13 Manfaat Buah Ara untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah ara sudah lama dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sejumlah zat yang terkandung di dalam buah ara dapat membawa manfaat kesehatan dan kecantikan.

Tidak mengherankan bahwa jenis buah ara ini kemudian menjadi populer dan tersebar luas bahkan dalam kondisi kering. Namun, pohon ara hanya bisa tumbuh di daerah tertentu.

Manfaat-Buah-Ara
Manfaat Buah Ara

Ketikabuah ara ini dibawa sebagai oleh-oleh, mereka sering dikeringkan terlebih dahulu untuk membuatnya lebih tahan lama. Dikutip dari beberapa sumber, merangkum manfaat buah ara ketika dikonsumsi.

Manfaat Buah Ara

Menurunkan Tekanan Darah

Buah ara adalah buah yang baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Buah ini memiliki asupan kalium dan mineral yang dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Mengontrol berat badan

Buah ara sangat tinggi serat. Buah ini adalah pilihan yang paling cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Diet tinggi serat bisa memperlambat pencernaan dan menghilangkan rasa lapar.

Mencegah Risiko Kanker Payudara setelah Menopause

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi buah ara secara teratur dapat mengurangi risiko kanker payudara setelah menopause hingga 34 persen. Karena itu, banyak dokter menyarankan untuk meningkatkan asupan buah ara pada wanita menopause.

Mengobati kelemahan seksual

Buah ara memiliki sifat afrosodiak yang dapat mengobati kelemahan seksual. Buah ini merangsang pelepasan hormon seks yang tepat sehingga berfungsi sebagai obat melawan disfungsi seksual.

Memperkuat tulang

Buah ara sangat kaya akan kalsium dan mineral yang membantu meningkatkan kepadatan tulang. Kandungan kalium yang sangat tinggi pada buah ara dapat mencegah pembuangan kalsium urin yang disebabkan oleh diet yang asin.

Jantung yang sehat

Konsumsi ara dapat menurunkan kadar trigliserida darah. Trigliserida adalah bentuk utama lemak yang bersirkulasi dalam darah. Kadar trigliserida yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan obesitas dan masalah jantung.

Mengurangi Efek Diabetes

Buah ara memiliki sifat anti-diabetes yang dapat membantu Anda menurunkan gula darah. Ekstrak daun ara juga cocok dikonsumsi saat perut kosong di pagi hari.

Mengatasi Anemia

Manfaat ara selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi gejala anemia. Kekurangan darah atau anemia adalah suatu kondisi kekurangan sel darah merah dalam tubuh yang disebabkan oleh berbagai alasan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Kandungan zat besi dan multivitamin dalam buah ara dapat meningkatkan produksi sel darah merah sehingga kadar eritrosit meningkat.

Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat buah ara yang tidak boleh hilang selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Buah ara dapat mencegah degenerasi makula, penyakit yang dapat membuat mengalami penurunan penglihatan. Manfaat ini dapat dicapai melalui kandungan vitamin A dan karotenoid yang dikandungnya.

Pengobatan Radang Tenggorokan dan Amandel

Radang tenggorokan adalah suatu kondisi yang tidak boleh diremehkan karena sangat mengganggu dan dapat menyebabkan gangguan makan. Buah ara yang dibuat menjadi jus dapat menenangkan tenggorokan dan meredakan rasa sakit di tenggorokan yang meradang. Jus ara juga dipercaya bisa menghilangkan peradangan dan pembengkakan amandel.

Mengatasi Berbagai Masalah Pernapasan

Keuntungan lain dari buah ara adalah mengatasi berbagai masalah pernapasan. Buah ara digunakan sebagai alternatif dalam pengobatan gejala asma. Masalah pernapasan lainnya seperti pilek dan batuk serta bronkitis juga dapat diatasi dengan buah ara. Buah ara dapat melembabkan selaput lendir saluran pernapasan, sehingga lebih mudah untuk mengeluarkan lendir yang mempengaruhi kerja saluran pernapasan.

Mengatasi Insomnia

Tidur yang baik adalah salah satu kunci untuk tubuh yang sehat. Untuk membantu mengatasi gangguan tidur, Anda dapat mencoba menambahkan buah ara ke menu harian Anda. Buah ara mengandung asam amino dalam bentuk triptofan yang dapat memicu produksi hormon melatonin hormon yang mengatur siklus tidur.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Khasiat terakhir dari ara adalah peningkatan imunitas tubuh. Kandungan multivitamin dan mineral dalam buah ara dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Antioksidan pada buah ara juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh.

Karena itu, buah ara adalah buah yang dapat membantu menjaga kesehatan, termasuk kemampuan untuk mencegah kanker, mencegah penyakit kardiovaskular, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga berbagai patogen tidak dapat menyerang dan menginfeksi tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah ara semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya