12 Manfaat Buah Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Manfaat buah belimbing wuluh adalah hal yang biasa di samping berbagai hidangan. Buah belimbing Wuluh dikenal karena rasanya yang asam. Tanaman yang masih terkait erat dengan belimbing adalah tanaman endemik di kawasan Asia Tenggara.

Banyak orang menggunakan manfaat buah belimbing wuluh sebagai perasa dan sebagai obat tradisional. Kelebihan buah belimbing wuluh ini hasil dari kandungan nutrisi yang baik seperti vitamin C, vitamin A, asam folat, serat dan banyak lagi.

Manfaat-Buah-Belimbing-Wuluh
Manfaat Buah Belimbing Wuluh

Manfaat belimbing wuluh dapat langsung dinikmati ketika buah dikonsumsi, dicampur saat memasak atau diolah menjadi minuman herbal. Manfaat buah belimbing wuluh dipercaya dapat membantu mencegah diabetes, menyembuhkan batuk, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan kulit.

Manfaat Buah Belimbing Wuluh

Mencerahkan Kulit Wajah

Belimbing wuluh mengandung nutrisi yang dipercaya secara alami dan efektif mencerahkan wajah. Anda bisa membuat masker dari buah belimbing wuluh yang dihancurkan. Bisa juga digosok perlahan, sehingga sel kulit mati ikut terangkat.

Mencerahkan Warna Bibir

Karena kandungan efektif vitamin A dan C dalam belimbing wuluh bermanfaat membuat bibir tampak merah. Oleskan belimbing wuluh yang sudah dibersihkan ke bibir Anda yang juga bisa dicampur dengan madu. Lakukan 2 kali sehari agar bibir terlihat lebih segar dan merah.

Mengobati Obesitas

Di India, belimbing digunakan dalam pengobatan tradisional untuk melawan obesitas. Mereka meyakini bahwa Buah Belimbing Wuluh mengandung bahan aktif anti-hiperlipidemia sehingga dapat mencegah penambahan berat badan.

Mengobati wasir

Jus buah belimbing wuluh dapat digunakan untuk mengobati peradangan, termasuk wasir. Efek astringen pada buah belimbing wuluh ini mengurangi pendarahan pada rektum.

Mengobati Demam dan Flu

Rebusan buah belimbing wuluh telah digunakan untuk mengobati demam dan flu selama berabad-abad. Kandungan vitamin C yang tinggi dari buah ini memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mengobati Batuk

Ekstrak buah belimbing wuluh sering ditambahkan ke sirup batuk karena efek positifnya dalam mengurangi batuk dan pilek. Rasa asam dari buah ini juga membuat sirup obat batuk terasa lebih enak.

Mengobati gondong (parotitis)

Gondong (epidemi parotitis) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus gondong. Virus ini mempengaruhi kelenjar ludah dan menyebabkan pembengkakan di pipi atau leher bagian atas. Menempelkan batang muda dan daun belimbing dengan bawang putih murni dapat memiliki efek positif pada mengurangi pembengkakan.

Mengobati Diabetes

Buah belimbing wuluh dikenal dapat menurunkan kadar gula darah. Ada dua cara untuk menggunakan buah ini. Pertama, buatlah buah belimbing wuluh menjadi jus dan minumlah seperti jus buah lainnya. Pada langkah kedua, rebus buah dengan 1 gelas air sampai setengah dari airnya menguap. Kemudian saring air mendidih dan minum 2 kali sehari.

Mengecilkan Pori-pori

Bagi mereka yang memiliki masalah pori besar, Anda dapat mencoba menggunakan perawatan dengan buah belimbing wuluh. Anda bisa menggunakan belimbing wuluh sebagai masker untuk membersihkan bakteri jahat yang menyumbat pori-pori. Dengan cara ini Anda dapat menghindari wajah berminyak.

Membuat Awet Muda

Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam belimbing wuluh adalah antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Kandungan mineral dan nutrisi lain dalam buah ini juga berguna untuk mengurangi garis-garis halus atau kerutan di wajah, membuat kulit terlihat lebih awet muda.

Mengatasi Sakit Gigi

Buah belimbing wuluh juga diklaim mampu mengobati sakit gigi. Jika Anda sakit gigi, Anda bisa menggunakan belimbing wuluh sebagai obat tradisional. Mudah dilakukan, hancurkan belimbing wuluh sampai halus dan aplikasikan pada area gigi yang terkena. Diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan air hangat. Rasa sakit atau sakit gigi yang Anda alami dapat dikurangi dengan cara ini.

Meredakan Gatal

Daun belimbing dipercaya tidak hanya untuk meredakan nyeri otot, tetapi juga untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Menggunakan daun belimbing sebagai obat gatal juga cukup sederhana. Anda hanya perlu menghaluskan daun belimbing dan kemudian mengoleskannya pada kulit yang gatal. Asupan air dari daun belimbing dapat meredakan gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah belimbing wuluh semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya