13 Manfaat Buah Jambu Kristal untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Jambu kristal. Pastinya jenis jambu ini sudah tidak asing terdengar di telinga anda. Jenis jambu biji ini juga sering disebut dengan jambu biji dan sangat populer tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Jambu ini umumnya terdiri dari dua jenis yaitu jambu kristal dengan biji dan isinya berwarna merah dan juga yang memilIki isi atau biji berwarna putih.

kelebihan jambu kristal keduanya sangat enak untuk dimakan, satu-satunya perbedaan adalah warna dan tekstur. Kandungan nutrisi dan mineral tidak berbeda secara signifikan satu sama lain. untuk memperoleh jambu Kristal ini pun sangatlah mudah. Anda dapat menemukan jambu Kristal di pasar tradisonal, hingga supermarket besar.

Manfaat-Buah-Jambu-Kristal
Manfaat Buah Jambu Kristal

Manfaat Buah Jambu Kristal

Baik untuk Penderita Diare

Manfaat jambu kristal adalah memiliki serat yang tinggi dan jambu kirstal mengandung senyawa yang dikenal sebagai astringen. Zat ini ditemukan sebagai salah satu aktor yang dapat membunuh bakteri penyebab diare.

Mencegah Sulit Buang Air Besar atau Sembelit

Apakah Anda merasa sembelit atau sulit buang air besar? Jika demikian, Anda harus berusaha mengonsumsi jambu kristal dengan rajin. Jambu kristal memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan tingginya kadar serat yang ditemukan dalam jambu kristal ini, sembelit dan sulit buang air besar yang anda alami dalam tuntas, karena salah satu faktor yang menyebabkan sembelit adalah kurangnya serat dalam tubuh.

Mengobati batuk dan flu

Manfaat kesehatan jambu kristal sangat baik untuk mengurangi lendir di tenggorokan. Selain itu, jambu kristal itu sendiri juga dapat menghambat aktivitas kuman dan mikroba yang menyebabkan batuk pilek yang Anda rasakan.

Menjaga Kesehatan Kulit

Apakah Anda sudah tahu apa manfaat vitamin E bagi kulit? Ya, buah jambu kristal adalah jenis buah yang juga banyak mengandung vitamin E. Tentu saja, vitamin E memiliki manfaat yang sangat baik terutama untuk kesehatan kulit.

Menjaga Rasa Kenyang

Apakah Anda lapar, tetapi belum waktunya makan? Dalam hal ini, Anda dapat mengkonsumsi jambu kristal ini untuk camilan Anda. Manfaat jambu kristal ini mengandung karbohidrat dan kalium yang cukup tinggi sehingga bisa menghilangkan rasa lapar. Selain itu, kandungan protein dan juga kandungan serat dalam buah ini dapat membantu Anda merasa kenyang sehingga tahan lama dan tidak mudah lapar.

Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Serat adalah salah satu zat yang sangat penting bagi kesehatan pencernaan Anda. Dengan adanya serat, pencernaan Anda menjadi lebih lancar dan Anda dapat menghindari berbagai masalah pencernaan yang tentunya akan mengganggu aktivitas Anda. Dan serat tersebut terdapat juga dalam buah jambu kristal

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berbagai jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam jambu kristal memiliki banyak manfaat. Tentu sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Jika Anda menjaga daya tahan tubuh dengan baik dan sempurna, Anda akan: Terhindar dari berbagai macam penyakit, Selalu fit dan segar dalam beraktivitas, Terjaganya fokus

Sumber Antioksidan

Jambu kristal juga memiliki manfaat yang sangat baik sebagai antioksidan. Antioksidan yang terkandung dalam jambu kristal ini sangat baik untuk melawan radikal bebas yang bertanggung jawab atas berbagai penyakit seperti kanker dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, radikal bebas juga berperan dalam penampilan proses penuaan dini terutama yang terjadi di area kulit.

Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat jambu kristal adalah memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Selain menjaga daya tahan tubuh vitamin A juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini akan membantu Anda mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit mata, seperti :Rabun jauh, Rabun dekat, Silindris, Rabun ayam,katarak

Memberikan Energi bagi Tubuh

Protein, karbohidrat, serat dan vitamin kompleks dalam buah jambu kristal dapat memberikan energi yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, buah jambu kristal juga mengandung gula yang tentu saja sangat bermanfaat untuk kebutuhan energi harian tubuh.

Bagus untuk Wanita Hamil

Kandungan nutrisi yang tinggi dari jambu kristal membuat buah ini menjadi makanan yang baik selama kehamilan. Manfaat jambu kristal untuk wanita hamil adalah untuk memastikan peningkatan asupan makanan selama kehamilan. Jambu kristal mengandung berbagai vitamin dan mineral salah satunya adalah asam folat yang merupakan nutrisi utama selama kehamilan. Ada banyak fungsi asam folat selama kehamilan. Salah satunya adalah pencegahan kerusakan saraf dan otak.

Mengobati Sariawan

Selain vitamin A dan E, buah jambu kristal juga mengandung vitamin C, yang secara alami dapat mengurangi sariawan. Vitamin C baik untuk sariawan karena vitamin C bertindak sebagai antioksidan dan dapat mempercepat penyembuhan luka. Jadi, jika Anda menderita sariawan, Anda bisa mengkonsumsi jambu kristal secara teratur dan sariawan Anda akan sembuh perlahan.

Mencegah Infeksi Virus dan Bakteri

Berbagai jenis vitamin dan mineral yang ditemukan dalam jambu kristal juga dapat bertindak sebagai anti-infeksi, antibakteri dan anti-inflamasi. Seperti yang telah disebutkan, jambu kristal mengandung antioksidan dan vitamin , yang sangat cocok untuk pengobatan peradangan. Karena itu, ia juga dapat mencegah infeksi virus dan bakteri. Hal ini akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan bebas dari virus dan bakteri.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah jambu kristal semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: