamin E yang meremajakan sel-sel kulit dan memastikan kelembaban kulit yang sesuai.

Mencegah Serangan Jantung

Anggur hitam juga bisa mencegah serangan jantung. Karena anggur hitam mengandung nitric oxide, yang melindungi kesehatan jantung dan juga bisa mencegah serangan jantung. Peningkatan aliran darah secara otomatis dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Meningkatkan Daya Ingat

Beberapa studi menarik telah menunjukkan efek anggur pada pembelajaran dan memori. Sebuah studi 12 minggu pada 111 orang dewasa yang sehat menemukan bahwa menambahkan 250 mg anggur sehari meningkatkan nilai awal untuk tes kognitif. Tes ini mengukur daya ingat, keterampilan bahasa, dan perhatian.

Studi lain menemukan bahwa 8 ons jus anggur hitam sehari dapat meningkatkan mood dan meningkatkan kecepatan memori. Penelitian lebih lanjut sedang dilakukan untuk menentukan apakah anggur dapat membantu melawan penyakit Alzheimer.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah anggur hitam semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya