10 Manfaat Buah Duku untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah duku adalah jenis buah yang berasal dari benua Asia tepatnya di sebelah tenggara barat. Duku memiliki bentuk bulat kecil yang terkandung dalam jenis suku Meliaceae yang mengandung banyak jenis buah lain seperti langsat, pisitan, kokosan dan celoring. Tidak hanya enak dimakan karena rasanya enak dan manis buah duku juga sering digunakan sebagai hidangan penutup seperti puding atau selai.

Buah duku adalah jenis buah yang direkomendasikan untuk wanita hamil. Konsumsilah banyak nutrisi seperti vitamin atau serat selama kehamilan agar janin tetap sehat hingga kelahiran. Banyak nutrisi yang terkandung dalam Duku yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Manfaat-Buah-Duku-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Duku untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Duku untuk Ibu Hamil

Menjaga Kesehatan Janin

Buah duku mengandung banyak asam folat, yang digunakan untuk mencegah cacat lahir pada janin, untuk meningkatkan kualitas sel darah merah, untuk mendukung perbaikan DNA janin dan untuk membentuk sel-sel dan jaringan tubuh janin.

Menghindari Ibu Hamil Dari Radikal Bebas

Selain kandungan asam folat, buah Duku juga mengandung antioksidan yang melindungi wanita hamil dari radikal bebas yang sangat berbahaya untuk kehamilan. Antioksidan dalam buah duku berperan dalam menghilangkan racun dari tubuh yang dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Buah duku mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, yang memperkuat kekebalan ibu hamil. Sehingga tidak mudah sakit dan masih banyak sekali kandungan lainnya.

Mengandung Asam Folat

Buah duku mengandung manfaat asam folat yang tinggi untuk ibu hamil. Asam folat untuk wanita hamil harus cukup untuk menghindari gangguan selama kehamilan. Kebutuhan asam folat bahkan selama proses kehamilan meningkat menjadi 400-600 sehari. Untuk melakukan ini, Anda harus waspada ketika memilih makanan seperti sayuran atau buah-buahan yang tinggi asam folat.

Mengandung Banyak Vitamin

Buah duku memiliki banyak kandungan yang baik, mulai dari vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu dan anak. Setiap 1 kg Duku mengandung setidaknya 130 gram karbohidrat, 90 mg fosfor, 7 gram mineral, 10 gram protein, 180 mg kalsium, 2 gram lemak dan sebagainya. Bagi wanita hamil sendiri berbagai vitamin dan nutrisi adalah zat yang digunakan untuk mendukung kesehatan bayi hingga nanti.

Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat untuk kehamilan berperan dalam meningkatkan energi tubuh. Menu karbohidrat harian lainnya dapat ditemukan dalam makanan dasar seperti buah duku, singkong, kentang, muesli, talas, jagung dan nasi. Kurangnya asupan karbohidrat membuat tubuh lebih lemas dan pusing.

Mengandung Lemak

Lemak memainkan peran penting dalam proses kehamilan yang terdiri dari pembentukan lapisan pelindung organ pada bayi. Ada banyak sumber lemak yang dapat digunakan sebagai kebutuhan harian seperti buah duku, kenari, biji bunga matahari, minyak biji rami dan minyak wijen.

Kalsium dan Fosfor

Manfaat kalsium untuk wanita hamil dan fosfor berperan dalam pembentukan gigi dan tulang untuk janin yang dikandung. Ada banyak sumber kalsium yang dapat membantu wanita hamil memenuhi kebutuhan kalsium harian mereka yaitu buah duku, brokoli, pokcoy, berbagai jenis selada, gnetum, dll.

Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Selama proses kehamilan, ibu hamil tentu memiliki kondisi fisik yang lebih rentan terhadap berbagai jenis masalah kesehatan. Untuk meningkatkan kondisi kesehatan tubuh, makan makanan dengan kandungan antioksidan dan vitamin C sangat penting dan salah satunya adalah buah duku.

Mencegah Gangguan Pencernaan pada Wanita Hamil

Efek positif yang tidak kalah penting dari buah duku adalah mencegah masalah pencernaan yang sering terjadi selama proses kehamilan. Dalam kondisi ini, kesehatan pencernaan dapat dipertahankan dan tidak mengganggu aktivitas ibu hamil dalam mengatasi semua proses kehamilan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah duku untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: