12 Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Nutrisi adalah salah satu bagian terpenting dari kehamilan, bukan hanya karena menjaga tubuh Anda sendiri tetapi karena semua yang Anda lakukan memengaruhi bayi dalam kandungan. Untuk alasan ini, sangat penting bagi wanita untuk memasukkan berbagai jenis lemak sehat, protein, vitamin dan mineral dalam makanan sehari-hari mereka.

Tetapi ada beberapa makanan yang harus Anda konsumsi secara teratur selama kehamilan, buah jeruk adalah salah satunya. Namun yang terbaik adalah grapefruit – adalah jeruk besar berkulit oranye berdaging merah keunguan seperti anggur.

Manfaat-Buah-Jeruk-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil

Grapefruit dikembangkan pada abad ke-18 sebagai persilangan antara jeruk Bali dan jeruk. Warnanya bervariasi dari putih ke merah muda dan merah, dan rasanya dapat bervariasi dari asam hingga pahit hingga manis. Meskipun rendah kalori,grapefruit mengandung nutrisi tingkat tinggi yang dapat memberi Anda dan bayi Anda berbagai manfaat kesehatan yang melampaui kehamilan.

Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil

Sumber Kandungan Folat

Setiap satu jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 46 mikrogram asam folat, sementara wanita hamil membutuhkan sekitar 600 mikrogram per hari. Asam folat penting untuk perkembangan sistem saraf dan pembentukan tabung saraf ketika ada tanda-tanda kehamilan pada trimester pertama. Kondisi untuk kekurangan folat identik dengan cacat lahir fisik seperti penutupan tabung saraf yang tidak sempurna.

Sumber Antioksidan

Buah jeruk dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidannya. Setiap jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 70 mg vitamin C. Persyaratan rata-rata untuk vitamin C untuk wanita hamil adalah 86 mg. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk dapat meningkatkan kekebalan ibu hamil untuk menjaga kesehatan fisik dan janin.

Mengatasi Dehidrasi

Kandungan vitamin C yang tinggi dan kandungan air dalam jeruk memiliki keuntungan untuk mencegah dehidrasi. Masalah ini umumnya terjadi pada wanita hamil yang mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Segelas jus jeruk dapat mengurangi mual dan menghilangkan kekurangan cairan tubuh.

Menjaga Tekanan Darah

Masalah tekanan darah tinggi atau rendah sangat umum terjadi pada wanita hamil. Gangguan kehamilan sangat erat kaitannya dengan sistem kesehatan ibu hamil yang mengalami banyak perubahan. Oleh karena itu wanita hamil dianjurkan untuk minum jus jeruk secara teratur untuk membantu meringankannya. Buah jeruk mengandung sekitar 338 miligram kalium yang memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah agar tetap stabil sehingga wanita hamil terhindar dari efek buruk lainnya.

Melawan Infeksi

Infeksi bakteri dan kuman berbahaya sangat rentan terhadap wanita hamil. Berbagai jenis mikroorganisme dapat secara signifikan mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin. Konsumsi jus jeruk dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh wanita hamil untuk melawan infeksi. Buah jeruk mengandung senyawa polifenol yang berguna untuk mengatasi infeksi dan melawan kuman.

Mencegah Sembelit

Buah jeruk juga mengandung serat yang sangat membantu mengatasi masalah sembelit. Jeruk juga merupakan buah yang sangat segar dan sehat untuk wanita hamil. Kandungan serat larut dalam air adalah manfaat jus jeruk yang membantu wanita hamil menghindari sembelit.

Mengatur Keseimbangan Elektrolit

Jeruk menjadi buah yang mengandung banyak elektrolit terutama jika dicerna dengan baik dalam sistem pencernaan. Jenis keseimbangan mineral dalam darah ini memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan jantung, detak jantung, dan melindungi tubuh dari kelainan janin.

Insomnia

Selama trimester terakhir, tidur bisa menjadi tidak nyaman. Kecemasan saat tidur dapat menyebabkan gangguan tidur pada wanita hamil. Grapefruit telah ditemukan untuk meringankan gejala terutama jika dikonsumsi tepat sebelum tidur.

Menjaga Berat Badan

Meskipun penting untuk mendapatkan berat badan yang tepat selama kehamilan, ada ibu hamil yang berjuang dengan berat badan atau menambah berat badan terlalu cepat. hal ini membuat grapefruit camilan lezat atau makanan tambahan. grapefruit hanya mengandung 52 kalori dan telah ditunjukkan dalam penelitian untuk membantu Anda menurunkan berat badan. hal ini bukan tujuan selama kehamilan tetapi itu menunjukkan bahwa jeruk dapat membantu mencegah kenaikan berat badan yang cepat atau berlebihan.

Morning Sickness

Kehamilan dini bisa berarti Morning sickness bagi banyak wanita hamil. Hal ini lebih buruk bagi sebagian orang daripada yang lain. Grapefruit dapat membantu terutama di pagi hari. Rasa manis dan asam dapat membantu mencegah gelombang mual dan kandungan serat membantu meredakan lambung.

Anemia

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi tinggi vitamin B dapat mengurangi risiko anemia. Sebagai masalah umum pada wanita hamil, Grapefruit dapat digunakan sebagai tindakan pencegahan dan digunakan bersama dengan perawatan medis jika sudah ada masalah anemia.

Diabetes dan Glukosa

Bagi beberapa wanita hamil, diabetes merupakan masalah pada awal kehamilan. Pada yang lain, diabetes gestasional kadang-kadang dapat hadir selama trimester kedua atau ketiga. Dengan kedua jenis ini, Grapefruit dapat membantu mengurangi pati dan rasa manis dalam sistem. Karena Grapefruit mengandung sedikit gula, maka dapat dikonsumsi dengan aman tidak seperti beberapa jenis buah lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah jeruk untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya